56 Tips Traveling Terbaik Untuk Mempermudah Rencana Liburanmu

56 Tips Traveling Terbaik Untuk Mempermudah Rencana Liburanmu post thumbnail image

Tidak ada orang yang terlahir sebagai traveler yang cerdas. Semua hal yang akan kamu ketahui nanti datang dari pengalaman. Dan pada awalnya semua orang akan melakukan banyak kesalahan dalam merencanakan liburan mereka.

Mulai dari ketinggalan bus atau pesawat, ketidaksadaran budaya di negara tertentu, hingga berbagai kesalahan kecil yang tak terhitung jumlahnya. Hingga suatu hari, kamu mulai mengalami liburan yang berjalan dengan mulus tanpa kesalahan mulai dari rumahmu hingga masuk ke dalam budaya di suatu negara.

56 Tips Traveling Terbaik Untuk Mempermudah Rencana Liburanmu

Nah, untuk mempercepat proses tersebut dan membantumu menghindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan traveler pemula, berikut ini ada 56 tips traveling terbaik yang wajib kamu ketahui untuk mempermudah rencana liburanmu.

1. Selalu membawa handuk

Ini adalah tips traveling terbaik pertama yang hampir tidak pernah dilakukan oleh para traveler pemula. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu membutuhkan handuk, entah itu di pantai, piknik, atau hanya untuk mengeringkan badan karena kehujanan. Hampir semua penginapan memang mememberikan handuk, tapi ada juga yang tidak dan kamu tidak akan pernah tahu. Selain itu membawa handuk kecil juga tidak akan menambah beban bawaanmu.

2. Beli ransel atau koper kecil

Dengan membeli ransel atau koper kecil, secara tidak sadar kamu akan dipaksa untuk mengemas barang-barang yang kamu perlukan saja dan menghindari membawa barang terlalu banyak. Manusia memiliki kecenderungan alami untuk mengisi ruang yang kosong, jadi meskipun kamu sudah membawa kebutuhanmu namun masih memiliki ruang ekstra di dalam tas, maka kamu akan berpikir “Baiklah, aku kira aku masih bisa membawa beberapa barang lainnya” padahal belum tentu itu dibutuhkan.

3. Berkemas Ringan

Tak masalah jika kamu mengenakan kaos yang sama selama beberapa hari berturut-turut selama itu tidak kotor. Ada baiknya kamu hanya membawa setengah dari pakaian yang kami pikir akan kamu butuhkan, karena biasanya kamu memang tidak membutuhkannya sebanyak yang kamu pikirkan. Tuliskan daftar barang-barang yang kamu rasa penting, dan sortir lagi menjadi setengahnya, lalu kemasi barang-barang tersebut.

4. Bawa kaus kaki tambahan

Kaus kaki tambahan akan sangat berguna untukmu suatu hari nanti, terlebih lagi ketika kamu berada di tempat yang dingin, atau ketika melakukan perjalanan hiking dan lainnya.

5. Bawalah kartu Debit / Kredit tambahan

Bencana bisa terjadi kapan saja, dan yang paling sering menimpa para traveler adalah kehilangan dompetnya atau bahkan dirampok. Jadi jika kamu tidak mau kebingungan di tempat yang baru pertama kali kamu datangi. menerapkan tips ini dapat menyelamatkan hidupmu.

6. Gunakan kartu Debit / Kredit tanpa biaya tambahan

Jangan berikan hasil jerih payahmu untuk bank, akan lebih baik jika kamu gunakan untuk keperluanmu sendiri ketika liburan. Kamu bisa mencari kartu kredit atau kartu debit yang tidak membebankan biaya transaksi atau biaya ATM di negara asing. Memang jumlahnya kecil untuk satu transaksi, namun biaya tersebut akan terus terakumulasi setiap kamu menggunakan kartumu!

7. Traveling seorang diri (setidaknya sekali)

Tips traveling terbaik ini memang terdengar klise, namun yang dikatakan orang tentang melakukan perjalanan liburan seorang diri akan membuatmu mandiri dan mengenali dirimu sendiri memang benar. Dengan berpergian seorang diri kamu akan belajar bagaimana menjaga dirimu sendiri di tempat yang asing, berbicara dengan orang asing, hingga menangani berbagai situasi yang tidak biasa.

