6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Di Desa Flam, Norwegia

6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Di Desa Flam, Norwegia post thumbnail image

Desa Flam, adalah Desa negeri dongeng Aurlandsfjord yang terletak di antara pegunungan megah, dan berada dalam latar belakang yang spektakuler. Ini adalah salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi di Norwegia.

Siapapun yang memiliki kesempatan untuk menginjakan kakinya di lembah yang menakjubkan ini, akan memiliki pengalaman tak terlupakan seumur hidup mereka.

6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan DI Desa Flam

Desa Flam yang sudah terkenal di seluruh dunia ini, menerima 500.000 wisatawan setiap tahunnya dan terus meningkat. Jadi untuk kamu yang memiliki kesempatan untuk liburan ke sini, segeralah berangkat dan lakukan 6 hal menakjubkan yang hanya bisa kamu dapatkan di lembah Flam yang spektakuler ini.

1. Naik Kereta Api Flamsbana

Kereta Api Flamsbana

Perjalanan kereta api ini beroperasi dari Flam – Myrdal lalu kembali ke Flam, dan perjalanan ini akan menjadi salah satu wahana kereta terindah di dunia. Dengan sudut gradien 1:18, kamu akan merasakan rel kereta api paling curam  di Dunia yang beroperasi tanpa kabel ataupun roda rak.

Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mendaki ke Myrdal sejauh 20 kilometer. Dengan total waktu 2 jam untuk pulang pergi, wahana ini akan menyuguhkanmu pemandangan menakjubkan yang hanya ada di Flam.

Kereta Api Flamsbana Saat Musim Dingin

Kamu dapat melihat sejumlah air terjun saat kereta naik di ketinggian 864 meter dan melalui terowongan yang tak terhitung jumlahnya. Kereta Flamsbana ini juga akan berhenti sejenak agar para wisatawan dapat berfoto dengan air terjun Kjosfossen yang indah.

Dan yang uniknya, ketika kereta berhenti, kamu akan mendengar suara musik yang mulai dimainkan, dan seorang penari akan muncul di gunung, di samping reruntuhan bangunan tua.

Tips ketika menaiki Kereta Api Flamsbana:

Pesan tiket kereta beberapa hari sebelumnya. Wahana ini akan sangat ramai

Tiba di stasiun lebih cepat. Karena semakin cepat anda naik, semakin leluasa kamu memilih kursi

Hanya kursi tertentu di setiap gerbong yang memiliki jendela yang dapat dibuka. Jadi jika kami ingin mengmabil foto, pastikan memilih kursi ini.

Sisi kanan kereta (saat berangkat) memiliki pemandangan terbaik.

 

2. Naik Kapal di Naeroyfjord

Naik Kapal di Naeroyfjord

Naeroyfjord adalah salah satu fjord terindah di Norwegia dan Situs Warisan Dunia UNESCO. Fjord biru tua ini, hanya selebar 25 meter di titik tersempitnya, memiliki tebing setinggi 1200 meter di kedua sisinya dan banyak air terjun. Peternakan terpencil dan desa-desa yang indah juga menghiasi lanskap ini dan membuatnya lebih menakjubkan.

Keindahan Naeroyfjord Norwegia

Cara terbaik dan termudah untuk menikmati keindahan Naeroyfjord adalah dari air. Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan pelayaran yang indah selama 2 jam di Naeroyfjord, yang akan membawamu dari Flam ke Gudvangen.

Dari Gudvangen akan ada bus yang menunggu untuk membawamu kembali ke Flam yang memakan waktu hanya sekitar 20 menit perjalanan.

 

3. Jelajahi Lembah Viking Njardarheimr di Gudvangen

Lembah Njardarheimr

Lembah Viking yang baru dibuka di Gudvangen ini telah menjadi latar kota Njardarheimr, yang menghidupkan sejarah dan budaya nyata dari zaman Viking. Ini bukan museum, tapi benar-benar desa Viking yang otentik. Kamu dapat bertemu dengan Viking sejati, belajar tentang sejarah, cara hidup, kerajinan tangan, dan hobi mereka.

