26 Tempat Wisata Di Dieng Yang Menakjubkan

26 Tempat Wisata Di Dieng Yang Menakjubkan post thumbnail image

Jika pegunungan di Jawa Barat ada destinasi wisata Bandung, maka di Jawa Tengah ada daerah pegunungan yang dikenal dengan nama Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Dataran Tinggi Dieng secara administratif masuk ke dalam dua kabupaten yaitu Wonosobo dan Banjarnegara.

Di kawasan Dieng terdapat berbagai fenomena alam yang unik dan menakjubkan serta pemandangan indah yang takkan kamu temukan di tempat lain. Hal inilah yang akhirnya menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi objek-objek wisata di daerah yang disebut Negeri di Atas Awan ini. Berbagai kisah sejarah dan budayanya juga menjadi salah satu daya tarik Dieng.

Dieng Plateau sendiri merupakan kompleks vulkanik aktif bahkan dianggap sebagai gunung berapi raksasa yang memiliki beberapa puncak dan kawah. Hal tersebut menyebabkan kawasan desa tertinggi di pulau Jawa ini mengalami berbagai macam letusan dan fenomena alam vulkanik yang sangat menarik untuk dipelajari.

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menakjubkan. Dataran Tinggi Dieng juga terkenal dengan penghasil kentang terbaik di Jawa Tengah dan kentang dari daerah Dieng sudah dinikmati di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu kamu juga bisa menemukan agrowisata yang terkenal dan menyenangkan di Dieng.

Selain itu, kawasan yang disebut sebagai “Tempat Para Dewa” ini juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng (sejenis tumbuhan semak yang digunakan sebagai ramuan berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh) dan Carica (tumbuhan endemik di Dieng yang memiliki buah seperti pepaya namun memiliki tekstur yang lebih kenyal).

26 Tempat Wisata Di Dieng Yang Menakjubkan

Berikut ini, AuroraXa akan membagikan 26 tempat wisata di Dieng yang paling menakjubkan dan wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup, untuk melihat keindahan dan keajaiban yang disediakan oleh alam. Di Dieng bahkan ada salju loh!

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan yang merupakan bukit dengan panorama Golden Sunrise yang luar biasa indah. Matahari terbit di Sikunir Dieng menjadi salah satu objek wisata terbaik dan wajib kamu lihat di Dataran Tinggi Dieng.

Waktu terbaik menikmati sunrise adalah sekitar bulan Juli – Agustus karena bulan ini adalah musim kemarau sehingga langit akan terlihat lebih cerah dan  bersih.

Dan karena tujuanya adalah untuk melihat keindahan matahari terbit, maka kamu harus memulai perjalanan ke bukit Sikunir Dieng saat subuh dan melakukan sedikit pendakian untuk mencapai titik pandang terbaiknya di ketinggian 2.263 Mdpl

Lokasi: Timur Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

2. Telaga Warna

Telaga Warna Dieng

Destinasi wisata di Dieng lainnya yang tak kalah indah adalah Telaga Warna. Telaga yang terletak di ketinggian 2.000 Mdpl ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan unik dibandingkan dengan telaga lain yang ada di Indonesia.

Sisi unik dari wisata Telaga Warna Dieng adalah warna airnya yang sering berubah-ubah, mulai dari merah, hijau, biru, putih, dan sebagainya. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini dikarenakan kadar endapan sulfur yang tinggi sehingga akan merubah warna permukaan air jika terkena cahaya matahari. .

Lokasi: Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

 

3. Kawah Sikidang

Tempat Wisata Di Dieng Kawah Sikidang

Seperti yang kita tahu, Kawasan Wisata di Dieng ini sebenarnya adalah gunung berapi raksasa yang masih aktif. Salah satu tanda dari aktivitas vulkanik ini adalah adanya beberapa kawah di Kompleks Vulkanik Dieng. Salah satunya adalah wisata Kawah Sikidang.

Kawah ini memiliki luas sekitar 200 m2 dan terletak di atas tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Di sini kamu juga bisa melakukan sesutu yang unik, yaitu merebus telur mentah dalam 5 menit di salah satu titik kawah yang telah disediakan.