Awalnya memang tidak mudah, tapi lama-kelamaan hal tersebut akan membuatmu terbiasa dan tentunya akan berguna untuk hidupmu kelak. Semakin kamu takut untuk melakukannya, maka semakin “wajib” untuk kamu melakukan hal tersebut. Kamu akan mendapatkan pengalaman berharga ketika kamu memaksakan diri melakukan hal yang kamu takuti.

8. Jangan takut menggunakan peta

Terdengar konyol, tapi memang ada beberapa traveler yang yang enggan atau malu menggunakan peta dan berakhir dengan tersesat di daerah yang salah. Jadi jangan ragu untuk menggunakan peta atau bertanya arah ke orang sekitarmu untuk sampai ke tempat yang kamu tuju.

9. Jika disengaja, maka jangan takut tersesat

Berkeliaran tanpa tujuan di kota yang baru adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan liburan yang penuh petualangan dan pengalaman. Jika kamu memang siap, lewatilah jalan yang tidak umum, dan jangan menuju ke kawasan yang penuh dengan turis, karena kamu mungkin akan terkejut dengan permata tersembunyi yang kamu temukan.

10. Selalu kunjungi kantor pariwisata setempat

Mereka tahu tentang semua yang ada di kota tujuanmu. Mereka dapat mengarahkanmu ke aktivitas gratis, acara khusus dan segala sesuatu disekitarnya yang mendukung liburanmu. Mereka bahkan terkadang menawarkan diskon untuk atraksi dan transportasi yang tersedia.

Merupakan tugas mereka untuk membantumu mendapatkan liburan yang lebih baik. dan banyak traveler yang melupakan tips traveling terbaik ini, dan melewatkan semua sumber daya yang seharusnya bisa mereka dapatkan.

11. Pelajari bahasa lokal kota tujuanmu

Penduduk setempat akan menghargainya dan itu akan membuat interaksimu lebih mudah. Kamu tidak perlu menguasai bahasanya secara menyeluruh tetapi cukup mempelajari beberapa hal seperti “Halo,” “Selamat tinggal,” “Terima kasih!”, “Di mana kamar mandi?” akan sangat membantu untuk membuat dirimu disukai oleh penduduk setempat.

Selain itu, semakin kamu bisa berbaur dan bertindak seperti orang lokal, semakin mudah untukmu mendapatkan penawaran khusus ketika berbelanja atau yang lainnya dan menghindari calo.

12. Bawalah hanya barang yang kamu butuhkan ketika keluar

Batasi jumlah uang tunai dan kartu bank yang kamu bawa ketika bepergian keluar dari hotel atau penginapan, karena jika terjadi sesuatu kamu dapat dengan mudah mengantisipasinya. Jangan pernah membawa lebih dari satu kartu debit / kredit ketika keluar, tinggalkan di tempat aman di penginapanmu untuk berjaga-jaga. .

13. Selalu bawa gembok

Gembok akan berguna untuk kamu yang tinggal di dorm yang mengharuskanmu berbagi kamar dengan orang lain. Bawalah gembok dengan kombinasi angka, bukan yang menggunakan kunci. karena jika kuncimu hilang, itu akan menjadi bencana untukmu.

14. Bawa fotocopy paspor dan dokumen penting

Tips traveling terbaik ini wajib kamu ikuti untuk berjaga-jaga seandainya paspor dan dokumen penting milikimu hilang atau dicuri dan kau ingin melaporkannya ke kantor polisi setempat.

15. Mintalah informasi kepada staf hostel

Staf hostel biasanya menangani para wisatawan yang memiliki anggaran terbatas, mereka tahu persisi ke mana harus mencari makanan atau atraksi wisata yang murah meriah  Mereka juga biasanya adalah warga lokal di sana sehingga lebih mengenal area sekitar. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau informasi dari mereka bahkan jika kamu tidak menginap di hostel yang mereka kelola.

16. Bacalah buku sejarah!

Kamu tidak dapat memahami masa kini suatu tempat jika kamu tidak mengetahui apa pun tentang masa lalunya. Bacalah tentang kota tujuan yang akan kamu kunjungi. Ini akan memberimu pemahaman yang lebih dalam tentang suatu sejarah di kota tersebut yang mungkin akan menarik minatmu dan membuat pengalaman liburanmu menjadi lebih seru.

