10 Tempat Terbaik Untuk Melihat Aurora

10 Tempat Terbaik Untuk Melihat Aurora post thumbnail image

Jika kamu adalah seorang fotografer yang menyukai fotografi lanskap atau wisatawan yang ingin menyaksikan Aurora sang Cahaya Utara, maka kamu haru tahu dimana tempat terbaik untuk melihat Aurora yang menakjubkan.

Dua hari lalu, badai matahari memulai tampilan alamnya yang menakjubkan dan sulit dipahami, yaitu Cahaya Utara atau Aurora Borealis. Fenomena cahaya kaleidoskopik ini paling sering terlihat di kawasan Kutub Utara. Sebenarnya ada juga saudaranya sang Cahaya Selatan, atau Aurora Australis di Antartika, hanya saja disana penonton utamanya adalah Penguin.

Bagaimana Cahaya Utara atau Aurora Terbentuk

Cahaya utara dibentuk oleh partikel bermuatan listrik yang bergerak cepat dan dipancarkan dari matahari selama badai matahari. Partikel-partikel ini didorong ke arah Kutub Bumi oleh medan magnetnya, dan warnanya yang berbeda adalah hasil dari berbagai gas di atmosfer bumi.

Cahaya utara muncul pada siklus 11-tahun matahari, dan kabar Buruknya adalah peluang untuk melihat cahaya utara yang menakjubkan ini diperkirakan akan semakin langka setiap tahun hingga 2025.

 

Tempat Terbaik Untuk Melihat Aurora

Menyaksikan Aurora adalah salah satu tujuan dari banyak orang yang rela menunggu hingga bertahun-tahun bahkan seumur hidup. Jadi untuk kamu yang tak mau kehilangan kesempatan untuk melihat indahnya Cahaya Utara ini, kamu bisa segera membuat rencana liburan dengan mengunjungi 10 tempat terbaik untuk melihat Aurora berikut ini.

1. Abisko, Swedia

Melihat Aurora di Abisko Swedia

Terbukti secara ilmiah sebagai tempat yang paling ideal untuk menyaksikan Cahaya Utara, Abisko, Swedia menempati urutan teratas karena iklim mikronya yang unik. Iklim di sini berbeda dari daerah sekitarnya karena adanya Danau Torneträsk sepanjang 43 mil.

Danau tersebut membantu menciptakan “Blue Hole of Abisko” yang terkenal, yaitu sebuah area yang tetap bersih dari awan tidak peduli bagaimana kondisi cuaca di sekitarnya. Pegunungan Kiruna juga mengatur pemandangan dengan langit yang jernih, puncak yang tertutup salju dan udara pegunungan yang bersih.

Cahaya Utara di sini akan menunjukkan diri dalam bentuk tirai, spiral, busur atau korona

 

2. Luosto, Finlandia

Luosto, Finlandia Tempat Terbaik Melihat Cahaya Utara

Pemandangan di sekitar Luosto sangat sempurna untuk mendapatkan pemandangan Cahaya Utara yang jelas. Tempat ini kecil, tetapi memiliki banyak hal yang ditawarkan. Atraksi utamanya adalah kawasan hutan liar dan belum tersentuh serta tambang Amethyst-nya.

Di Luosto, lengkungan Grand Aurora menyebar dari satu sisi cakrawala ke sisi lainnya. Pada malam yang cerah, di dekat danau terbesar ketiga Finlandia, Danau Inari, kamu kemungkinan besar akan melihat kilauan cahaya Aurora di langit. Jika kamu menyukai permainan ski dan mobil salju ditemani dengna inahnya Cahaya Utara, maka Luosto adalah tempat yang patut dikunjungi!

 

3. Islandia

Melihat Aurora yang Menakjubkan di Islandia

Di Islandia, kamu dapat menyaksikan Aurora Borealis hampir dari mana saja di negara ini. Islandia juga memiliki pantai dengan Cahaya Utara yang sangat spektakuler jika kamu pergi pada malam yang tepat.

Taman Nasional Pingvellir menawarkan malam yang lebih gelap daripada daerah lain di negara ini dan memberi kamu pengalaman magis di mana seluruh langit nampak seperti menari tepat di atas kepalamu.

Danau terbesar di Islandia juga berada di sana, dan jika kamu berpikir tentang mendapatkan foto yang menakjubkan sebagai kenangan dan instagram-mu? maka Islandia adalah tempat terbaik yang bisa kamu dapatkan.

 

4. Siberia, Rusia

Melihat Aurora di Seberia, Rusia

Rusia Utara memberimu kesempatan yang memadai untuk menyaksikan Cahaya Utara. Jika kamu dapat mengatasi suhu di bawah titik beku pada musim dingin Siberia, maka tampilan Aurora yang menakjubkan di langit menantimu.