Selain itu, ada juga yang menyewakan burung hantu jinak untuk kamu ajak berfoto, selain itu keberadaan anak-anak berambut gimbal di kawah ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun hati-hati, Kawah Sikidang mengandung belerang yang cukup tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung, pihak pengelola telah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah meski hanya menggunakan kayu.

Jangan lupa juga untuk mengenakan masker agar pernapasanmu tak terganggu ketika berada di Kawah Sikidang. Selain itu dilarang keras untuk merokok dan menyalakan api disekitar area kawah.

Lokasi: Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara

 

4. Gunung Prau

Bukit Teletubies Gunung Prau

Gunung Prau merupakan tempat wisata terbaik di Dieng yang wajib dikunjungi bagi kamu para pecinta alam. Sama seperti pendakian lainnya, untuk melakukan pendakian ke Gunung Prau dibutuhkan lebih banyak persiapan, terutama kesiapan fisik dan mental.

Wisata Gunung Prau Dieng memang agak kurang populer jika dibandingkan dengan pendakian gunung Sindoro, Sumbing, dan Merapi. Padahal sebenarnya, Gunung Prau memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya. Kamu bisa memulai pendakian ke Gunungi ini dari Kendal atau dari Kawasan Dieng.

Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.595 Mdpl dan salah satu area yang terkenal adalah Bukit Teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput hijau menyerupai setting serial anak-anak Teletubbies di televisi.

Lokasi: Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia

 

5. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon Dieng

Tidak lengkap rasanya bila kamu mengunjungi Telaga Warna tapi tidak mampir ke Telaga Pengilon. Wisata Telaga Pengilon adalah sebuah telaga yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna di dataran tinggi Dieng. Uniknya meski letaknya berdekatan, Telang Pangilon Dieng ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan Telaga Warna.

Telaga Pengilon tidak memiliki warna air yang dapat berubah-ubah, melainkan ia memiliki warna air yang jernih sebening kaca atau cermin, yang sesuai dengan namanya. Untuk kamu yang ingin berfoto, maka pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah surganya para fotografi dan pengguna instagram

Lokasi: Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

 

6. Candi Arjuna

Candi Arjuna Dieng

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki wisata budaya berupa candi-candi yang kental akan kisah sejarah para Dewa. Salah satunya adalah Candi Arjuna.

Sebenarnya di lokasi ini ada 3 kompleks candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Dwarawati, Candi Gatotkaca, dan satu candi yang berdiri sendiri, Candi Bima.

Sedangkan di bagian komplek “Percandian Arjuna” kamu bisa melihat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Berdasarkan prasasti yang pernah ditemukan di kompleks candi arjuna, diduga candi Arjuna dibangun pada awal abad ke-9 Masehi.

Candi Arjuna Dieng selain menawarkan pemandangan yang eksotis dan menawan, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam tak ternilai yang sangat bagus untuk kamu abadikan.

Lokasi: Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

 

7. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin Dieng

Batu Ratapan Angin adalah sebuah tebing yang berlokasi dekat dengan Telaga Warna Dieng. Tempat ini masuk ke dalam salah satu destinasi favorit wisatawan karena di sini kamu bisa melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon sekaligus dari ketinggian.

Keunikan Batu Ratapan Angin Dieng ini adalah kamu bisa mendengar hembusan angin yang menembus dedaunan dan bebatuan sehingga menimbulkan suara siulan yang mirip seperti suara ratapan.

Bisa kamu bayangkan melihat dua buah telaga terindah di Dieng dari atas ketinggian, tentu menjadikannya pemandangan alam yang menakjubkan. Namun karena lokasinya yang agak tinggi maka dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini.

Tetapi setelah sampai di puncak, jerih payahmu  akan terbayar dengan keindahan yang disajikan di Batu Ratapan Angin. Batu Ratapan Angin juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

Lokasi: Jalan Dieng Theater Km 2, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

8. Bukit Scooter Dieng

Bukit Scooter Dieng

Tempat wisata Dieng yang baru dibuka pada tahun 2016 ini dengan cepat diminati banyak wisatawan. Salah satu daya tarik terbesarnya adalah keindahan pemandangan dari atas bukit yang tiada duanya.

Bukit Scooter dapat menjadi spot yang seru untuk menikmati keindahan sunrise maupun sunset setinggi 2.200 Mdpl dan dipagari oleh beberapa gunung di sekelilingnya.

