15 Tempat Wisata Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

15 Tempat Wisata Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi post thumbnail image

Malang termasuk salah satu kota wisata yang banyak didatangi oleh mereka yang menginginkan liburan bersama keluarga, teman-teman atau pasangan. Alasannya sudah jelas, Malang memiliki berbagai wisata menari serta banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat liburanmu lebih menyenangkan.

Ada berbagai candi-candi yang menjadi saksi dan sejarah tanah Jawa, ada juga taman nasional yang indah serta pantai hingga gunung berapi yang akan memanjakan para pendakinya dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

15 Tempat Wisata Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Untuk membuat rencana liburan-mu semakin sempurna, tentunya kamu tidak ingin melewatkan tempat wisata terbaik di Malang, kan.

Oleh karena itu, AuroraXa akan memberikan rekomendasi 15 tempat wisata terbaik di Malang yang wajib kamu kunjungi serta hal menyenangkan apa saja yang bisa kamu lakukan di sana.

1. Melihat Matahari Terbit Di Atas Gunung Bromo

Gunung Bromo Wisata Terbaik di Malang

Gunung Bromo adalah tujuan wisata paling terkenal di Malang, bahkan di Jawa Timur. Tempat ini terkenal dengan matahari terbitnya yang indah dan memukau.

Pemandangan Gunung Bromo yang dikelilingi kabut saat sinar matahari memanjat cakrawala sungguh sangat mempesona. Namun disisi lain, kamu juga bisa menikmati lanskap beragam dari taman nasional ini yang akan membuat liburanmu tak terlupakan.

 

2. Mendaki Gunung Semeru

Wisata Ke Gunung Semeru

Nama gunun berapi ini sendiri diambil dari kata “Meru”, atau rumah para dewa dalam tradisi Buddha dan Hindu. Jadi kamu pasti bisa membayangkan betapa menakjubkannya Gunung ini.

Jika kamu menyukai trekking, maka Gunung Semeru adalah salah satu tempat wisata Malang yang wajib kamu kunjungi. Gunung berapi tertinggi di pualu Jawa ini dapat kamu capai dengan berkendara singkat. Namun untuk mencapai puncaknya, kamu membutuhkan waktu minimal dua malam.

 

3. Trekking ke Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu

Coban Sewu terletak di desa kecil di dataran tinggi Jawa, dua jam perjalanan ke arah timur kota Malang. Tapi hati-hati, Untuk sampai ke air terjun ini kamu perlu menuruni rangkaian tangga bambu menuju jurang yang dalam.

Medan yang dilalui akan cukup sulit, tetapi pemandangan dari dasar air terjun pasti akan sepadan dengan perjalanan yang kamu lalui.

 

4. Mencoba Tur Singkat di Hotel Tugu Malang

Lukisan Misterius di Hotel Tugu Malang

Tugu Malang termasuk hotel mewah yang berada di pusat kota Malang. Disini kamu bisa melakukan tur singkat yang memakan waktu satu jam, dan menikmati suasana layaknya di museum dengan arsitektur yang indah. Hotel ini memadukan budaya Cina, Indonesia, Arab dan Barat.

Restoran di hotel tugu malang memiliki nuansa kolonial yang megah dengan perabotan kayu yang indah. Bagian terfavorit banyak orang adalah “Endless Love Avenue” dimana tempat ini akan diterangi oleh lentera warna warni saat malam hari.

 

5. Masuki Labirin di Air Terjun Coban rondo

Labirin di Air Terjun Coban rondo

Air terjun Coban Rondo yang terletak di lereng Gunung Panderman dekat desa Pandesari, benar-benar lokasi yang asri dan menenangkan. Air terjun itu jatuh 60 meter dari tepi tebing menjadi kolam yang cukup dalam di dasarnya.

Nah, Jika kamu mengunjungi Coban Rondo, selain menikmati indahnya air terjun ini, kamu juga bisa mengunjungi sekolah gajah dan Taman Labirin. Labirin ini cukup sulit dan membingungkan, namun yang pasti kamu harus tetap tenang, karena jalan keluarnya pasti bisa kamu temukan.

 

6. Habiskan waktumu di Jatim Park

Keseruan di Jatim Park Malang

Jika kamu liburan bersama keluarga, maka Jatim Park adalah salah satu tempat terbaik di Malang yang wajib kamu kunjungi. Taman hiburan ini ditata dengan baik dan memiliki 35 wahana dan aktivitas seru yang bisa kamu coba.

Di sebelahnya juga ada Jatim Park 2, yang dimana para anak-anak dapat menikmati berbagai permainan interaktif yang canggih serta berbagai pelajaran sains yang keren.