17. Kunjungi Perpustakaan, Starbucks atau McDonald’s

Kamu bisa mengunjungi kedua gerai tersebut untuk menikmati wifi gratis dan toilet umum bersih yang disediakan tanpa harus mengeluarkan uang.

18. Jangan memilih penerbangan langsung

Saat memesan penerbangan, terkadang lebih murah terbang ke bandara yang dekat dengan tujuan akhirmu, lalu naik kereta atau bus ke tempat tujuan tersebut. Ketahuilah bahwa penerbangan langsung tidak selalu menjadi rute termurah.

19. Mengantre di belakang wisatawan bisnis

Saat melewati pemeriksaan keamanan di bandara, sebaiknya kamu memilih mengantre di belakang orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis. Mereka bisanya bergerak lebih cepat karena terburu-buru dan membawa lebih sedikit barang.

20. Jangan mengantre di belakang turis keluarga

Antreanmu akan terasa sangat lama. Itu memang bukan salah mereka karena mereka punya banyak barang mililk anak-anak. Tapi cobalah sebisa mungkin untuk menghindari jalur antrean yang banyak anak kecilnya, itu akan menghemat waktumu.

21. Minta Upgrade Saat check in hotel

Mereka memiliki banyak fleksibilitas dalam hal menetapkan peningkatan kamar saat check-in hotel. Tidak ada salahnya untuk bertanya. Seringkali mereka dapat mengakomodasimu secara cuma-cuma jika hotel tidak sedang penuh. Mendapatkan hotel terbaik juga merupakan salah satu tips traveling terbaik yang wajib kamu coba.

22. Jam makan adalah waktu yang tempat untuk berwisata

Kamu akan mendapatkan akses yang mudah di tempat-tempat wisata saat jam makan siang, terlebih lagi kamu tidak perlu berdesak-desakan dengan grup wisata besar atau sebagian besar wisatawan lainnya di jam ini.

23. Jangan pernah makan di dekat objek wisata

Sebagai aturan umum, semakin dekat kamu ke tempat-tempat wisata, semakin banyak kamu harus membayar makanan yang buruk (termasuk pelayanannya) dengan harga yang mahal. Gunakan situs web seperti Yelp, Google Maps, Foursquare, atau Open Rice untuk menemukan beberapa restoran lezat dan populer di sekitarmu.

24. Penduduk lokal jarang makan di luar. Ikuti mereka!

Pergi berbelanja bahan makanan. kamu dapat belajar banyak tentang pola makan penduduk setempat dengan melihat jenis makanan yang mereka beli. Plus, ini akan menghemat banyak uangmu. Masak makananmu, berhematlah, dan belanjakan untuk oleh-oleh yang berkesan.

25. Makan siang di restoran mahal

Restoran mahal biasanya menawarkan makan siang spesial dan menampilkan makanan yang sama ketika mereka sajikan untuk makan malam tetapi dengan setengah harga! Itulah waktu terbaik untukmu jika ingin makan di luar saat ketika liburan.

26. Bawa senter

Siapa yang takut gelap? tips traveling terbaik Ini akan membantumu di saat yang tak terduga, dan bisa juga kamu gunakan ketika ingin menceritakan kisah hantu.

27. Bawa perlengkapan P3K dasar

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja jadi bersiaplah. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan membutuhkannya dan kamu tidak selalu bisa mendapatkannya saat bepergian. Jadi perban, krim antibakteri, dan salep untuk luka dan goresan kecil dapat menjadi penyelamat hidupmu.

28. Pesan penerbangan jauh-jauh hari

Jangan terlalu terobsesi untuk mendapatkan harga tiket termurah. Menghabiskan lima jam untuk mencoba menghemat beberapa puluh ribu akan membuatmu stres. Dengan memesan tiket penerbangan jauh-jauh hari, maka kamu dipastikan akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada di waktu yang berdekatan dengan tanggal keberangkatan.

29. Menginap di hostel

Murah dengan berbagai fasilitas. Menginap di Hostel adalah salah satu tips traveling terbaik yang bisa kamu pertimbangkan, karena tips ini dapat membuatmu bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin dapat menjadi teman liburanmu!

