10 Tempat Wisata Terbaik Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

10 Tempat Wisata Terbaik Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi post thumbnail image

Yogyakarta adalah tempat yang istimewa di Indonesia, dimana kamu dapat menghabiskan beberapa hari bersama teman dan keluarga untuk mendapatkan liburan yang seru dan menyenangkan.

Mulai dari tempat wisata terbaik Yogyakarta, makanannya yang enak dan khas, orang-orangnya ramah, hingga pedesaannya benar-benar indah dan menakjubkan.

Sangat dekat dengan salah satu dari keajaiban dunia, Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal ini adalah kota yang sangat luas di Jawa. Ada banyak tempat wisata Yogyakarta terbaik untuk dikunjungi untuk mendapatkan liburan terbaikmu.

10 Tempat Wisata Terbaik Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

Berikut ini ada 10 Tempat terbaik untuk liburanmu di Yogyakarta. Dari Candi Borobudur hingga Pinus Pengger, kamu pasti akan menemukan sesuatu yang menakjubkan di destinasi wisata kelas dunia ini.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur Wisata Terbaik di Jogja

Menemukan tempat terbaik di Jogja dapat kamu mulai dengan mengunjungi Candi Borobudur. Objek wisata ini menduduki puncak daftar 10 tempat wisata terbaik Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi.

Candi Buddha terbesar di dunia dan juga salah satu dari 7 keajaiban dunia ini terletak di lingkungan yang indah di tengah pegunungan dan lanskap yang indah, serta hanya berjarak beberapa jam berkendara dari pusat kota dan mudah diakses dengan transportasi umum.

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Buka: Setiap hari (06.00 – 17.00 WIB)

 

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan Wisata Yogyakarta

Ingin tahu tempat wisata terbaik Yogyakarta yang selanjutnya? Maka, pastikan untuk memasukkan candi Prambanan dalam rencana liburanmu. Kompleks Hindu dengan kisah dongeng Dayang Sumbi ini sangat menakjubkan dan memiliki beberapa candi kecil yang berada di sekitar kompleks utama.

Masing-masing candi sedikit berbeda satu sama lain namun indah dengan caranya masing-masing. Candi ini adalah contoh Arsitektur Hindu yang menakjubkan sehingga banyak menarik wisatawan dan sejumlah pecinta sejarah.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY 55571,

Jam Buka: Setiap hari (08.00 – 16.00 WIB)

 

3. Candi Sewu

Candi Sewu

Candi yang berada di samping Candi Prambanan ini merupkana Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8, dan masih  terpelihara dengan sangat baik hingga hari ini. Ketika kamu ingin masuk ke dalam kompleks Candi Sewu, kamu akan disambut oleh dua patung raksasa dan akan memimpin jalanmu hingga menuju candi utama.

Candi Sewu dikatakan sebagai kompleks candi Buddha terbesar kedua di seluruh Jawa dan tidak diragukan lagi merupakan salah satu tempat terbaik di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

Jam Buka: Setiap hari (06.00 – 17.00 WIB) 

 

4. Hutan Pinus Pengger

Hutaan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger adalah salah satu tempat wisata Jogja yang relatif baru, dan dapat kamu capai hanya dengan satu jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger sebenarnya adalah taman bertemakan hutan yang lucu dan unik.

Di sini kamu dapat menemukan patung-patung keren dan instagramable, salah satunya adalah The Hand, yang akan semakin keren jika kamu mengabadikannya saat matahari terbenam. Namun sebaiknya, kamu menggunakan mobil atau motor sewaan untuk datang ke tempat wisata ini, karena area ini masih berada di luar zona operasi transportasi online.

Meskipun berada di pinggiran kota, Pinus Pengger adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Yogyakarta.

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, DIY 55783

Jam Buka: Senin – Sabtu (07.30 – 23.00 WIB)

 

5. Taman Sari

Wisata Taman Sari Yogyakarta

Wisata Taman Sari juga dikenal sebagai Istana Air Jogja, karena kawasan  dan bangunan yang digunakan adalah bekas istana kerajaan Kraton. Tempat ini adalah salah satu dari sekian banyak tempat bersejarah di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi.

Taman Sari dibagi menjadi 4 area terpisah dan yang paling menarik di antaranya adalah area pemandian. Area ini terdiri dari dua kolam air yang agak besar, masing-masing dipisahkan oleh menara pengawas 3 lantai yang mengesankan.

