25 Hal Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Lombok

25 Hal Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Lombok post thumbnail image

Banyak turis yang datang ke Indonesia mencari liburan pantai biasanya memilih untuk mengunjungi tempat wisata terbaik di Bali. Padahal hanya dengan beberapa jam menaiki kapal feri, kamu bisa pergi ke tempat yang tidak kalah indah namun dengan lebih sedikit keramaian, yaitu Lombok.

Lombok menyediakan berbagai wisata dan atraksi yang juga menakjubkan seperti pantai pasir putih yang indah, laut yang masih bersih, dan kesempatan untuk merasakan pengalaman snorkeling atau menyelam terbaik yang wajib kamu coba.

Bosan dengan suasanan pantai? Lombok juga merupakan rumah dari Gunung Rinjani yang sangat terkenal, jadi buat kamu yang suka trekking, puncak gunung berapi ini bisa menjadi agenda utama liburanmu.

25 Hal Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Lombok

Lombok menawarkan suasana kehidupan yang lebih lambat dan santai, ini adalah sesuatu yang cukup sulit kamu temukan di Bali. Selain itu, banyak hal bisa kamu lakukan di Lombok untuk membuat liburanmu semakin berkesan. Jadi ketika kamu sedang berlibur di pulau ini, jangan lupa untuk melakukan 25 Hal Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Lombok berikut ini.

1. Pesta di Gili Trawangan

Berpesta di Gili Trawangan

Gili Trawangan dikenal sebagai yang terbesar dari tiga pulau Gili utama dan juga yang paling berkembang. Meskipun demikian, disini belum ada jalan beraspal sehingga satu-satunya cara untuk berkeliling adalah dengan menaiki kuda atau bersepeda.

Meskipun terlihat kurang disisi pembangunan dan infrastrukturnya, namun Gili Trawangan terkenal akan kehidupan malam yang meriah dengan bar pantai yang siap menemanimu berpesat hingga larut malam. Kamu juga bisa menemukan berbagai tempat dengan live musik, serta klub dengan lantai dansanya.

Di siang hari, kamu juga bisa menikmati keindahan Gili Trawangan berupa pantai yang masih putih bersih dan air laut jernih yang sangat cocok untuk snorkeling atau diving.

 

2. Bersantai di Gili Air

Bersantai di Gili Air

Gili Air adalah yang terbesar kedua dari tiga pulau Gili utama dan merupakan pilihan yang tepat jika kamu menginginkan sesuatu yang sedikit lebih tenang daripada Gili Trawangan yang lebih populer.

Gili Air juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyelam karena jarang pandangnya yang luar biasa jernih. Kamu bisa menemukan berbagai taman karang cantik di lepas pantai, penyu yang lucu dan ikan pari yang anggun.

 

3. Snorkeling di Gili Meno

Snorkeling di Gili Meno

Gili Meno adalah pulau Gili terkecil dan sangat disukai oleh mereka yang liburan bersama keluarga di Lombok dan mencari suasana pantai yang menyenangkan. Gili Meno juga salah satu rekomendasi untuk para pasangan yang berbulan madu dan ingin menghabiskan suasana tenang di atas pasir putih yang indah dan romantis.

Kamu bisa menemukan beberapa pantai kecil di sini yang sangat pas untuk mencoba snorkeling di Lombok. Kehidupan laut yang berlimpah di perairan ini akan memberikanmu pengalaman keren untuk melihat kehidupan laut seperti penyu dan kawan-kawannya.

 

4. Jelajahi Gili Layar

Jelajahi Gili Layar Lombok

Kepulauan Gili di lepas pantai Lombok semakin terkenal sebagai tujuan liburan di Indonesia, tetapi ini biasanya hanya mencakup Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Sebagian besar orang tidak ada bahkan tidak mengetahui tentang Gili Layar, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai “Gili Rahasia”. Pulau ini terletak di laut di sebelah barat tiga pulau Gili utama dan memiliki suasana tenang yang benar-benar jauh dari keramaian.

Penduduk setempat juga akan memberitahumu bahwa beberapa pengalaman snorkeling terbaik di Lombok bisa ditemukan di lepas pantai Gili Layar.

