Review Situ Cihaniwung, Wisata Alam Bandung Dengan Sunrise Terbaik

Review Situ Cihaniwung, Wisata Alam Bandung Dengan Sunrise Terbaik post thumbnail image

Situ Cihaniwung merupakan sebuah objek wisata di Bandung yang belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Tempat wisata alam ini menawarkan daya tarik sebuah ‘situ’ atau danau kecil alami yang mengandung mata air.

Dengan luas sekitar 1.5 Hektar, danau ini sering disebut Danau Santosa karena lokasinya yang berada di Desa Santosa.

Situ Cihaniwung dikelilingi oleh keindahan hamparan perkebunan teh yang luas sejauh mata memandang, dan karena berada di ketinggian 1.627 Mdpl, kamu bisa menikmati hawa sejuk yang cenderung dingin di sekitar kawasan danau.

Review Wisata Alam Situ Cihaniwung

Kabut tipis yang memaksa keluar dari sela-sela pohon di kala senja, dan suara burung yang berkicau riang di antara perbukitan kebun teh adalah beberapa keindahan alam yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke Situ Cihaniwung.

Review Situ Cihaniwung

Lokasinya yang berada 40 km dari Kota Bandung dan tepat di bawah kaki Gunung Papandayan, Situ Cihaniwung menawarkan ketenangan dan kesejukan pegunungan yang bisa kamu nikmati di kawasan Pangalengan.

Bahkan ketika berkendara, kamu bisa melihat Situ Cihaniwung yang nampak sangat kontras dengan area sekitarnya karena berada tepat di tengah kebun teh, sehingga mampu menarik perhatian para pengendara.

Wisata alam ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata di Pangalengan.

Di pinggir danau Cihaniwung kamu bisa menemukan menara pandang untuk melihat hamparan perkebunan teh yang mempesona, tetapi hati-hati karena menara ini terbuat dari bambu.

Keindahan Danau Cihaniwung

Selain itu, wisata Situ Cihaniwung juga menjadi tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, karena kamu bisa menelusuri danau dengan menyewa perahu bebek atau menikmati hari yang santai di gazebo-gazebo yang tersedia.

Ketika berwisata ke Danau Cihaniwung, kamu juga bisa mengunjungi pabrik teh yang hanya berjarak kurang dari 100 meter.

Oh iya, meskipun Danau ini berada di area Pangalengan, tetapi jalur yang lebih baik, lebih dekat dan mulus adalah melalui Ciparay, karena jalur Pangalengan masih memiliki akses jalan yang buruk.

 

Daya Tarik Situ Cihaniwung Bandung

Selain senja yang cantik, Daya Tarik Danau Cihaniwung juga bisa kamu nikmati di pagi hari, saat pesona matahari terbit menjadi momen terbaik.

Situ Cihaniwung

Kamu bisa melihat dari balik pegunungan, matahari yang merayap naik menunjukkan kehangatannya, bersamaan dengan kabut dan permukaan air danau yang perlahan berubah warna menjadi kemerahan karena pancaran sinarnya.

Pemandangan dari Jembatan Situ Cihaniwung

Bagi penduduk setempat, pemandangan matahari terbit mungkin biasa saja. Namun bagi para wisatawan, pemandangan matahari terbit di Situ Cihaniwung bisa menjadi yang terbaik di Bandung.

Bahkan banyak wisatawan yang sengata berkunjung ke danau ini dan membuat tenda di pinggir danau agar dapat menikmati pemandangan sunrisenya.

 

Fasilitas Situ Cihaniwung Bandung

Meskipun tergolong wisata baru, Danau Cihaniwung sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, diantaranya:

  • Area parkir
  • Musholla
  • Toilet
  • Warung makan/kopi,
  • Spot foto (sunrise & Sunset point)
  • Wahana Air
  • Area camping
  • Flying fox (Sedang Dibangun)

 

Harga Tiket Situ Cihaniwung Bandung

  • Tiket Masuk: Rp 10.000
  • Camping Ground: Rp 25.000
  • Parkir Motor: Rp 3.000
  • Perahu Bebek: Rp 15.000

 

Rute dan Alamat Situ Cihaniwung Bandung

Desa Santosa, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Wisata Alam Danau Cihaniwung terletak di sebelah barat Situ Cisanti yang merupakan titik nol kilometer Sungai Citarum.

Kamu bisa mengunjungi Danau Cihaniwung atau Desa Santosa dengan melewati rute Pangalengan dengan mengambil jalur menuju pemandian air panas Cibolang, kemudian mengikuti jalan hingga sampai di danau ini.

Selain via Pangalengan, kamu juga bisa menggunakan rute Kecamatan Ciparay dengan melewati jalur menuju Situ Cisanti di Kertasari.

Cukup mengikuti jalannya sejauh kurang lebih 20 menit, dan kamu akan sampai di wisata alam Situ Cihaniwung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post