14 Street Food di Thailand Yang Lezat dan Bikin Ngiler

14 Street Food di Thailand Yang Lezat dan Bikin Ngiler post thumbnail image

Setiap destinasi di dunia hadir dengan pengalamannya sendiri dan begitu juga di Thailand. Kita semua mungkin pernah mencicipi makanan Thailand di beberapa restoran di Indonesia, tetapi merasakan makanan khas mereka langsung di negaranya sendiri adalah sensasi yang berbeda.

Thailand adalah surganya pencinta makanan dan bagian terbaiknya adalah Street Food , makanan jajanan pinggir jalan yang terjangkau selalu dekat dari mana-mana di negara ini. Seandainya kamu belum kenyang saat siang hari, maka ada pasar malam yang melimpah untuk memuaskan nafsu makanmu yang ganas itu.

14 Street Food di Thailand Yang Harus Kamu coba

Jika kamu berencana berkunjung ke Thailand, mencicipi street food di tengah-tengah penduduk setempat adalah elemen penting dari budaya mereka. Bangkok adalah salah satu pusat makanan paling terkenal di negara ini dan menyajikan berbagai hidangan Thailand klasik dan modern yang diminati oleh penduduk setempat dan para wisatawan.

Dan berikut ini ada 14 Street Food di Thailand yang pasti bikin kamu ngiler, lengkap dengan tempat terbaik untuk mencoba jajanan pinggir jalan di Thailand yang paling populer.

1. Som Tam: Salad Pepaya Hijau

Som Tam Street Food di Thailand

Satu-satunya hidangan yang akan kamu temukan di hampir setiap gerobak jajanan pinggir jalan di Thailand adalah Som Tam. Hidangan populer Thailand ini merupakan paduan sempurna antara manis, asam, dan pedas, salad ini berbahan dasar pepaya hijau.

Som Tam bisa sangat pedas, tetapi kamu bisa meminta versi yang lebih lembut dengan sedikit cabai.

Buahnya mentah dan diparut, lalu dicampur dengan gula, air jeruk nipis, cabai, udang, kacang tanah, dan sayuran seperti tomat dan kacang hijau untuk membuat campuran yang berair dan menggugah selera. Street Food di Thailand ini benar-benar harus dicoba!

Tempat terbaik untuk mencoba: Soi 19 di Udomsuk Road di Bangkok, Somtum Der on Silom di Bangkok, dan Cherng Doi di Chiang Mai.

 

2. Pad Thai: Mie Tumis

Pad Thai Jajanan Pinggir Jalan Thailand

Salah satu penemuan kuliner populer Thailand lainnya adalah Pad Thai yang menggiurkan. Dan makanan ini dinobatkan sebagai hidangan nasional negara Thailand tentunya karena suatu alasan!

Mie tumis yang ditumis dengan berbagai sayuran, pilihan daging, dan tambahan seperti bubur asam, kacang tumbuk, telur, tauge, dan jeruk nipis. Hidangannya murah dan mengenyangkan, dan juga cukup sehat. Kamu juga bisa mendapatkan Pad Thai versi vegetarian dengan tahu, yang tidak kalah enaknya.

Tempat terbaik untuk mencoba: Thipsamai Pad Thai di Maha Chai Road, dan Pad Thai Goong Sod Nai Sa Nga di Surawong; keduanya berada di Bangkok.

 

3. Sate Thailand

Pad Thai Jajanan Pinggir Jalan Thailand

Saat kamu berjalan-jalan di Thailand, Kamu akan menemukan banyak orang yang membawa makanan diperjalanan mereka, dan Street Food di Thailand yang populer untuk dibawa pulang ini adalah sate.

Tidak seperti di Indonesia yang bisanya hanya menggunakan daging ayam, sate yang ada di jajanan pinggir jalan Thailand ini memiliki banyak variasi pilihan mulai dari ayam, babi, sapi, kerbau, bakso ikan, dan usus yang disajikan dengan saus kacang.

Moo Ping atau sate babi panggang adalah salah satu hidangan lokal yang lebih populer. Berbagai macam saus pedas dioleskan di atas daging saat dipanggang, membuatnya menjadi lebih menggiurkan untuk segera dinikmati.

Setiap pedagang street food di Thailand biasanya memiliki bumbu yang berbeda-beda namun rata-rata semua rasanya adalah perpaduan dominan antara manis dan pedas

Tempat terbaik untuk mencoba: Warung di sudut Soi Convent dan Silom Soi 4, Chong Kee di Chinatown; keduanya di Bangkok.

 

4. Guay Teow: Mie Sup

Pad Thai Jajanan Pinggir Jalan Thailand

Makanan jalanan yang umum dan mudah dimakan adalah Guay Teow atau Noodle Soup. Bahan utamanya tentu saja mie namun dengan tambahan yang lebih bervariasi. Nasi atau mie telur disajikan dalam kaldu kental beraroma dengan daging, pangsit atau sayuran.

Komponen standar yang diberikan adalah cabai, air jeruk nipis, gula pasir, dan kecap ikan. Sangkin lezatnya, jangan lupa untuk mengunyahnya terlebih dahulu saat kamu mencoba hidangan ini.