 

5. Kunjungi Pantai Semeti

Kunjungi Pantai Semeti Lombok

Hal Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Lombok selanjutnya adalah mengunjungi salah satu pantai populer Lombok lainnya, yaitu Pantai Semeti yang terkenal dengan formasi vulkaniknya yang mempesona.

Pantai ini ditutupi oleh bebatuan vulkanik yang dari waktu ke waktu terus diukir secara alami oleh ombak sehingga membentuk serangkaian kolam kecil, teluk, dan ceruk, serta beberapa lubang tiup yang cantik.

Terlepas dari pemandangannya yang luar biasa indah, Pantai Semeti sering tidak dikunjungi oleh wisatawan yang liburan ke Lombok, karena akses dan medan yang cukup sulit untuk dilalui. Jadi jika kamu ingin menemukan permata alam yang tersembunyi ini, pastikan untuk mempersiapkan mental dan tenaga ekstra.

6. Jelajahi Kuta Lombok

Jelajahi Kuta Lombok

Pertama-tama, kamu harus tahu bahwa Kuta di Lombok berbeda dengan Kuta di Bali. Tidak seperti saudaranya yang lebih terkenal tersebut, Kuta di Lombok lebih kecil dan lebih tenang serta memiliki beberapa pantai cantik yang berada di dekat kota ini.

Cara terbaik untuk menjelajahi Kuta Lombok adalah dengan menyewa sepeda motor dan kemudian berjalan di sepanjang pantai, lalu berhenti di teluk-teluk kecil yang indah. Jangan lupa juga untuk mengambil beberapa foto yang pastinya akan keren jika kamu pajang di instagram-mu.

Dan jika kamu memutuskan untuk berjemu di salah satu pantainya, jangan lewatkan minuman kelapa segar yang dapat kamu beli di warung-warung pinggir jalan di sana.

 

7. Berjemur di Pantai Selong Belanak

Berjemur di Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak terletak di Lombok Selatan dan merupakan salah satu pantai tercantik di pulau ini.

Dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali yang banyak di antaranya penuh dengan keramaian, Pantai Selong Belanak akan mengizinkanmu untuk bersantai di sepanjang teluk yang indah dan terdiri dari hamparan pasir emas yang bersih.

Kamu juga akan menemukan beberapa warung lokal yang menyediakan mie rebus dan kelapa segar untuk menemani waktu santaimu, dan ini adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan di Lombok

 

8. Wisata Kepulauan Sekotong

Wisata Kepulauan Sekotong

Lombok adalah sebuah pulau tersendiri tetapi juga dikelilingi oleh segudang pulau kecil lainnya yang menawarkanmu kesempatan untuk melihat surga tropis.

Rantai Pulau Sekotong adalah kumpulan pulau-pulau kecil yang dapat dikunjungi dalam sehari dari pulau utama Lombok, dan pulau-pulau tersebut belum seterkenal Kepulauan Gili yang berdekatan, jadi ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menemukan permata alam indah yang tersembunyi.

 

9. Berjemur di Senggigi

Liburan di Senggigi Lombok

Sebagian tempat wisata Lombok akan mengingatkamu bagaimana Bali 20 tahun yang lalu sebelum diserbu oleh para turis. Salah satu daerah tersebut adalah Senggigi yang merupakan salah satu bagian wisata terbaik di lombok.

Ada berbagai restoran dan kafe yang bisa kamu temukan di Senggigi yang menghidangkan beberapa makanan dan minuman untuk teman bersantaimu. Meskipun sudah ada beberapa hotel dan resort yang berdiri di sini, kamu masih bisa merasakan suasana santai dan menikmati keindahan pulau.

 

10. Snorkeling di Pink Beach

Kunjungi Pink Beach Lombok

Pantai Pink adalah julukan untuk Pantai Tangsi di Lombok. Dikatakan sebagai ‘Pantai Merah Muda’ karena memang pasirnya yang berwarna seperti itu, meskipun kamu memerlukan sedikit usaha untuk melihat warna merah muda tersebut.

