Wajib Dikunjungi, Inilah 5 Tempat Wisata Aceh yang Mempesona

Wajib Dikunjungi, Inilah 5 Tempat Wisata Aceh yang Mempesona post thumbnail image

Aceh merupakan provinsi yang terletak di penghujung Pulau Sumatera. Namun tidak banyak yang tahu ternyata banyak sekali tempat wisata Aceh yang sangat luar biasa di kota ini, mulai dari pantai hingga pegunungannya.

Usai dilanda bencana alam yaitu tsunami tahun 2004 lalu, ternyata merusak beberapa tempat wisata. Namun, Aceh mudah bangkit kembali dan bahkan kini sudah berhasil menata kembali sektor pariwisatanya dengan baik.

5 Tempat Wisata Aceh yang Mempesona

Apabila kamu ingin berlibur ke Aceh, harusnya sudah tahu destinasi wisata manakah yang hendak dikunjungi. Supaya tidak bingung, berikut AuroraXa berikan rekomendasi tempat wisata aceh yang sangat mempesona tersebut.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu tempat wisata religi yang kian populer adalah masjid ini. Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 dan hingga saat ini masih menjadi ikon Aceh.

Bangunan utamanya yang berwarna putih serta kubah hitam besar memberikan kesan yang megah. Apalagi dikelilingi dengan tujuh Menara. Pastinya masjid ini mengingatkan Anda dengan Taj Mahal di India.

Bahkan salah satu situs juga memasukkan masjid ini ke dalam daftar 100 masjid yang terindah di dunia. Kemudian Yahoo! Juga menyebutkan masjid ini masuk 10 masjid terindah di dunia.

Prestasi yang demikian ini pastinya membuat kamu bangga sebagai warga Aceh dan Indonesia. Jangan khawatir jika kamu ingin membeli beragam souvenir, karena cukup berjalan ke belakang masjid maka akan langsung berjumpa dengan Pasar Aceh.

 

2. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata ini sangat sayang sekali jika kamu lewatkan. Air terjun Blang Kolam sendiri terletak di bagian Aceh Utara dan harus menempuh waktu 30 menit dulu dari Lhokseumawe.

Air terjun ini kembar dan memiliki tinggi 75 m yang dikelilingi dengan pepohonan rindang sehingga sangat sejuk sekali. Lalu di sekitar air terjun, juga banyak sekali orang yang bermain air, berendam, ataupun hanya sekedar bersantai saja.

Kamu juga bisa ciptakan pengalaman yang berbeda dengan membawa perlengkapan perkemahan. Tarif yang dikenakan untuk berkemah sangat murah sekali hanya Rp. 5000 saja per orang bahkan kamu sudah bisa menikmati alam bebas tersebut dan mendapatkan tempat camping terbaik.

 

3. Museum Tsunami

Museum Tsunami

Seperti yang diketahui bahwa Aceh telah dilanda tsunami pada tahun 2004 lalu. Sehingga untuk menghormati korban yang telah meninggal maka dibangunlah Museum Tsunami ini yang terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda pada tahun 2009.

Terdapat Lorong yang panjang dan suara bergemuruh ombak di dalam museum sehingga mengingatkan Anda akan bencana alam tersebut. Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi museum ini untuk melihat apa sajakah yang tersisa dari gelombang tersebut.

Benda-benda sisa bencana seperti sepeda milik korban juga dipajang di museum ini. Selain itu juga ada foto korban yang meninggal, beragam cerita kesaksian korban yang selamat, dan alat simulasi elektronik untuk gempa bumi.

Museum ini dibangun sebagai tempat perlindungan apabila tsunami datang kembali sekaligus sebagai pusat Pendidikan. Anda bisa mengunjungi setiap hari kecuali hari Jumat yang dibuka pukul 10 pagi hingga 5 sore.

 

4. Pantan Terong

Pantan Terong

Pantan terong adalah bukit yang biasanya digunakan untuk melihat berbagai keindahan Aceh Tengah dari puncak bukit tersebut. Ketinggiannya berada pada 1830 m di atas permukaan laut.

Jika kamu ingin kesini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan musim dingin seperti jaket dan baju hangat karena mengingat udaranya yang sangat dingin sekali.

Kemudian dari Pantan Terong ini Anda bahkan juga bisa menyaksikan keindahan Danau Laut Tawar yang mirip seperti kuali raksasa. Ini adalah spot yang sangat cocok untuk kamu yang suka melihat matahari terbit serta terbenam.

 

5. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom

Sesuai namanya, air terjun ini berlokasikan di Desa Suhom, Aceh Besar. Agar kamu bisa mencapai tempat wisata air terjun ini, maka harus melewati jalanan yang naik turun terlebih dahulu.

Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan nanti kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan Kulu dan Paro. Sangat menarik bukan tempat wisata Aceh ini?

Jangan lupa untuk menyiapkan buah-buahan ataupun makanan ringan lainnya, bukan untuk kamu melainkan untuk monyet yang banyak sekali berkeliaran di jalan. Lalu biasanya monyet ini akan meminta buah pada pengguna jalan yang lewat.

Air terjun ini memiliki tinggi 50 m yang dibagi menjadi tiga tingkat. Akan tetapi, kamu hanya diperbolehkan ke tingkat satu saja karena pada tingkat dua dan tiga ada pembangkit listrik dengan tegangan yang tinggi.

Kamu tetap bisa berenang di telaga ini yang dalamnya kira-kira 2 m dari bawah air terjun. Lalu juga bisa menemani anak untuk bermain air di kolam renang khusus anak.

Namun, jika hanya ingin bersantai saja, maka kamu bisa pilih gazebo sebagai lokasi favorit nantinya. Di sana juga banyak sekali makanan yang dijual sehingga jangan khawatir jika sampai kelaparan.

Itulah 5 tempat wisata Aceh yang menawarkan keindahan pada pesonanya masing-masing. Apakah kamu sudah siap untuk melakukan perjalanan liburan ke kota Aceh ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post