Pedas Manis, Inilah 10 Ragam Makanan Khas Manado Yang Menggoyang Lidah

Pedas Manis, Inilah 10 Ragam Makanan Khas Manado Yang Menggoyang Lidah post thumbnail image

Manado saat ini juga merupakan salah satu pusat kuliner Indonesia yang wajib kamu kunjungi sebagai pecinta kuliner. Makanan khas Manado juga mempunyai cita rasa yang menggugah selera dan eksotis sekali.

Sebagian makanan Manado mempunyai rasa yang pedas dan tentunya untuk kamu yang menyukai rasa ini akan menjadi salah satu incaran. Namun tenang saja, untuk kamu penyuka rasa manis tentunya juga ada.

10 Ragam Makanan Khas Manado

Sepertinya tidak lengkap jika kamu berlibur ke Manado dan tidak mencoba kulinernya. Untuk itu, berikut kami rekomendasikan keragaman makanan khas Manado yang harus kamu rasakan.

1. Ayam Rica-rica

Ayam Rica - Rica

Makanan ini hampir disajikan di setiap restoran dan sangat terkenal sekali hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Adapun makanan bercita rasa pedas ini menggunakan ayam sebagai menu olahannya.

Rica sendiri memiliki arti cabai atau pedas. Ayam rica-rica disajikan bersamaan perasan air jeruk agar bisa meminimalisir rasa pedas tersebut.

Hidangannya mempunyai tekstur ayam empuk serta bumbu pedas yang bisa menyerap sampai ke serat dagingnya.

 

2. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Ikan Cakalang juga banyak diolah menjadi berbagai makanan khas dari Manado. Cakalang Fufu merupakan makanan yang memiliki cita rasa pedas.

Cara mengolahnya dengan dibelah dua lalu dilumuri bumbu sebelum mulai diasapi.

Proses pengasapan pada hidangan ini akan membuatnya bisa bertahan pada suhu ruangan bahkan satu bulan lamanya.

Harganya pun juga cukup terjangkau mulai Rp. 35,000 saja. Untuk kamu yang berkunjung ke Manado, jangan lupa membawa makanan ini sebagai oleh-oleh.

 

3. Sayur Ganemo

Sayur Ganemo

Ini adalah hidangan yang berasal dari bermacam-macam sayuran sederhana sehingga disebut Sayur Ganemo.

Hidangan ini disajikan dengan bumbu khusus sehingga rasa pahit dari sayur pun tertutupi.

Sayurnya adalah campuran dari daun melinjo, labu kuning, dan bunga pepaya. Sayur Ganemo dikategorikan sebagai hidangan klasik karena telah disantap sejak zaman dahulu.

 

4. Klappertaart

Klappertaart

Dilihat dari Namanya, mungkin kamu langsung berpikir kalau ini makanan luar negeri. Namun sebenarnya berasal dari Indonesia dan emmang ini adalah hidangan yang dulunya dipengaruhi oleh masa pendudukan Belanda di Manado.

Kue ini mempunyai tekstur lembut dan gurih sekali sehingga ini akan meleleh saat kamu santap hanya dengan sekali gigitan saja.

Kue ini terbuat dari bahan dasar kelapa, susu, tepung, mentega, dan telur.

 

5. Sup Brenebon

Sup Brenebon

Apakah kamu pernah mendengar Sup Brenebon? Hidangan ini adalah kuliner tradisional yang sudah ada sejak dulu karena adanya pengaruh Belanda namun dimodifikasi menggunakan bahan rempah Indonesia.

Sup Brenebon ini ada dua yaitu sup brenebon daging babi yang bercita rasa lebih gurih dan  sup kacang merah yang memiliki cita rasa manis.

 

6. Rica Roa

Rica Roa

Olahan pedas lainnya setelah Ayam Rica-rica yaitu Rica Roa. Namun yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan yang sedap dan sebelumnya telah diasap dulu sampai kering,

Ikan Roa sendiri dicampur dengan capu yang sudah ditumbuk hingga halus sekali. Kemudian dimasak menggunakan sedikit minyak saja.

Ikan yang digunakan adalah ikan Roa yang bentuknya pipih dan berwarna perak keabu-abuan.

 

7. Mie Cakalang

Mie Cakalang

Hidangan mie ini mungkin jarang sekali diketahui namun sebenarnya ia mempunyai cita rasa yang sangat kuat sekali dan pastinya kamu yang hobi makan mie sangat menyukainya.

Dari Namanya mungkin kamu sudah bisa menebak kalau mie ini disajikan bersama Ikan Cakalang. Hidangan ini mempunyai bumbu yang diracik bersama cita rasa khas Manado. Sehingga memiliki rasa istimewa.

 

8. Dabu-dabu

Dabu-dabu

Dabu-dabu termasuk salah satu makanan asal Manado yang sangat populer dan banyak yang menyebutnya sebagai ikon kuliner Manado.

Dabu-dabu ini diolah dengan sambal khas Manado yang memadukan potongan cabai dengan tomat segar, bawang merah, dan bahan lainnya,

Rasa yang dihasilkan yaitu pedas namun sangat menyegarkan sekali. Di Manado, kamu bisa mencicipi berbagai olahan dari Dabu-dabu ini seperti dabu-dabu lemong, dabu-dabu bakar, dan lainnya.

 

9. Paniki

Paniki

Pilihan makanan Manado yang harus kamu santap adalah Paniki. Hidangan ini dikenal sebagai makanan yang sangat ekstrim sekali karena untuk bahan dasarnya dibuat dari kelelawar.

Namun, tetap saja banyak sekali orang yang mencari makanan ini. Daging kelelawar nantinya diolah dengan santan serta rempah yang akan membuat kuliner Rapiki mempunya cita rasa pedas serta hangat.

 

10. Papare

Papare

Bahan dasar Papare yaitu ikan tongkol. Akan tetapi, hidangan ini punya cara penyajian yang unik yaitu dibungkus dalam buah pare lalu digoreng.

Kamu juga tidak perlu cemas akan rasa pahit dari Pare ini karena berbagai rempah serta bumbu ikan akan menutupi rasanya. Bahkan ia akan menghasilkan rasa sangat gurih dan lezat sekali.

Itulah beragam makanan khas Manado yang tentunya memberikan cita rasa yang beragam juga. Kira-kira makanan manakah yang mampu membuat kamu menjadi penasaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post