Vinicunca Rainbow Mountain: Tips Lengkap Perjalanan ke Gunung Pelangi di Peru

Vinicunca Rainbow Mountain: Tips Lengkap Perjalanan ke Gunung Pelangi di Peru post thumbnail image

Kamu pasti sudah sering melihat gambar Gunung Pelangi atau Rainbow Mountain, yang tak terhitung jumlahnya di Instagram dan, jika kamu sedang berada di Cusco, lapisan merah, kuning, dan jingga yang terlihat jelas itu akan menjadi pemandangan umum di seluruh penginapan di sana.

Situs ini – yang juga dikenal dengan nama Vinicunca, Winikunka, Montaña de Siete Colores, dan Montaña de Colores – telah meledak popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir dan bisa dibilang sekarang sedang dalam perjalanan untuk menjadi objek wisata kedua yang paling banyak dikunjungi di Peru setelah Machu Picchu.

Jadi, jika kamu ingin tahu apa sebenarnya ada di Gunung Pelangi Vinicunca dari Cusco ini. Maka kamu harus tahu mengapa gunung ini menjadi sangat ramai, cara menghemat banyak uang dalam perjalanan, dan memahami cara mempersiapkan diri untuk menghadapi ketinggian Gunung Pelangi Vinicunca yang gila. ditambah beberapa fakta baru mengenai Gunung Pelangi pada tahun 2020 ini.

Dan Inilah tips lengkap perjalanan ke Gunung Pelangi dan apa saja yang wajib kamu ketahui sebelum memulai rencana liburanmu ke Cusco, Peru.

Tidak dikenal hingga tahun 2015

Wisata Ke Rainbow Mountain

Gunung Pelangi, tentu saja sudah ada sejak lama, tetapi keindahan paling menakjubkannya tersembunyi selama berabad-abad di bawah lapisan tebal salju dan es Andes. Dan kemungkinan besar karena perubahan iklim, secara bertahap es dan salju itu mencair.

Alih-alih muncul kekhawatiran akan perubahan lingkungan yang mengkhawatirkan, wilayah Cusco malah menemukan bahwa ia memiliki satu lagi daya tarik wisata terkenal di dunia untuk ditambahkan ke dalam daftarnya tempat wisata terabik di Peru.

Warna belang yang indah dan cerah di bawah sinar matahari, sebagian besar disebabkan oleh pelapukan dan deposit mineral.

 

Kamu harus menggunakan Tur dari Cusco

Liburan Ke Gunung Pelangi

Benar-benar tidak ada gunanya jika kamu mencoba pergi ke Gunung Pelangi secara mandiri, karena koneksi transportasi yang terlalu sedikit dan tidak dapat diandalkan, kecuali kamu memiliki kendaraan sendiri.

Jadi untuk tips terbaik menuju ke Gunung Pelangi, sebaiknya kamu mengikuti tur perjalanan sehari yang banyak disediakan di Cusco. Dengan mengikuti salah satu tur yang ada disana, kamu biasanya akan mendapatkan kegiatan seperti berikut ini:

  • Penjemputan di hostel antara jam 4 pagi – 5 pagi
  • Berkendara selama dua jam
  • Sarapan selama 30-45 menit
  • Berkendara selama 1,5 jam ke tempat parkir mobil Rainbow Mountain
  • Berjalan di sepanjang jalan setapak ke Mirador / Viewpoint (1,5 – 2 jam)
  • Berada di puncak titik pandang selama 10-20 menit
  • Jalan setapak kembali ke bus wisata (1 jam)
  • Berkendara selama 1,5 jam dan berhenti makan siang
  • Berkendara kembali ke Cusco

Seperti yang kamu lihat, itu adalah hari yang panjang dan sebagian besar waktu dihabiskan dalam kendaraan, meskipun kamu bisa menikmati pemandangan pedesaan Peru yang indah sepanjang perjalanan.