Kamu juga bisa bersantai menikmati pemandangan dan hawa sejuk Dieng di gazebo-gazebo yang disediakan dan jika cuaca sedang cerah, kamu sebaiknya bertahan di sana hingga malam hari untuk melihat indahnya bintang yang bertaburan di langit.

Lokasi: Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

 

9. Jembatan Merah Putih Dieng

Jembatan Merah Putih Dieng

Di sebelah timur Batu Ratapan Angin, kamu bisa menemukan salah satu objek wisata Dieng yang sedang hits, yaitu Jembatan Merah Putih.

Jembatan ini membentang dari tebing ke tebing dan baru saja dibuka pada tahun 2016. Dan ini adalah salah satu wisata Dieng yang wajib kamu abadikan karena pemandangannya yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Lokasi: Desa dieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah

 

10. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng

Tieng Viewpoint atau Gardu Pandang Tieng adalah sebuah bangunan yang terletak di pinggir jalan raya Dieng. Gardu pandang di Dieng ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 di atas permukaan laut.

Bangunan tersebut digunakan sebagai tempat yang pas untuk menikmati pemandangan indah di Dieng, apalagi ketika pagi hari saat matahari ingin menunjukan dirinya. Warna keemasan yang indah dan hangat itu tidak akan pernah kamu lupakan.

Dari tempat ini kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang yang menjulang megah, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur dan indah.

Lokasi: Jalan Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

11. Telaga Merdada

Telaga Merdada Dieng

Ada satu telaga lain yang merupakan telaga terluas di kawasan Dieng, adalah Telaga Merdada. Telaga ini jika dilihat dari bentuknya akan menyerupai kaldera bekas letusan gunung berapi yang digenangi air. Kontur ini akan terlihat jika kamu berada di ketinggian.

Lokasi: Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Dieng

 

12. Telaga Cebong

Telaga Cebong Dieng

Telaga Cebong terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Maka biasanya setelah menikmati sunrise di Bukit Sikunir para wisatawan akan berkunjung ke Telaga dengan luas 12 hektar ini, karena lokasinya tidak jauh dari sikunir.

Kamu juga bisa memancing berbagai jenis ikan di telaga ini. Diberkati dengan perbukitan hijau dan hawa yang dingin, Telaga ini akan menyegarkan semua mata wisatawan. Kamu bahkan bisa mendirikan tenda di sekitaran danau dan mendapatkan pengalaman liburan di Dieng yang lebih berkesan.

Dengan letak diatas 2300 m dpl, maka banyak orang yang mengatakan bahwa Telaga Cebong adalah sebuah telaga diatas awan.

Lokasi: Sembangun, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

13. D’Qiano Hot Spring Water Park

D’Qiano Hot Spring Water Park

Di sebelah Kawah Sileri yang pernah meletus beberapa saat lalu, ternyata terdapat satu-satunya objek wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Dieng.

Tidak hanya kolam renang air panas, D’Qiano juga memiliki berbagai fasilitas lainnya seperti kolam permainan anak, kolam balita, kolam semi olimpic dan arus, hingga kolam refleksi dan terapi.

Selain itu, D’Qiano Hot Spring Water Park juga menyediakan fasilitas outbound yang sangat lengkap disertai dengan beberapa restoran, penginapan, tempat ibadah hingga fasilitas kesehatan yang memadai.

Lokasi: Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Jawa Tengah

 

14. Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng Dieng

Rencana liburan ke Dieng-mu tidak akan lengkap jika kamu tidak mengunjungi Bukit Sidengkeng. Bukit terletak disebelah area konservasi sumber daya alam Dieng, dan merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin melihat pemandangan yang eksotis dan menakjubkan.

Dengan jalur yang tidak terlalu sulit, jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit, mulai dari jalan setapak hingga mencapai Bukit Sidengkeng. Selain itu, karena areanya yang cukup luas, kamu juga tidak perlu takut kebagian tempat. Area kemah Sidengkeng bisa mencangkup hingga 100 tenda lebih.