Salah satu daya tarik utama di Pink Beach adalah terumbu karang yang terletak di lepas pantai, jadi jika kamu penyuka snorkeling, kamu bisa langsung menyelam ke dalam air dan menikmati semua warna-warni kehidupan laut di sana.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Tangsi termasuk bermain kano di sekitar teluk terlindung yang sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mencari petualangan lebih seru.

 

11. Jelajahi Taman Air Narmada

Taman Air Narmada

Taman Air Narmada sebenarnya bukanlah taman hiburan tetepi lebih mirip sebagai istana air. Taman ini dibangun pada tahun 1727 di bawah bimbingan orang bijak dari Raja Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem dan dipandang sebagai tempat peristirahatan agama dan spiritual yang penting oleh umat Hindu.

Pastikan untuk melihat arsitektur yang menakjubkan di sini karena taman ini dibangun untuk mencerminkan bentuk Gunung Rinjani yang merupakan puncak tertinggi di Lombok dan juga dianggap sebagai gunung yang sakral.

Taman ini dikelilingi oleh taman rimbun yang sempurna untuk berjalan-jalan sore karena terdapat mata air alami yang mengairi pohon-pohon di sini. Taman Air Narmada tidak semegah beberapa taman air terkenal di Bali, tetapi sangat layak dikunjungi jika kamu ingin melihat beberapa arsitektur kuno di Lombok.

 

12. Trekking ke Air Terjun Tiu Kelep

Wisata Lombok Air Terjun Tiu Kelep

Lombok terkenal dengan air terjunnya yang cantik, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun indah yang mengalir deras ini dapat ditemukan di utara pulau lombok dan dikelilingi oleh hutan zamrud yang indah.

Air terjun ini terletak di Desa Senaru dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga satu jam tergantung seberapa cepat kamu berjalan. Rute ini akan membawamu melewati aliran sungai yang mengalir di hutan dan kamu juga dapat melihat flora dan fauna lokal di hutan selama perjalanan ke air terjun.

Air terjun yang jatuh dari ketinggian 45 meter ini akan membuatmu merasakan kabut dingin dari perairannya ketika menikmati pemandangan yang menakjubkan di dasarnya.

 

13. Kunjungi Tempat Peternakan Mutiara

Melihat Peternakan Mutiara Autore

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa Lombok terkenal dengan peternakan mutiaranya, dan ini adalah bisnis besar di daerah tersebut, dengan beberapa mutiara tercantik di Asia Tenggara dibudidayakan di sini.

Satu tempat di mana kamu bisa melihat mutiara yang indah adalah Peternakan Mutiara Autore dan ada beberapa tur yang memang disediakan untuk para wisatawan yang akan memberitahumu tentang segala yang ingin kamu ketahui mengenai budidaya mutiara.

Ada juga showroom dimana kamu bisa membeli beberapa produk mutiara dan mendukung usaha budidaya mutiara lokal di Lombok ini.

 

14. Lihat pemandangan dari Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan Lombok

Jika kamu tidak ingin mendaki Gunung Rinjani, kamu bisa mempertimbangkan untuk mendaki ke Bukit Pergasingan yang merupakan bukit dengan ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut. Bukit dan titik pengamatan terletak di Desa Simbalun dan daya tarik utama di sini adalah pemandangan sekitarnya yang mengakjubkan.

Dari Bukit Pergasingan, kamu dapat melihat ke hamparan ladang di bawah yang memiliki berbagai warna berbeda dan merupakan salah satu pemandangan tercantik di Lombok.

 

15. Mendaki Gunung Rinjani

Mendaki Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang gagah mungkin adalah daya tarik paling terkenal di Lombok dan bagi banyak pengunjung inilah adalah alasan utama untuk datang ke sini. Gunung Rinjani bukan sekedar gunung tetapi merupakan gunung berapi yang masih aktif, sekaligus menjadi gunung berapi terbesar kedua di Indonesia.

Salah satu daya tarik utama di sini adalah perjalanan ke kawah di puncak,  yang dimana kamu bisa menikmati danau biru serta pemandangan Lombok yang lebih luas dan menakjubkan. Ada berbagai trek berbeda yang dapat kamu pilih, dan rata-rata memakan waktu beberapa hari untuk sampai ke puncaknya.