30. Gunakan situs online untuk bertemu dengan penduduk setempat

Situs online seperti “Meetup” dapat membantumu mendapatkan perspektif orang-orang tentang tujuan yang akan kamu kunjungi bersama dengan penduduk setempat di tempat tersebut.

31. Bersikaplah terbuka terhadap orang asing

Orang asing tidak mengigit. Sapalah orang-orang di jalan, ubah orang asing menjadi teman. Kamu tak pernah tahu. mungkin kamu bisa mendapatkan beberapa teman seumur hidup.

32. Tapi tetap waspada

Beberapa orang memang tidak menggigit, jadi pertahankan tingkat kecurigaanmu di level yang sehat. Kamu tidak ingin terjebak dalam penipuan perjalanan atau membuat dirimu berada dalam situasi yang tidak nyaman. Bersikaplah terbuka tapi hati-hati.

33. Coba makanan baru

Jangan tanya apa itu. Taruh saja di mulutmu dan lihat apakah kamu menyukainya. Jika kamu tidak ingin mencoba apapun, mungkin kamu akan melewatkan beberapa makanan lokal yang tidak biasa dan lezat.

34. Jangan gunakan taksi!

Mereka selalu menjadi penyebab utama anggaranmu membengkak. Tips traveling terbaik selanjtunya adalah jangan pernah naik taksi kecuali dalam keadaan yang benar-benar mendesak.

35. Bawa botol air minum

Tips traveling terbaik ini bisa kamu gunakan ketika liburan di beberapa negara. Minumlah dari keran jika ada kesempatan, ini akan menghemat uangmu dan membantu lingkungan. Dan jangan lupa isi penuh botol yang kamu bawa. Jangan membuang-buang uang membeli air mineral yang biasanya dijual mahal di tempat-tepat wisata.

36. Ikuti tur jalan kaki gratis

Selain gratis, wisata ini akan memberimu orientasi dan latar belakang kota yang dikunjungi dengan baik. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersama pemandu dengan pertanyaan yang membuatmu penasaran dengan tujuanmu tersebut, Kamu akan belajar banyak tentang di mana kamu berada saat itu!

37. Dapatkan kartu atraksi kota

Jika kamu akan mengunjungi banyak museum dan atraksi lain dalam waktu singkat, tiket masuk kota akan menghemat uangmu untuk tiket masuk ini biasanya ditambah dengan transportasi gratis.

38. Ambil foto bagasi dan pakaianmu

Jika kopermu hilang, ini akan membantumu mengidentifikasinya dengan lebih mudah dan mempercepat proses penggantian biaya asuransi perjalananmu

39. Bawa uang tunai darurat

Karena keadaan darurat dapat terjadi kapan saja. Misalnya kamu tidak bisa menemukan ATM di tempatmu berada saat itu untuk mengambil uang transportasi pulang, maka uang tunai darurat dapat membuatmu tidak tidur di jalanan.

40. Dapatkan sepatu yang bagus

Kamu akan banyak berjalan saat liburan. Jadi jangan menyiksa kakimu. Cintai mereka dan mereka akan membawamu ke berbagai tempat menakjubkan.

41. Dapatkan vaksinasi

Karena menjadi mangsa penyakit di negara asing tidaklah menyenangkan maka banyak negara yang mengharuskanmu divaksinasi sebelum mengunjunginya. Jadi jika ini salah satu syarat yang harus kamu pikirkan sebelum merencanakan liburan ke negara tujuanmu.

42. Belajar menawar

Tawar-menawar adalah cara yang menyenangkan agar kamu tidak dikenai biaya “untuk orang asing”. Ini adalah seni bernegosiasi yang akan membantumu seumur hidup, tidak hanya di pasar.

43. ​​Ambil jaket

Dinginnya malam dapat membuatmu mengigil

44. Cicip Street Food!

Jika kamu melewatkan jajanan pinggir jalan, kamu akan kehilangan salah satu hal terpenting dalam liburanmu. Jangan takut. cari tempat jajanan pinggir jalan yang ramai. Jika aman untuk mereka, tentunya aman juga untukmu

45. Dapatkan asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan adalah tips traveling terpenting yang harus kamu miliki ketika ada sesuatu yang tidak beres. Kamu tidak ingin mengeluarkan uang jutaan rupiah dalam bentuk tagihan, kan? Asuransi akan sangat membantumu ketika kamu dirampok, penerbangan dibatalkan, atau ketika kamu sakit, dan harus dipulangkan.