 

Periksa Cuaca

Meskipun pelangi biasanya muncul setelah hujan turun, tapi cuaca basah sebenarnya bukan temanmu saat ingin melihat Gunung Pelangi dalam kondisi terbaik.

Pesan Tur Secara Online

Gunung Pelangi Vinicunca

Tips traveling terbaik yang bisa kamu gunakan untuk semua perjalanan liburanmu, biasanya adalah memesan segala sesuatunya secara online. Namun ternyata tips itu tidak berguna untuk perjalanan Gunung Pelangi di tahun 2018-2019.

Alasannya? Satu-satunya tur yang tersedia secara online adalah GetYourGuide dan Viator yang mengenakan biaya antara $ 40 – $ 100 USD per orang untuk tur sehari ke Gunung Pelangi, harga ini sangat jauh lebih mahal daripada tarif yang tersedia di Cusco untuk tur yang sama persis.

Syukurlah, sejak viralnya keindahan gunung ini, situasinya telah membaik dan sekarang ada tur Gunung Pelangi Vinicunca dengan harga yang jauh lebih baik dan terpercaya untuk kamu pesan secara online.

Mungkin memang masih sedikit lebih mahal daripada yang dapat kamu temukan langsung di Cusco, tetapi kenyamanan, pelayanan serta fasilitas yang diberukan juga harus diperhitungkan dalam perbedaan harga tersebut.

 

Siapkan dirimu menghadapi Ketinggian

Wisata Ke Gunung Pelangi

Kesalahan terbesar yang akan dilakukan siapapun ketika mengunjungi Rainbow Mountain, adalah meremehkan ketinggiannya dan dampaknya. Jika kamu pernah mendengar orang lain mengatakan betapa beratnya perjuangan dan buruknya perasaan mereka saat ke sana, maka itu hampir dapat dipastikan karena mereka tidak memahami atau mempersiapkan dengan benar untuk masalah ketinggian.

Seluruh perjalanan ke titik pandang puncak utama Gunung Pelangi berlangsung di ketinggian (mulai dari sekitar 4.600 meter) dan puncaknya berada di 5.200 meter di atas permukaan laut dan ketinggian ini bukanlah lelucon, dan karena itu juga kamu hanya diperbolehkan berada di puncak selama 10-20 menit.

Jumlah udara dan oksigen yang tipis, akan membuat siapapun yang tidak siap mengalami dehidari, kehilangan nafsu makan, hingga sakit kepala yang parah, dan ini juga yang menjadi alasan agen tur kalian membawa oksigen cadangan.

Tips Traveling menghadapi ketinggian di Rainbow Mountain:

Penyakit ketinggian adalah masalah besar bagi banyak orang yang bepergian di Peru. Jika kamu akan mendaki di ketinggian yang cukup berbahaya maka kamu perlu memastikan bahwa asuransi perjalananmu menanggung aktivitas ini.

Hati-hati dengan tur berharga murah, karena beberapa dari mereka akan mengecualikan asuransi apa pun untuk perjalanan hiking di atas 2.500m – 3.000m dan kamu harus membayar ekstra atau mencari penyedia yang mencakup asuransi ini.

Kenakan Setelah yang tepat

arpay-rainbow-mountain

 

Karena popularitasnya, Rainbow Mountain sebenarnya mungkin satu-satunya ‘pendakian’ yang dilakukan secara berkelompok di Peru; Inilah sebabnya mengapa kamu akan melihat banyak orang berjalan secara beriringan namun diantara mereka banyak yang mengenakan.. sandal jepit.

Tentu saja itu tidak disarankan. Sepatu bot hiking adalah yang terbaik, sementara dalam hal pakaian, kamu harus sudah siap untuk menghadapi semua cuaca. Jadi bawalah pakaian berlapis, jaket tahan air atau ponco yang dapat dikemas, dan topi. Suncream juga sangat penting karena dna tentunya air.. yang banyak.

