Review Wisata Gunung Prau Dieng Yang Ramah Untuk Pendaki Pemula

Review Wisata Gunung Prau Dieng Yang Ramah Untuk Pendaki Pemula post thumbnail image

Salah satu destinasi wisata populer di Dieng yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, terutama untuk mereka yang gemar mendaki, adalah Wisata Gunung Prau (Gunung Prahu).

Gunung Prau yang memiliki ketinggian sedang sekitar 2590 mdpl ini, berada di 5 kabupaten sekaligus, dan apabila kamu memutari menara yang ada di Gunung Prau, maka kamu telah menginjakan kaki di 5 kabupaten tersebut, yang diantaranya adalah Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung.

Puncak Gunung Prau Dieng

Jika kamu berada di sekitar menara tersebut saat malam hari, atau menjelang subuh sambil menunggu matahari terbit, kamu bisa mendengar suara-suara lirih yang dihasilkan oleh menara  jika cuaca sedang tidak berangin. .

Gunung Prau juga termasuk gunung purba yang berabad-abad lalu pernah meledak dan menciptakan berbagai kawah yang ada di Dieng, salah satunya yang sekarang populer adalah Wisata Kawah Sikidang Dieng.

Review Wisata Gunung Prau Dieng: Ramah Untuk Pendaki Pemula

Golden Sunrise Terbaik Gunung Prau

Dengan waktu pendakian sekitar 2- 3 jam, wisata Gunung Prau Dieng sangat cocok untuk kamu yang masih pemula, ditambah dengan medan yang tidak terlalu sulit untuk di tempuh.

Ketika mencapai puncak Gunung Prau, kamu akan segera disuguhkan dengan keindahan lapang rumput yang sangat luas sejauh mata memandang. Selain itu, kamu juga bisa berburu Golden Sunrise Dieng di gunung ini, yang disebut-sebut sebagai Golden Sunrise terindah di Asia.

Bukit Teletubbies Gunung Prau

Daya tarik utama wisata Gunung Prau yang juga menjadi tujuan para wisatawan adalah Bukit Teletubbies, bukit ini dapat kamu nikmati keindahannya ketika sinar hangat matahari mulai menerangi rerumputan halus indah yang dimilikinya.

Keunikan dari gunung Prau dapat kamu lihat saat memasuki musim kemarau, dimana suhu udara di puncak gunung dapat mencapai titik paling rendah yang membuat kamu bisa menemukan butiran-butiran kristal es seperti salju di tanah saat pagi hari.

Padang Bunga Daisy di Gunung Prau

Gunung Prau juga tidak memiliki bunga Edelweiss yang seharusnya umum ditemukan di gunung-gunung lain di Indonesia, tetapi disinilah keindahan dan keunikan wisata Gunung Prau, karena meskipun tidak memiliki bunga Edelweiss, namun gunung ini memiliki padang bunga Daisy warna-warni yang sangat menakjubkan.

Fasilitas Gunung Prau

Gunung Prau memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk digunakan para pendaki, seperti:

  • Penitipan sepeda motor
  • Warung Logistik
  • Pos pendakian
  • Area camping
  • Sunrise point
  • Mushola
  • Toilet

 

Harga Tiket Masuk Gunung Prau

  • Harga Tiket: Rp 15.000 / Orang
  • Biaya Parkir: Rp 10,000 / Motor & Rp 20,000 / Mobil

Tips Mendaki Gunung Prau

Wisata Gunung Prau

Untuk memudahkan kamu dalam melakukan pendakian ke Gunung Prau terutama untuk yang baru pertama kali, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Atur jadwal keberangkatanmu, dan pastikan bahwa jalur pendakian Gunung Prau telah dibuka sebelumnya, karena Gunung Prau memiliki jadwal tutup selamam beberapa bulan untuk pemulihan ekosistem di sana.
  • Pastikan tubuh berada dalam kondisi fit dan sehat, karena selain jalur pendakian yang memakan waktu 2-3 jam, suhu udara di Gunung Prau juga sangat dingin.
  • Untuk pemula atau yang baru pertama kali melakukan pendakian, sebaiknya pergi bersama rombongan atau mengikuti tur yang telah banyak tersedia. .
  • Tidak perlu ragu untuk beristirahat di tengah pendakian untuk mengisi kembali tenagamu, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah yang tersedia sepanjang jalur pendakian.
  • Bawalah perlengkapan secukupnya yang tidak memberatkanmu selama perjalanan, kamu juga bisa membawa beberapa camilan dan air yang cukup.
  • Hanya tinggalkan jejak kakimu di Gunung Prau, dan bawa turun semua sampahmu ketika kembali.

 

Alamat dan Rute Menuju Gunung Prau

Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tersedia 2 jalur umum yang bisa kamu gunakan untuk menuju Gunung Prau, yaitu jalur Patan Banteng dan Jalur Dieng. Kedua jalur ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Untuk jalur Patan Banteng, kamu akan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk tiba di Gunung Prau, kurang lebih sekitar 2-3 jam. Hanya saja jalan dan medan yang harus kamu tempuh akan cukup sulit, dan sedikit ekstrim untuk sebagian orang.

Sedangkan untuk jalur Dieng, medan yang disediakan cukup mudah dan landai, tetapi kamu membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar 3-4 jam untuk sampai ke wisata Gunung Prau.

Cara Menuju Gunung Prau

Cara menuju Gunung Prau yang paling mudah adalah melalui kota Wonosobo, dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam untuk mencapai kaki Gunung Prau.

Ke Gunung Prau Menggunakan Kereta Api

Stasiun Semarang: Lanjutkan menggunakan transportasi umum / taksi menuju ke terminal Terboyo / Sukun – Kemudian lanjutkan dengan menggunakan bus / travel jurusan Kota Wonosobo – Selanjutnya gunakan bus lokal Dieng dan turun di Patak Banteng atau Desa Dieng.

Stasiun Jogja: Lanjutkan menggunakan transportasi umum menuju terminal Jogja – Kemudian lanjutkan ke terminal Magelang menuju ke Wonosobo menggunakan bus – Selanjutnya gunakan bus lokal Dieng dan turun di Patak Banteng atau Desa Dieng.

Stasiun Kutoarjo – Lanjutkan menggunakan transportasi umum menuju Plasa Kutoarjo – Kemudian di Purworejo langsung lanjut ke Wonosobo – Selanjutnya gunakan bus lokal Dieng dan turun di Patak Banteng atau Desa Dieng.

Stasiun Ketera Purwokerto – Lanjutkan menggunakan  becak / taksi menuju jalur bus Purwokerto – Wonosobo terdekat – Selanjutnya gunakan bus lokal Dieng dan turun di Patak Banteng atau Desa Dieng.

Ke Gunung Prau Menggunakan Pesawat

Jika kamu ingin ke Gunung Prau menggunakan pesawat terbang, maka kamu bisa turun di bandara Semarang atau Yogayakarta, setelah itu kamu bisa menggunkan angkutan umum sesuai dengan rute di atas.

Ke Gunung Prau Menggunakan Bus

Meskipun memakan waktu cukup lama, tetapi bus adalah transportasi yang paling mudah untuk menuju ke gunung Prau, karena kamu hanya perlu mencari bus dengan tujuan langsung ke Wonosobo. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan bus dengan jurusan Purwokerto – Jogja – Semarang dan diikuti dengan rute di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post