Siberia memiliki tingkat polusi cahaya yang sangat rendah dan memiliki malam yang gelap dan panjang. Sabuk aurora tempat gas matahari bertabrakan dengan medan magnet bumi juga melewati area tersebut. Gabungan ketiga alasan ini menjadikan Siberia tempat yang sempurna untuk melihat keindahan Aurora yang tak terlupakan.

 

5. Fairbanks, Alaska

Cahaya Utara di Fairbanks, Alaska

Tempat yang paling bisa diandalkan di Alaska adalah Fairbanks. Fairbanks berada di bawah Aurora Ovalm yaitu tempat Aurora paling sering terlihat. University of Alaska juga memperkirakan kapan Aurora akan muncul, sehingga akan membantu menjadwalkan perjalanan liburanmu ke Alaska.

Menurut Biro Pengunjung Fairbanks, jika kamu mengunjungi Fairbanks setidaknya selama tiga hari antara September dan Maret, maka kesempatan-mu untuk menyaksikan fenomena spektakuler Aurora dapat mencapai 80 persen

 

6. Alberta, Kanada

Alberta Aurora

Area di dekat Danau Superior dan area lain di Alberta Utara adalah tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena surealis Aurora. Dua cagar alam terbesar di dunia, Wood Buffalo dan Taman Nasional Jasper juga terletak di Alberta.

Melihat Cahaya Utara di Kanada sama seperti kamu duduk di kursi depan sebuah pertunjunkan alam terbesar di dunia. Selain menikmati keindahan langitnya, kamu juga dapat melakukan perjalanan dengan mobil salju ata mencoba naik kereta luncur.

Liburan di Kanada, apapun rencana kamu di sana, kamu selalu dapat bertaruh bahwa itu akan menjadi liburan terbaikmu dengan perjalanan yang luar biasa.

 

7. Tromsø, Norwegia

Menyaksikan Aurora di Tromsø

Lokasi Norwegia di atas Lingkaran Arktik menjadikannya salah satu tempat terkemuka untuk menyaksikan Cahaya Utara. Tromsø, yang terletak di oval Cahaya Utara, selalu memberi para turis peluang bagus melihat Cahaya Utara terlepas dari siklus matahari.

Tromsø memiliki konektivitas yang sangat baik dengan layanan penerbangan sehingga lebih mudah diakses dari seluruh dunia. Tromsø juga memiliki iklim pantai yang lebih sejuk sehingga membuatnya lebih menjadi salah satu tempat wisata Norwegia yang paling banyak dikunjungi.

 

8. Kulusuk, Greenland

Indahnya Aurora di Kulusuk Greenland

Greenland adalah daerah yang lebih cepat melihat malam daripada bagian dunia lainnya, dan Cahaya Utara yang menakjubkan biasanya langsung terlihat segera setelah hari gelap.

Nah, Jika kamu ingin melihat fenomena Aurora tanpa risiko terkena radang dingin, ataupun melakukan hiking ke alam liar yang melelahkah, maka Greenland harus menjadi tujuan pertama dalam daftar liburanmu.

 

9. Aberdeen, Skotlandia

Cahaya Utara di Aberdeen Skotlandia

Bagian dari The British Isles, Skotlandia dikenal dengan cuaca berkabut, mendung dan badai sehingga tidak ideal untuk mengamati langit malam. Tapi kejadian langka ketika tutupan awan menghilang selama musim dingin sesekali terjadi dan menjadikan Skotlandia sebagai tempat yang wajib kamu kunjungi untuk menyaksikan Cahaya Utara.

 

10. Kepulauan Faroe, Denmark

Cahaya Utara di Faroe Denmark

Terletak di utara Skotlandia, Denmark juga meniru kondisi cuaca di Kepulauan Inggris. Denmark juga bisa menjadi tempat menyaksikan pertunjukan cahaya yang memukau saat cuaca mendukung.

Terkenal karena Puffins-nya, ada 18 pulau di mana kamu bisa melihat Aurora salkan kondisi cuacanya tepat, Kepulauan Faroe adalah salah satu tempat yang tepat untuk menyaksikan Cahaya Utara dengan anggaran yang terbatas.

 

Waktu Terbaik Untuk Melihat Aurora

Menurut survey, bulan-bulan ideal untuk menyaksikan Aurora yang menakjubkan adalah akhir Agustus hingga pertengahan April.J

Jadi setelah semua “perang” kita melawan virus ini berakhir, segera rencanakan liburan terbaikmu menuju 10 tempat terbaik untuk melihat Aurora di atas, dan dapatkan pengalaman menakjubkan yang takkan terlupakan hingga akhir hidupmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post