Berbagai jenis bunga yang indah dan harum akan membuatmu betah, ditambah dengan atap bintang yang akan menemani malammu di Bukit Sidengkeng.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

15. Gua Semar

Gua Semar di Dieng

Gua yang terletak di perbukitan antara Telaga Pengilon dan Telaga Warna ini konon pernah menjadi gua tempat pertapaan para raja Jawa dan beberapa pemimpin negara. Bahkan diketahui, pada tahun 1974, presiden Soeharto pernah bermeditasi di area gua yang kramat ini.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

16. Tuk Bimo Lukar

Wisata Tuk Bimo Lukar Dieng

Tempat wisata Dieng ini merupakan sumber air yang berasa dari Gungun Prau serta merupakan hulu dari Sungai Srayu. Konon katanya lokasi mata air Tuk Bimo Lukar ini adalah tempat bagi tokoh pewayangan Bima (Bimo) melukar pakaiannya untuk disucikan.

Sehingga banyak yang percaya bahwa air dari Tuk Bimo Lukar dapat membuat siapapun menjadi awet muda jika digunakan untuk mencuci muka.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

17. Telaga Menjer

Wisata Telaga Menjer Dieng

Salah satu telaga terindah di Dieng ini berada di ketinggian 1200 Mdpl dan dimanfaatkan sebgai PLTA untuk memenuhi kebutuhan listrik para warga sekitar.

Telaga Menjer memiliki sumber air dari beberapa mata air disekitarnya sehingga membuat pepohonan sekelilingnya tumbuh subur dan dengan deretan perbukitan yang berdiri megah akan menambah keindahan Telaga ini.

Kamu juga bisa menaiki perahu hingga ke tengah danau dan mengambil beberapa foto yang keren loh di telaga ini.

Lokasi: Jalan Raya Dieng No. 88, Kuripan, Garung, Kabupaten Wonosobo

 

18. Bukit Seroja

Bukit Seroja Wisata Dieng

Bukit Seroja adalah salah satu wisata terbaik di Dieng untuk kamu yang ingin menikmati keindahan Telaga Menjel secara maksimal. Lokasi bukit yang berdekatan dengan Sikunir ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati berbagai panorama menakjubkan yang disediakan alam dari ketinggian.

Bukit Seroja juga dapat menjadi destinasi altrenatif untuk kamu yang ingin berburu Golden Sunrise.

Lokasi: Perbatasan Desa Maron dan Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo

 

19. Wisata Alam Lubang Sewu

Wisata Alam Lubang Sewu

Karena pesona alamnya yang menggoda, tempat Wisata di Dieng yang terbilang baru ini lansung menjadi populer dan menarik banyak pengunjung.

Sesuai dengan namanya, di Wisata Alam Lubang Sewu kamu dapat melihat ribuang lubang dan batu karang yang akan muncul ketika air sedang surut. Jadi pastikan kamu tidak datang ke sini saat musim hujan yah. Karena kamu tidak akan bisa melihat keunikan dari Lubang Sewu.

Lokasi: Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo

 

20. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian Air Hangat Kalianget Dieng

Jika kamu sudah lelah setelah seharian berkeliling ke destinasi populer di Dieng, kamu bisa mencoba mampir ke Pemandian Air Hangat Kalianget untuk melepas lelah dan penat. Pemandian dengan sumber air panas alami ini mengandung belerang yang mampu merilekskan semua saraf-saraf dan otot tubuhmu.

Pemandian Air Hangat Kalianget juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, selain itu kamu bisa memilih untuk berendam di kolam pemandian umum, atau mandi air panas di ruangan tersendiri

Berendam air panas, di tengah dinginnya suhu Wonosobo, pastinya akan memberikan sensasi rileks yang memanjakan tubuh dan pikiranmu.

Lokasi: Desa Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo

 

21. Air Terjun Sikarim

Keindahan Air Terjun Sikarim Dieng

Air terjun Sikarim adalah salah satu destinasi di Dieng yang masih sepi pengunjung. Tempat ini dapat menjadi alternatif-mu untuk bersantai sambil menikmati pemandangan curug yang jernih dan indah.

Curug Sikarim yang dikelilingi oleh pepohonan rindang serta perbukitan yang mempesona ini dapat menjadi obat untuk membuat pikiranmu kembali segar.

Lokasi: Sembangun, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

22. Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe Dieng

Dengan ketinggian 80 meter dari dasarnya, Air Terjun Sirawe siap memperlihatkan keindahan alamnya yang masih asri dan subur. Yang uniknya, di dasar air terjun ini kamu bisa merasakan perpaduang antara air dingin dan air panas yang tercipta secara alami.