Guay Teow adalah salah satu masakan Thailand yang paling bisa disesuaikan selera. kamu dapat memilih semuanya mulai dari jenis dan lebar mie hingga bumbu.

Tempat terbaik untuk mencoba: Mie Sawang di Bangkok, Toko Mi Ko Yoon di Phuket, Toko Mi Ruan Mai di Chiang Mai.

 

5. Pad See Ew: Mie Kecap

Pad See Ew Thailand Street Food

Variasi Pad Thai yang lebih gelap, Pad See Ew adalah hidangan mie pipih yang disiram dengan kecap untuk mendapatkan rasa yang lebih kuat. Jajanan pinggir jalan terbaik di Thailand ini dicampur dengan daging, sayuran seperti kubis Cina, brokoli, sedikit cabai, dan cuka. Rasanya menggiurkan dan benar-benar dinikmati oleh para wisatawan dan penduduk lokal.

Tempat terbaik untuk mencoba: Radna Yodpak Sud 40 Bi, Suda di Soi Sukumvit 22, Pad See Ew di Ratchawat di Bangkok.

 

6. Khao Pad: Nasi Goreng

Pad See Ew Thailand Street Food

Nasi goreng Thailand mirip seperti hidangan yang biasa dimakan di India, tetapi versi street food Thailand adalah sesuatu yang lain. Bagian dasarnya adalah secangkir nasi melati wangi yang memberikan aroma kuat dan memabukkan saat dimasak dengan sayuran.

Jajanan pinggir jalan di Thailand ini dimulai dengan campuran garam, gula, dan kecap ikan yang mendidih, lalu nasi yang dimasak kemudian diaduk dengan sayuran, dan terkadang ditambahkan udang dan telur. Benar-benar membuat keroncongan perut siapapun yang melihatnya!

Tempat terbaik untuk mencoba: Setiap kios di Petchaburi Soi 5 dan warung jajanan di sepanjang Ari Soi di Bangkok.

 

7. Pa Pia Sod: Lumpia kukus

Pa Pia Sod Lumpia Kukus Ala Thailand

Versi jalanan Pa Pia Sod Thailand dijamin akan memberikan ‘mata air’ dalam langkah Anda! Hidangan pembuka yang baru digulung ini disajikan dalam ukuran sekali gigit dengan saus celup. Selembar adonan gandum atau nasi diisi dengan sayuran renyah dan potongan daging yang diasinkan lembut, lalu digulung.

Tip: Ada juga versi goreng yang disebut Poh Pia Tod, yang disajikan dengan bahan serupa yang digulung dan digoreng agar renyah.
Vendor yang berbeda mungkin menawarkan isian yang berbeda untuk roti gulung, termasuk pilihan vegetarian. Ini adalah pilihan bagus lainnya jika Anda sedang terburu-buru dan ingin makan sebentar.

Tempat terbaik untuk mencoba: Warung mana saja di Petchaburi Soi 5 dan sudut Silom Road di Bangkok.

 

8: Kai Jeow: Omelet ala Thailand

Pa Pia Sod Lumpia Kukus Ala Thailand

Sarapanmu sudah siap! Omelet gaya steet food Thailand adalah versi lembut yang disajikan dengan nasi dan saus sambal. Kai Jeow dibuat hanya menggunakan telur, kecap ikan, cabai, dan rempah-rempah.

Sarapan di street food Thailand cukup umum di antara penduduk setempat yang terburu-buru dalam perjalanan ke tempat kerja. Jadi waktu terbaikmu adalah pergi ke tempt makan yang dituju sedikit lebih awal untuk mendapatkan hidangan paling segar.

Ini adalah salah satu yang termurah di antara jajanan pinggir jalan Thailand lainnya. Ini cara sempurna untuk memulai harimu.

Tempat terbaik untuk mencoba: Raan Jay Fai di Maha Chai Road di Bangkok.

 

9. Gai Tod: Ayam Goreng

Gai Tod, Thailand Street Food

Meski bukan hidangan tradisional Thailand, penduduk setempat membuatnya sendiri dengan sedikit bumbu dan cabai. Makanan jalanan Thailand yang populer ini renyah di luar dan lembut di dalam, serta disajikan dengan saus celup pedas. Sayapnya dilapisi tepung dan bumbu lalu digoreng sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah.

Tempat terbaik untuk mencoba: Today Steak di Sam Yan dan warung street food di sepanjang Ari Soi di Bangkok.

 

10. Khao Man Gai: Ayam Kukus dan Nasi

Khao Man Gai Thailand Food

Sederhana namun dikemas dengan rasa yang lezat, Khao Man Gai adalah makanan yang menenangkan jiwa. Ayam direbus dengan gula, rempah-rempah kemudian potongan daging empuk tanpa hiasan ini disajikan dengan nasi kukus, brokoli Cina, dan saus sambal.