Banyak pengunjung di Lombok mengatakan bahwa mendaki ke puncak Gunung Rinjani adalah salah satu pengalaman terbaik yang bisa didapat di Indonesia, tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa perjalanan menuju puncak Rinjani cukup berat dan kamu harus dalam kondisi yang benar-benar baik sebelum memutuskan untuk memulainya.

 

16. Berkemah di Danau Segara Anak

Berkemah di Danau Segara Anak

Jika kamu akan mendaki Gunung Rinjani maka salah satu tempat utama untuk berhenti di tengah perjalanan adalah Danau Segara Anak. Danau ini terletak di kaledra di puncak Rinjani dan dikelilingi oleh vegetasi yang subur sehingga menjadi pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Kamu dapat berkemah di danau semalaman dan menikmati air biru kehijauan yang indah ditemani oleh bintang-bintang yang terlihat jelas di tepi danau saat malam tiba.

 

17. Menikmati Pemandian Aik Kalak

Pemandian Aik Kalak Gunung Rinjani Lombok

Untuk kamu yang memutuskan mendaki Gunung Rinjani di Lombok, maka pastikan kamu singgah di Pemandian Air Panas Aik Kalak, yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kemah utama Gunung Rinjani.

Aik Kanak terletak dekat dengan Danau Segara Anak yang menakjubkan dan tidak ada cara yang lebih baik untuk merayakan jerih payah pendakianmu dan menghilangkan rasa pegal dan lelas di mata air panas ini.

Perairan di sini dikatakan memiliki khasiat obat karena kandungan mineral vulkaniknya yang tinggi, jadi jika kamu ingin merasakan pengalaman pendakian yang menenangkan, inilah tempat yang wajib untuk dikunjungi.

 

18. Mengunjungi Desa Tetebatu

Mengunjungi Desa Tetebatu Lombok

Desa Tetebatu dalam beberapa hal cukup mirip dengan Ubud di Bali. Desa ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan suasana baru selain pantai. Desa dengan keindahan alam yang asri ini terletak di antara persawahan hijau dan hutan lebat Lombok Timur.

Desa ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya masyarakat asli Lombok, yang disebut Sasak. Kamu juga dapat mengetahui tentang teknik kerajinan tangan tradisional di daerah ini dan membeli beberapa suvenir pada saat yang bersamaan.

 

19. Trekking ke Air Terjun Benang Kelambu

Wisata Terbaik Lombok Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu berdiri di ketinggian lebih dari 20 meter dan airnya menyembur dari atas tebing sebelum menabrak kolam di bawahnya. Air terjun ini juga ditumbuhi tanaman hijau yang indah dengan pemandangan yang sangat mempesona,

Kamu juga bisa berenang di kolam alami di dasar Benang Kelambu dan juga masuk ke tirai air yang sangat keren untuk diabadikan ke instagram-mu. Jika kamu sudah bosan melihat banyak pantai di Lombok maka ini bisa menawarkan alternatif liburan yang menyenangkan.

 

20. Mengunjungi Desa Sukarara

Desa Sukarara Penghasil Tekstil Lombok

Banyak pengunjung Lombok yang mungkin tidak menyadari bahwa pulau ini memiliki industri tekstil yang berkembang pesat. Banyak tekstil buatan Lombok yang ditenun dengan tangan dan ini termasuk tenun ikat yang dibuat oleh laki-laki dan tenun songket yang dibuat oleh perempuan dan biasanya bertatahkan emas dan perak.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat industri tenun Lombok adalah di Desa Sukarara yang terletak di bagian selatan pulau dan kamu dapat mengikuti lokakarya tenun tradisional di sini serta mempelajari dengan tepat bagaimana potongan tradisional dibuat.

Kamu juga bisa membeli beberapa potong yang bisa menjadi suvenir yang bagus.

 

21. Mendaki di Tanjung Ringgit

Destinasi Tanjung Ringgit Lombok

Jika kamu suka hiking maka pastikan untuk tidak meninggalkan Tanjung Ringgit dari rencana liburan terbaikmu, karena ini adalah salah satu tempat trekking terbaik di pulau Lombok.