46. Bersabarlah!

Semuanya akan beres pada akhirnya. Tidak perlu terburu-buru. kamu  akan sampai ke tujuan pada waktunya. liburan terbaikmu terkadang bisa kamu dapatkan di perjalanannya.

47. Saling menghormati

Tips traveling terbaik selanjutnya adalah menghormati penduduk setempat. Karena jika terjadi sesuatu mungkin mereka yang akan membatumu, tetaplah tenang meskipun bahasa menjadi kendalamu.

48. Jangan merencanakan liburanmu secara berlebihan

Biarkan hari-hari liburanmu berjalan dengan alami. Kamu boleh menjadwalkan apa yang akan kamu lakukan untuk tiga hari pertama, namun biarkan sisanya terisi dengan pengalaman-pengalaman seru yang tidak akan kamu sangka sebelumnya. Memebiarkan hari berlalu tanpa rencana sama sekali dapat menjadi salah satu tips traveling terbaik yang bisa kamu lakukan. Dan ini tips akan benar-benar mengurangi tingkat stress-mu.

49. Berhemat (tapi dengan bijak)

Berhemat adalah salah satu tips traveling legendaris dari jaman dulu, tapi lakukanlah dengan bijak. Kamu bisa mencari diskon atau promo untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Tapi jangan menghemat beberapa puluh ribu dengan berjalan sejauh puluhan kilometer dengan alasan berhemat. Waktu adalah uang, jadi gunakan keduanya dengan bijak.

50. Bawa penutup telinga

Pendengkur ada di mana-mana dan kamu juga perlu tidur.

51. Selalu bawa charger USB tambahan

Baterai ponselmu mati. Tapi semoga tidak dengan suasana hatimu.

52. Ambil foto dengan orang-orang di sana

Bertahun-tahun dari sekarang, kamu pasti ingin melihat kembali hari-hari  yang tidak dapat kamu ingat dan orang-orang yang membuatnya tak terlupakan.

53. Pesan tiket secara online

Jika kamu berencana melakukan aktivitas atau tamasya apa pun dalam liburanmu, pesanlah secara online. Biasanya kamu akan mendapatkan harga diskon jika dibandingkan dengan membelinya secara langsung baik itu tiket pesawat, reservasi hotel, transportasi, hingga paket tur.

54. Pesan terlebih dahulu tiket wisatamu

Banyaknya atraksi dan tempat wisata memungkinkanmu untuk memesan tiketnya secara online dan melewati semua antrean panjang di pintu masuk. Internet adalah teman baikmu untuk tips traveling terbaik ini. Lihatlah di internet apakah ada opsi pembelian secara online untuk atraksi atau tempat wisata yang ingin kamu knunjungi.

55. Hindari TripAdvisor

TripAdvisor sangat berguna jika kamu ingin mengetahui jam buka atau alamat sebuah tempat. Tapi kamu harus mengabaikan situs ini jika ingin mengetahui review sebuah tempat, karena kebanyakan orang selalu memberikan komentar negatif ketika sesuatu yang buruk terjadi kepada mereka.

Tetapi disisi lain, jarang ada orang yang meninggalkan review positif ketika mereka mengalaminya sesuatau yang menarik di sana. Selain itu, semua review tersebut dengan mudah dipalsukan untuk membuat sebuah tempat terlihat lebih buruk / lebih baik dari yang seharusnya, sehingga mayoritas review yang berada di sana menjadi tidak relevan lagi.

56. Terakhir, pakai tabir surya!

Ini adalah krim ajaib yang akan menyelamatkanmu dari gigitan sinar matahari yang mematikan.

Itulah 56 Tips Traveling Terbaik Untuk Mempermudah Rencana Liburanmu, meskipun kamu masih pemula namun dengan menerapkan tips dan trik traveling di atas, kamu dapat menghindari berbagai kesalahan traveler pemula layaknya seseorang yang sudah berpengalaman.

Jika kamu memiliki tips travling lainnya yang mungkin berguna, silahkan tinggalkan di kolom komentar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post