Kamu bisa melalui jalur Kepakisan > Kawah Sileri > Bitingan, dan setelah sampai di Desa Bitingan, kamu bisa langsung melanjutkan perjalan ke Air Terjun Sirawe dengan berjalan kaki.

Tapi ada juga jalur alternatif lain, namun memakan waktu sedikit lebih lama, yaitu melalui: Pawuahn > Siglagah > Sigemplong untuk mencapai lokasi air terjun ini, yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan ke arah lereng Gunung Sipandu dan kemudian menyusuri jalan setapak yang menghubungkan Desa Birigan dan Sigemplong.

Lokasi: Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

 

23. Curug Winong

Curug Winong Dieng

Curug Winong memiliki ketinggian hingga 70 meter dengan kemiringan hampir 70 derajat. Sehingga aliran airnya yang cukup deras dan jernih mampu menarik para wisatawan dan menggoda siapapun yang hadir untuk bermain air di dasarnya dan menikmati kesegaran yang diberikan alam.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan beberapa momen menyenangkanmu di sini, karena pemandangan perbukitan hijau yang indah akan memberikan latar belakang yang menakjubkan untuk fotomu.

Kamu bisa langsung menuju ke arah Selomerto > Balaikambang > Winongsari > Curug Winong., untuk mencapai lokasi curug ini dari Wonosobo

Lokasi: Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo

 

24. Sumur Jalatunda Dieng

Sumur Jalatunda Dieng

Sumur yang masuk ke wilayah Kabupaten Banjarnegara ini adalah sebuah sumur raksasa yang memiliki diameter hingga 90m dengan kedalaman mencapai 100m, dan terbentuk secara alami akibat letusan gunung berapi di dataran tinggi Dieng pada masa lalu.

Pemandangan sawah dan perbukitan yang indah menjadi salah satu daya tarik para wisatawan terutama saat musim kemarau ketika air di sumur ini terlihat indah dengan nuansa warna hijaunya. Namun kamu hanya bisa melihat Sumur Jalatunda dari kejauhan, karena tebing yang sangat curam dan sulit untuk dilalui.

Selain keindahannya, Sumur Jalatunda juga memiliki mitos yang dipercayai oleh peunduduk sekitar, yaitu melempar batu hingga ke sisi seberang sumur. Jika kamu berhasil melemparkannya, konon katanya kamu akan segera mendapatkan jodoh.

Lokasi: Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara

 

25. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateu Theater

Jika kamu penasaran, bagaimana Dieng dan seluruh keajaiban alamnya dapat terbentuk dengan luar biasa, maka Dieng Plateau Theater akan menjawab rasa penasaranmu.

Disini kamu dapat menonton sebuah film dokumenter berdurasi 20 menit yang berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateau, dan menambah wawasan serta pengetahuanmu mengenai negeri atas awan yang menakjubkan ini.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

 

26. Museum Kailasa

Museum Kailasa Dieng

Museum yang terletak di seberang Candi Gatotkaca ini memiliki banyak koleksi bersejarah yang menarik untuk dilihat, dan akan membuat liburan-mu ke Dieng semakin lengkap.

Museum Kailasa terbagi menjadi dua bangunan dengan luas area sekitar 560 m2. Di bangunan pertama, kamu bisa melihat berbagai koleksi bersejarah yang berasal dari candi-candi dataran tinggi Dieng, seperti: Arca, Kemuncak, Lingga, hingga patung Dewa Shiwa.

Sedangkan di bangunan kedua, kamu akan diajak kembali ke masa lalu untuk melihat sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng setelah terjadinya letusan Gunung Prau saat itu. Selain itu kamu juga bisa melihat sumber batu Andesit yang digunakan untuk membangun candi di Dieng.

Kamu juga dapat mengetahui keberadaan bocah berambut gimbal yang dianggap sakral oleh masyarakat Dieng, termasuk beragam seni dan budaya Dieng yang masih dilestarikan.

Lokasi: Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Itulah 26 destinasi wisata terbaik di Dieng yang wajib kamu kunjungi. Beberapa hari saja sepertinya tidak akan cukup untuk menjelajahi semua keajaiban alam yang disediakan Dieng, dan pastinya kamu akan selalu ingin kembali ke daerah yang indah ini suatu hari nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post