 

Pemandangan yang Luar Biasa

Pemandangan Luar Biasa Rainbow mountain di Peru_

Baiklah, jadi itulah sebagian besar persiapan yang terdengar membosankan. Sekarang kita pindah ke bagian yang menyenangkan dan sangat indah di Gunung Pelangi.

Foto Gunung terkenal ini yang kamu lihat di Internet, kebanyakan diedit dengan warna tertentu agar menarik pengunjung. Sebenarnya daya tariknya sendiri adalah seluruh lembah yang memiliki puncak serat punggung bukit yang tertutup salju, ditambah dengan pemandangan Nevado Auzangate yang fantastis.

Bagian yang mungkin paling kamu khawatirkan adalah perjalanan ke titik pandang utama. Tapi tenang saja, karena kabar baiknya adalah titik tersebut tidak terlalu jauh dan tidak akan menimbulkan masalah bagi banyak orang.

Kamu hanya perlu melalui Jalan setapak yang datar sekitar 75%, jalur pendakian bertahap 15%, serta bagian yang curam 10% atau sekitar 200-200 meter terakhir.

Pada ketinggian di atas permukaan laut ini, secara umum semua orang akan merasa sedikit sesak di awal dan di 10% terakhir, tetapi jika kamu dalam kondisi yang fit, tubuhmu akan beradaptasi dengan cepat, dan tidak akan menjadi masalah.

Ketika kembali, jalurnya juga cukup mudah diikuti, dan sebagian besar pemandu akan membiarkan anggota tur mereka berjalan sendiri dengan kecapatan masing-masing. Namun jika curah hujan sedang tinggi, maka jalan setapak akan cepat menjadi licin dan berlumpur untuk dilintasi.

 

Tidak untuk semua orang

Montaña de Colores

 

Disisi lain, memang ada banyak orang akan benar-benar berjuang ketika melakukan perjalanan ke Gunung Pelangi, biasanya karena mereka tidak sehat, tidak mengakan pakaian yang tepat, atau bahkan gabungan keduanya.

Karena hal ini sering terjadi, komunitas asli Pampachiri memutuskan membawa kuda atau unta mereka untuk disewakan kepada mereka yang tak sanggup melanjutkan perjalanan.

Jadi, jika kamu memang perlu menggunakan kuda sebagai upaya terakhirmu menuju puncak, maka pastikan terlebih dahulu apakah kuda tersebut mampu menopangmu beserta barang bawaanmu.

Tips: Jika kamu memang memiliki masalah berat badan ataupun kesehatan, sebaiknya menghindari perjalanan ini meskipun kamu berniat menggunakan kuda untuk sampai ke puncak. Sekali lagi, bahwa ketinggian puncaknya mencapai 5.200m dan dapat berbahaya bagi siapa saja yang memang memiliki risiko sejak awal.

 

Overtourisme

Wisata Ke Gunung Pelangi Peru Ramai

Tak bisa dipungkiri, faktanya adalah dalam tiga tahun yang singkat ini menjelma sebagai objek wisata, Gunung Pelangi telah menjadi korban perpaduan mematikan antara pengaruh Instagram dan tingkat pariwisata Peru yang ada. Jumlahnya.. dapat mencapai 4.000 dalam sehari!

Berawal dari luar jangkaun radar siapapun hingga menjadi salah satu tempat terbaik di Peru yang harus dikunjungi dalam waktu sesingkat itu menunjukan tren yang mengkhawatirkan akan keberlanjutan tempat ini dan banyak tempat wisata lainnya di seluruh dunia jika tidak dikelola dengan baik.

Gunung Pelangi sendiri sebenarnya adalah situs yang cukup kecil dengan jalur akses tunggal untuk semua pejalan kaki, dan tidak akan mampu mengatasi kerumunan tersebut terlalu lama atau tetap menjaga pengalaman menyenangkan yang seharusnya bisa di dapatkan.

Jadi jika kamu sudah merencanakan perjalananmu ke Gunung Pelangi, pastikan kamu siap untuk menghadapi kerumunan orang yang mungkin akan membuatmu mengantri sepanjang pendakian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post