Kamu juga bisa mencoba Khao Kha Moo, yang pada dasarnya adalah babi kukus dengan nasi. Rasanya sama enaknya, dan dagingnya direbus berjam-jam agar semua bumbunya meresap. Ini adalah hidangan sederhana yang ringan dan lezat

Tempat terbaik untuk mencoba: Ko-Ang Khao Man Gai di Phetburi Soi 30 dan Mie Tang Meng di Jalan Sukhumvit, Bangkok.

 

11: Gaeng Kiew Wan Gai: Kari Hijau Thailand

Gaeng Kiew Wan Gai, Thailand Green Curry | Auroraxa

Thai Green Curry sangat populer di dunia internasional. Namun, ramuannya sangat pedas di jajanan pinggir jalan Thailand. Kari berbahan dasar santan ini mendapatkan rona cerah dari sambal hijau, paprika hijau, ketumbar, daun jeruk purut, dan kemangi. Hasilnya adalah makanan lezat yang biasanya disajikan di atas nasi.

Kari hijau juga memiliki teman sejenisnya, yaitu Kari Kuning dan Kari Merah. Kari kuning dibuang menggunakan perpaduan antara cabai kuning dan kunyit, sedangkan kari merah sepenuhnya terbuat dari cabai merah. Jadi pilihlah kari yang ingin kamu cicipi dengan hati-hati.

Tempat Terbaik untuk mencoba: Setiap kios di Petchaburi Soi 5 dan Khao Gaeng Ruttana di Nang Loeng, Bangkok.

 

12. Kluay Tod: Pisang Goreng

Kluay Tod Fried Banana Thailand

Hidangan pembuka, hidangan penutup, atau bahkan sarapan bisa dengan menggunakan jajanan Thailand ini,  Klauy Tod adalah Camilan Populer di Thailand yang memiliki bagian luar renyah dan bagian tengah yang lengket, karena menggunakan mentah lalu dilapisi dengan adonan kelapa serta biji wijen, kemudian digoreng.

Jajanan pinggir jalan ini paling enak dimakan ketika masih panas. Taburan gula paist dapat menambahkan cita rasa manis pada camilan ini, namun yang paling direkomendasikan adalah menggunakan saus coklat.

Tempat terbaik untuk mencoba: Pasar Ratchawat di Nakhon Chaisi dan Pasar Wang Lang, Bangkok.

 

13. Khao Niew Ma Muang: Nasi Ketan Mangga

Khao Niew Ma Muang Ketan Mangga Khas Thailand

Mango Sticky Rice adalah salah satu street food paling populer di Thailand. Nasi ketan manis disajikan bersama irisan mangga, ditaburi krim kelapa, dan sedikit biji wijen.

Salah satu tips terbaik dalam menikmati hidangan street food Thailand ini adalah dengan menggunakan buah-buah lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di pinggir jalan Thailand. Setiap buah akan menciptakan cita rasa lezat yang berbada pada ketan ini.

Tempat terbaik untuk mencoba: Boonsap Thai Desserts, Kor Panich di San Chao Pho Sua dan Bua Loy Nam King di Chinatown; semuanya di Bangkok.

 

14: Kafae Yen dan Cha Yen: Es Kopi dan Teh Thailand

Minuman Pinggir Jalan Thailand Yang Menyegarkan

Es kopi dan teh dingin gaya Thailand, adalah minuman yang populer di negara ini, terutama selama bulan-bulan musim panas. Wisatawan terlihat menikmati minuman ini, yang dibuat dengan menggunakan campuran krim dan susu kental manis.

Minuman ini bisa menjadi sangat manis, sehingga sangat cocok untuk menemani menikmati sepiring kari hijau pedas atau Pad Thai.

Tempat terbaik untuk mencoba: Tealicious di Soi Charoen Krung, Bangkok, Di sekitar pom bensin, warung dan street food di Bangkok.

 

Hal-hal yang harus kamu perhatikan saat ingin menikmati Street Food di Thailand:

14 Street Food di Thailand Yang Bikin Ngiler

  • Sebagian besar pedagang dapat berbicara bahasa Inggris dasar, dan jika tidak, sebaiknya kamu berkomunikasi dengan jelas tentang jenis daging atau bahan makanan yang ingin kamu coba, terlebih lagi untuk hidangan Vegetarian.
  • Setiap daerah di Thailand membuat setiap hidangan berbeda, jadi kemungkinan jenis makanan yang sama dapat memiliki rasa yang berbeda antara satu kios dengan yang lainnya. Jadi makan di kios atau warung yang populer adalah cara terbaik untuk mendapatkan makanan yang higienis dan segar, terutama untuk jenis makanan yang tidak biasa.
  • Selalu makan makanan yang dihidangkan dengan segar di depan-mu.
  • Makanan Thailand bisa sangat pedas. Mintalah versi ringannya jika perutmu tidak dapat menerimanya.
  • Hanya minum air mineral kemasan, jangan pernah minum dari keran meskipun sudah dimasak.
  • Street Food di Thailand tidak selalu sehat dan paling sering digoreng atau diolesi minyak, jadi bijaklah ketika memilih street food Thailand yang ingin kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post