Lembah Viking Njardarheimr

Di dalam desa, ada banyak kegiatan yang bisa dicoba, termasuk memanah, melempar kapak, adu pedang, menganyam keranjang, membuat tembikar dan permainan papan.

Para pria biasanya menyukai semua aktivitas pertempuran dan akan menghabiskan banyak waktu untuk menembakkan panah, adu pedang, dan melempar kapak, para wanita bisa belajar menganyam, membuat tembikar, atau memasak makanan khas di sana.

Mengunjungi Lembah Viking Njardarheimr

Terlepas dari semua itu, pemandangan alam luar biasa yang tersedia disini membuat Lembah Viking Njardarheimr menjadi salah satu tempat wisata di Flam yang sempurna untuk semua usia.

 

4. Titik Observasi Stegastein

Titik Observasi Stegastein

Sebuah jalan sempit yang mengarah keluar dari Flam akan membawamuke titik observasi Stegastein, sebuah pemandangan indah di atas Fyord.

Sudut pandang observasi ini terletak sekitar 30 menit berkendara dari Flam, menyusuri jalan berkelok-kelok yang menanjak, sehingga dibutuhkan mobil untuk sampai ke tempat ini.

Sudut Pandang Stegastein

Pemandangan yang akan kamu dapatkan dari sini akan sangat indah bahkan di hari yang mendung sekalipun. Tentunya akan sepadan dengan usahamu untuk sampai ke sini..

 

5. Kunjungi Desa Keju Undredal

Kunjungi Desa Keju Undredal

Undredal, terselip di tengah-tengah antara Flam dan Gudvangen, adalah sebuah desa kecil di sepanjang Naeroyfjord, yang di masa lalu hanya bisa dicapai dengan perahu. Klaim ketenaran Undredal adalah keju-kejunya.

Desa Keju Undredal

Sekitar 500 kambing berkeliaran di lereng gunung, menyediakan susunya yang akan diolah menjadi keju-keju berkualitas tinggi. Keju-keju ini bisa kamu beli di toko-toko untuk dijadikan oleh-oleh yang lezat.

 

6. Mampir ke Museum Rel Kereta Api Flam

Kunjungi Meseum Flamsbana

Museum Rel Kereta Api Flam terletak tepat di peron Flamsbana Railway dan dengan biaya masuk gratis. Museum ini tidak terlalu besar dan bukan salah satu atraksi utama di Flam, namun jika kamu memiliki waktu luang dua puluh menit saja, mampir ke museum ini tidak akan merugikanmu.

Kamu dapat melihat bagaimana rel kereta api Flamsbana yang menakjubkan ini dibangun. Rel kereta api yang memiliki panjang 20 kilometer ini dibangun selama 20 tahun, dengan kemiringan 1:18.

Meseum Flamsbana

Dan yang akan mengejutkanmu adalah, fakta bahwa 18 dari 20 terowongan yang akan kamu lewati nanti, digali menggunakan tangan kosong! Dan setiap meternya membutuhkan waktu satu bulan untuk digali.

 

Satu Hal Spesial yang Wajib Kamu Lakukan di Desa Flam

Satu hal yang wajib kamu lakukan agar keindahan desa Flam dapat kamu nikmati sepenuhnya adalah dengan menyewa sepeda.

Bersepeda di Desa Flam

Sewalah sepeda di desa Flam, kemudian naiki Kereta Api Flamsbana dengan sepedamu. Setelah sampai di Myrdal, kamu bisa bersepeda menuruni gunung untuk kembali ke Flam di sepanjang jalan Rallervegen, sebuah jalan yang digunakan oleh para Navvies yang membangun rel kereta api Flamsbana.

Ini akan menjadi salah satu pengalaman terbaikmu yang tak terlupakan dan jauh lebih menyenangkan daripada perjalanan dua arah dengan kereta api Flamsbana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post