Sudah Coba 9 Makanan Khas Padang yang Lezat Ini?

Sudah Coba 9 Makanan Khas Padang yang Lezat Ini? post thumbnail image

Makanan khas Padang punya ciri khas tersendiri akan rasanya yang begitu gurih, kaya rempah, dan pedas. Sehingga membuat makanan ini menjadi favorit sebagian orang yang berada di seluruh Nusantara ini dan juga wisatawan mancanegara.

Adanya restoran makanan Padang dimana-mana juga tak kalah membuatnya menjadi semakin popular dan bahkan kamu pun bisa menikmatinya tanpa harus pergi ke Padang terlebih dahulu.

9 Makanan Khas Padang Yang Lezat

Mungkin saja kamu sudah familiar dengan makanan padang seperti Dendeng Batokok, Rendang, Ayam pop, dan lainnya. Ternyata, selain makanan tersebut, ada lagi makanan khas Padang yang harus kamu coba.

Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada ulasan wisata kuliner berikut ini.

1. Rendang

Ini adalah makanan Padang yang sangat populer sekali bahkan sudah berlaga di kancah dunia Internasional dan juga dinobatkan sebagai makanan paling enak sedunia.

Rendang

Mengolah Rendang ini memerlukan waktu yang cukup lama supaya santan dan bumbunya bisa meresap ke dalam daging dengan sempurna.

Karena kepopulerannya ini, setiap tahun selalu rutin diadakan Festival Rendang oleh Pemerintah Kota Padang.

 

2. Dendeng Batokok

Batokok dalam Bahasa Padang mempunya arti memukur yang artinya daging sapi ini setelah direbus dan diberi bumbu, maka dipukul hingga pipih.

Dendeng Batokok

Tujuan bumbu dipukul ini agar semakin meresap ke dalam daging sehingga aromanya pun sangat kuat.

Untuk campuran bumbu dari dendeng batokok ini menggunakan cabai hijau, tomat hijau, garam yang diulek kasar, dan bawang merah.

 

3. Soto Padang

Sepertinya untuk hidangan soto hamper setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, termasuk juga Sumatera Barat.

Soto Padang

Makanan khas Padang satu ini dibuat dari irisan daging sapi. Daging yang digunakan tidaklah sembarangan karena hanya beberapa bagian yang khas saja.

Adapun kelezatan dari Soto Padang ini terletak pada bumbunya yang sangat lengkap. Ciri khas lainnya bisa kamu lihat pada penggunaan kerupuk beras yang berwarna merah jambu dan hanya bisa kamu temukan di Soto Padang saja.

 

4. Sate Padang

Sate Padang termasuk makanan khas yang sangat otentik sekali. Ia kaya akan citarasanya yang sangat gurih serta rasa asin akan membuat kamu semakin ketagihan untuk menikmatinya.

sate padang

Kamu akan menemui kuah Sate Padang yang berbeda dari sate pada umumnya karena memiliki warna kuning (Khas Padang Panjang) dan merah (Khas Pariaman).

Kamu bisa memilih aneka daging, jeroan, serta lidahnya.

 

5. Gulai Pangek Masin

Apakah kamu sudah pernah mencoba Gulai yang satu ini?

Makanan khas ini memiliki bahan dasar utama yaitu ikan laut dan air tawar seperti ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan kakap, dan ikan mas.

Gulai Pangek Masin

Kuah dari Gulai Pangek Masin berwarna kuning kental karena di dalamnya dimasukkan kunyit. Sementara untuk cita rasanya adalah perpaduan antara rasa asam, asin, pedas, dan sedikit gurih.

Baca juga: Ternyata 4 Chinese Food Ini Punya Asal-usul Politik yang Mengejutkan!

 

6. Gulai Cancang

Bahan utama dari gulai ini adalah daging yang dipotong kecil-kecil dan beberapa dalam ukuran besar.

Gulai Cancang

Kemudian diberi santan serta cabai merah giling. Rasanya pedas dan memiliki aroma khas lalu biasanya digunakan daging kambing.

 

7. Dendeng Balado

Makanan ini dibuat dari irisan daging sapi yang tipis, kering, dan lebar. Lalu disiram sambal cabai merah.

Dendeng Balado

Untuk membuat dendeng, maka harus direbus dulu, dijemur, dan digoreng sampai garing.

Untuk sambalnya sendiri terbuat dari campuran bawang merah, garam yang ditumis, dan cabai merah. Dendeng Khas Padang ini berbeda dari Dendeng Jawa yang cenderung lebih manis dan lunak.

 

8. Katan Durian

Bagi kamu yang merupakan penggemar durian, sayang sekali jika melewatkan makanan Padang yang satu ini. Orang Padang sendiri jika ingin menikmati durian maka harus dilengkapi dengan ketan.

Katan Durian

Ketan ini adalah olahan beras yang dikukus sampai matang. Kemudian pada saat pengukusannya ditambahkan dengan irisan daun pandan agar berbau wangi.

Saat penyajiannya, ketan juga ditaburi dengan kelapa parut yang sudah ditambahkan garam halus secukupnya.

Kemudian buah durian yang sudah dikupas disajikan dengan piring. Apalagi dengan legitnya buah durian dan ketan yang gurih, maka akan membuat santapan lebih nikmat.

 

9. Gulai Kapalo Lauak

Beberapa restoran Padang seringkali menyajikan makanan ini. Gulai Kapalo Lauak cenderung diabaikan oleh masyarakat yang berada di pesisir pantai karena memiliki bahan utama seperti ikan laut jenis ikan karang.

Gulai Kapalo Lauak

Bagian kepala ikan karangnya disisihkan lalu dibumbui bersama jahe serta jeruk nipis. Setelah itu, dimasak dengan santan yang telah dibumbui bawang merah, jahe, kunyit, cabe rawit, cabe merah, bawang putih, asam kandis, dan daun-daunan.

Itulah makanan khas Padang yang wajib kamu coba saat berlibur ke kota tersebut. Memang untuk kelezatan dari makanan Padang ini sudah tidak perlu kamu ragukan lagi karena sudah diakui oleh banyak orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post