Saat kamu menjelajah lebih jauh ke taman sekitarnya yang indah, kamu juga akan melewati beberapa sorotan lain dari kompleks kerajaan yang menakjubkan salah satuna adalah masjid bawah tanah.

Untuk mencapai masjid tersebut, kamu harus berjalan menuruni tangga yang curam dan menemukan jalan untuk melalui serangkaian terowongan yang berakhir ke halaman tengah dari masjid tersebut.

Alamat: Jl. Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, DIY 55133

Jam Buka: Setiap hari (09.00 – 15.00 WIB)

 

6. Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi

Satu lagi yang populer di antara tempat wisata terbaik Yogyakarta, tidak lain adalah Gunung Merapi. Banyak agen yang menjalankan tur menggunakan jeep ke gunung berapi ini.

Tur jeep juga akan membawamu ke museum yang memperingati letusan gunung terbaru. Museum tersebut mencatat semua detail letusan dan memberi wisatawan wawasan tentang efek merusak dari peristiwa tersebut.

Alamat: Klaten, Boyolali, Magelang, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

 

7. Taman Nasional Kalibiru

Kalibiru Jogja

Tidak ada liburan ke Yogyakarta yang lengkap tanpa mengunjungi taman nasional Kalibiru. Kamu dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari beberapa spot yang dibuat di pinggir tebing. Namun kamu harus membayar biaya sekitar 10.000 IDR untuk mengambil gambar di setiap spot yang disediakan.

Menyewa taksi atau transportasi online dari kota Yogyakarta adalah pilihan terbaik karena perjalanan ke Kalibiru bisa agak terjal jika menggunakan sepeda motor.

Alamat: Jl. Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY 55653

Jam Buka: Setiap hari (08.00 – 16.00 WIB)

 

8. Gua Jomblang

Gua Jomblang

Ada banyak tempat Wisata di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi, salah satunya adalah Gua Jomblang. Ini adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati beberapa aktivitas petualangan seperti rappelling melalui gua vertikal berlumpur dan gelap dan melihat “Cahaya Surga” yang bersinar melalui gua yang gelap.

Kamu akan diberikan sepatu bot, tetapi jangan lupa mengenakan sepasang kaus kaki sekali pakai untuk berjaga-jaga jika sepatu bot-mu bocor. Ada batasan jumlah turis yang dapat masuk ke Gua Jomblang ini, jadi pergilah lebih awal jika kamu ingin mencoba kesempatan langka ini.

Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, DIY 55893

Jam Buka: Setiap hari (09.00 – 14.00 WIB)

 

9. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen-Sentalu

Kamu tidak akan pernah kekurangan tempat wisata jika liburan di Jogja. Jadi jika kamu memiliki waktu lebih, cobalah pergi ke meseumpribadi yang terdiri dari area dalam dan luar ruangan yang menampilkan sejarah dan budaya Jawa melalui berbagai pajangan seperti foto, patung, lukisan, dan kain.

Biaya masuk yang akan kamu bayarkan juga termasuk seorang pemandu yang akan memberikanmu penjelasan mendetail tentang berbagai pameran serta sejarah Jawa kuno.

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, DIY 55582

Jam Buka: Selasa – Minggu (08.30 – 15.15 WIB)

 

10. Pantai Timang

Pantai Timang

Jika kamu ingin bermain air, Jogja sebenarnya memiliki beberapa pantai yang pas untuk aktivitas ini. Namun yang paling populer dan menjadi favorit adalah Pantai Timang. Dengan pemandangan laut yang menenangkan, kamu bisa bersantai dan menghilangkan lelah setelah seharian jalan-jalan.

Kamu juga bisa mencoba berenang di area yang telah ditentukan, dan setelah lelah bermain air, Pantai Timang memiliki sejumlah restoran yang menyediakan berbagai hidangan laut lezat dengan harga terjangkau untuk mengisi perutmu yang keroncongan.

Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

Jam Buka: 24 Jam

Ada begitu banyak tempat wisata terbaik Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi, sehingga banyak orang yang sulit untuk memilih! Nah, jika kamu bingung bagaimana memulai liburan-mu di Jogja, maka rekomendasi wisata Jogja diatas dapat kamu ikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post