 

7. Mampir ke Kafe Kota Malang

Kafe Madam Wang Secret Garden Malang

Malang memiliki cuaca yang bagus dan suasana yang sejuk. Jadi jika kamu memutuskan untuk menghabiskan satu hari liburanmu di kota, maka pastikan untuk pergi ke kafe-kafe keren yang ada di sana. Berbagai kopi nikmat, hidangan super lezat dan dekorasi yang instagramable dapat kamu temukan dengan mudah di sekitaran kota Malang.

 

8. Bersantai di Pantai Balekambang

Kunjungi Pantai Balekambang di Malang

Balekambang terletak 70 km dari Malang. Dengan hamparan pasir putih indah yang membentang bermil-mil jauhnya, pantai ini merupakan salah satu permata tersembunyi di Jawa Timur. Tepat di depan Pantai Balekambang ada sebuah pulau kecil dengan Pura Hindu yang dibangun di atasnya. Pura ini akan mengingatkanmu pada Tanah Lot di Bali.

 

9. Wisata Kuliner di Kota Malang

Wisata Kuliner di Kota Malang

Malang terkenal di Jawa dengan makanan khasnya yang super lezat. Jadi pastikan wisata kuliner menjadi salah satu tujuanmu liburan di Malang. Jajanan pinggir jalan kota Malang adalah salah satu rekomendasi yang wajib kamu coba, mulai dari Bakso bakwan Malang, Cwie Mie, hingga Angsle akan memanjakan lidahmu dengan pengalaman yang tak terlupakan.

 

10. Berkunjung ke Candi Singosari

Candi Singosari Malang

Candi Singosari adalah candi Hindu Budha yang terletak di desa Candirenggo. Luas kompleks candi ini 200 × 400 meter dan terdapat beberapa candi di dalamnya. Di sudut barat laut kompleks candi terdapat sepasang patung batu berukir rumit yang masing-masing setinggi hampir 4 meter dan dikatakan sebagai para penjaga candi ini.

 

11. Kunjungi Museum Angkut

Museum Angkut Malang

Museum Angkut atau Museum Transportasi yang baru dibuka pada Maret 2014 dan menjadi wisata utama di Malang. Museum Angkut memiliki koleksi lebih dari 300 kendaraan dan 70% masih berfungsi dengan baik.

Setiap koleksi ditampilkan berdasarkan negara atau zona, misalnya: zona untuk Italia, Prancis, Inggris, Chinatown, dan banyak lagi. Dan yang paling populer adalah zona Batavia dimana kamu bisa melihat dan bernostalgia dengan Jakarta zaman dulu.

 

12. Jelajahi Candi Sumberawan

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan terletak di sebelah Timur Laut Malang di kaki bukit Gunung Arjuna. Candi untuk umat Buddha ini dibangun pada akhir abad ke-14. Pemukiman terdekat ke candi juga disebut Sumberawan. Untuk mencapai candi dari desa kamu perlu melakukan perjalanan melalui sawah yang terbentang luas dan menyeberangi sungai.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa kolam alami yang ada di dalam candi memiliki khasiat penyembuhan dan banyak orang datang kesana untuk mandi di kolam tersebut.

 

13. Mengunjungi Candi Jago

Wisata ke Candi Jago Malang

Candi Jago, atau Candi Jajaghu, sebenarnya adalah situs pemakaman. Candi ini diyakini sebagai tempat pemakaman terakhir Raja Wisnuwardhana, dari Kerajaan Singosari, yang memerintah daerah itu pada pergantian abad ke-14. Candi yang terletak 22 km sebelah timur Kota Malang ini ada di dusun dengan nama yang sama.

 

14. Datang ke Candi Kidal

Candi Kidal di Malang

Candi Kidal terletak 24 km di sebelah Timur Kota Malang di desa Rejo Kidal. Ini adalah kuil Hindu yang berasal dari abad ke-12. Candi Kidal merupakan limas bertingkat yang berbentuk bujur sangkar. Candi ini memiliki tinggi hingga 17 meter, dan tertanam sedalam 5 meter dari permukaan.

 

15. Bersantai di Pantai Malang

Indahnya Pantai Goa Cina Malang

Selain pantai Balekambang, masih banyak pantai indah lainnya yang bisa kamu kunjungi di Malang. Pantai Watu Leter dan Pantai Goa Cina adalah dua contohnya terbaiknya, keduanya berjarak dua jam perjalanan dari kota Malang.

Kedua pantai tersebut berdekatan satu sama lain, dan terletak di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Kedua pantai ini biasanya ramai dikunjungi penduduk setempat di akhir pekan.

Malang memang menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Dengan berbagi pilihan wisata dan atraksi yang tersedia, kamu dijamin tidak akan puas hanya dengan beberapa hari saja berada di sana.

Jadi sebaiknya kamu mengunjungi rekomendasi 15 tempat wisata terbaik di Malang yang ada di atas lalu setelah itu kamu bisa mencoba menjelajah lebih dalam lagi dan menemukan berbagai keindahan mempesona lainnya dari kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post