Terletak di selatan Lombok, Tanjung Ringgit tertutup oleh ladang yang subur dan kamu dapat menikmati pemandangan yang membentang di seberang lautan.

Tentu saja kamu juga dapat melihat Gunung Rinjani yang menjulang tinggi di latar belakangnya dan saat kamu melakukan perjalanan di sepanjang garis pantai, kamu mungkin akan cukup beruntung untuk melihat satu atau dua penyu terombang-ambing di laut.

Saat kamu menyusuri tebing di sini, pastikan juga untuk mencari tempat meriam yang ditinggalkan dan bunker yang berasal dari masa Perang Dunia Kedua yang ditinggalkan oleh Jepang.

 

22. Trekking ke Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti Destinasi Utama Lombok

Air Terjun Mangku Sakti adalah salah satu yang paling mengesankan di Lombok dan sebenarnya merupakan sejumlah sungai yang bergabung bersama untuk mengalir ke jurang yang indah.

Perjalanan ke air terjun akan memberikanmu pengalaman yang penuh petualangan tersendiri karena kamu harus berjalan di serangkaian jalur kecil dan berliku melalui hutan, tetapi pemandangan yang menantimu di ujung perjalanan akan menghilangkan semua rasa lelahmu.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak seperti kebanyakan air terjun lain di Lombok, kamu harus berhati-hati jika ingin berenang karena arus yang deras terlebih lagi jika sedang hujan.

 

23. Wisata ke Desa Beleq

Desa Beleq Desa Adat Lombok

Siapa pun yang ingin belajar lebih banyak tentang budaya tradisional Sasak harus mengunjungi Desa Beleq yang merupakan salah satu dari banyak desa lokal asli Lombok.

Desa Beleq sebenarnya berasal dari abad ke-14 yang artinya memiliki sejarah panjang yang tak ternilai. Kamu dapat menemukan berbagai rumah tradisional Sasak serta balai desa dan beberapa gazebo khas Lombok yang disebut Berugak.

Salah satu hal yang paling menarik tentang desa ini adalah desa ini tidak banyak berubah selama puluhan tahun, meskipun desa ini mejadi objek wisata yang bertujuan untuk mengajarkan para pengunjung tentang cara hidup tradisional Sasak.

 

24. Kagumi Ombak di Tanjung Poki

Kerennya Ombak di Tanjung Poki

Tanjung Poki dikenal dengan pemandangannya yang indah dan di sinilah kamu akan menemukan salah satu fenomena alam paling menakjubkan di Lombok.

Daerah tersebut terdiri dari pemandangan terjal dan bebatuan yang telah diukir oleh laut sehingga meninggalkan beberapa lubang seperti pukulan besar di tempatnya. Saat air pasang tinggi, air mengalir masuk dan menciptakan letusan besar melalui lubang-lubang tersebut.

Dan walaupun kamu harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan lubang-luban itu, kamu juga tidak boleh melewatkan salah satu pemandangan alam paling mengesankan di Lombok ini.

 

25. Kunjungi Taman Nasional Gunung Tunak

Taman Nasional Gunung Tunak

Taman Nasional Gunung Tunak adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi di Lombok jika kamu ingin mendapatkan pemandangan lokal yang fantastis dan menikmati keindahan pulau.

Taman ini memiliki sejumlah jalur termasuk trek sepanjang tiga kilometer yang akan membawamu menyusuri garis pantai ke mercusuar tua yang berdiri di sisi tebing.

Ada juga platform pengamatan terkenal di bagian Taman Wisata Alam yang terlihat seperti menara transmisi, kamu juga dapat memanjat strukturnya dan melihat keseluruhan Lombok dari atas sana.

Itulah 25 Hal Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Lombok untuk membuat liburanmu semakin menyenangkan. Meskipun tempat wisata Lombok tidak sepopuler wisata Bali, namun keindahan alam yang ditawarkan pulau ini tidak kalah menakjubkan dan pastinya akan masuk ke dalam daftar destinasi favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post