Rekomendasi 19 Wisata Pulau Bintan Yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 19 Wisata Pulau Bintan Yang Wajib Dikunjungi post thumbnail image

Pulau Bintan dengan cepat menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Pulau indah di Kepulauan Riau ini menawarkan banyak hal bagi siapa saja yang mencari liburan di pulau yang tak terlupakan.

Selama berabad-abad, para migran berbondong-bondong menuju Bintan dan hal  itu telah mengubah pulau tersebut menjadi tempat peleburan budaya. Saat ini, lebih mudah untuk mencapai pulau Bintan, dengan hanya 45 menit naik feri dari Singapura.

Rekomendasi 19 Wisata Pulau Bintan Yang Wajib Dikunjungi

Dari pura spiritual, pasar tradisional yang ramai hingga lapangan golf dengan pemandangan yang beragam, Pulau Bintan memiliki semuanya.

Wisata Pulau Bintan sangat cocok untuk semua kalangan mulai dari Pencari konten instagram, penggemar sejarah, pecinta alam, dan semua orang di antaranya dapat menikmati waktu yang fantastis di 19 Wisata Pulau Bintan Yang Wajib kamu kunjungi berikut ini.

1. Pantai Trikora

Pantai Trikora Pulau Bintan

Hamparan pasir terpopuler di Pulau Bintan

Pantai berpasir putih Pantai Trikora dan perairan sebening kristal menyediakan lingkungan yang ideal untuk bersantai dan melepas lelah di bawah sinar matahari, tetap terisolasi dan tenang meskipun sudah diketahui banyak orang.

Ada juga desa nelayan di dekatnya yang ditandai dengan sejumlah kelong keliling (rumah panggung yang dibangun oleh nelayan untuk membiakkan atau menjebak ikan) di sepanjang cakrawala, dan bengkel pembuatan perahu kecil, di mana pengunjung memiliki kesempatan untuk menyaksikan pembuatan perahu.

Selama musim liburan, kamu dapat menemukan beberapa pondok pantai attap yang berfungsi ganda sebagai kios yang berjejer di tepi pantai, menjual makanan ringan dan minuman lokal.

Lokasi: Malang Rapat, Gunung Kijang, Bintan, Kepulauan Riau 29115, Indonesia

2. Gua Santa Maria

Gua Santa Maria Pulau Bintan

Gua Bersejarah di dekat Pantai Trikora

Gua Santa Maria, di seberang Pantai Trikora, dibangun pada abad ke-18 oleh seorang pendeta Belanda. Tempat peribadatan yang terawat dengan baik ini memiliki patung Bunda Maria yang berdiri di tenagah-tengah pintu masuknya.

Sejumlah besar umat akan memadati gua ini pada hari Minggu untuk berdoa, serta untuk kesempatan bertemu dengan umat  lainnya dalam pertemuan informal sosial mingguan.

Lokasi: Malang Rapat, Gunung Kijang, Bintan, Riau Islands 29151, Indonesia

3. Bermain Golf Di Resor Kelas Dunia Bintan

Bintan Lagoon Resort

Berwisata di Pulau Bintan sama saja dengan mendapatkan kesempatan untuk bermain di beberapa lapangan golf terindah di Asia Tenggara. Penggemar golf akan berasa seperti di surga Golf karena bermain di resor tepi laut yang luar biasa di lapangan yang dibuat oleh beberapa pegolf terkenal.

Secara total, Pulau Bintan memiliki 4 lapangan golf yang indah untuk melatih keterampilanmu di bawah sinar matahari yang hangat.

Bintan Lagoon Resort menawarkan 2 lapangan dengan yang lain terletak di Laguna Bintan Golf Club dan Ria Bintan Golf Club. Pegolf legendaris PGA Jack Nicklaus merancang jalur Sea View di Bintan Lagoon Resort, yang bertengger di sepanjang garis pantai.

Pembatas air yang ditempatkan dengan baik, perbukitan dan pemandangan indah menarik banyak pegolf terbaik termasuk mereka yang hanya ingin bersantai di lapangan indah ini.

4. Nikmati makan malam saat matahari terbenam dan koktail di Bintan

The Kelong Seafood Restaurant

Bersantailah di salah satu restoran terapung yang indah di pulau Bintan. Ada banyak tempat makan mulai dari restoran mewah hingga bar pantai yang ramai.

Lokasi utama Pulau Bintan di Laut Cina Selatan menjadikannya surga bagi makanan laut yang lezat. Tak ada cara yang lebih baik untuk mencicipi cita rasa lokal selain menyaksikan matahari terbenam yang mempesona dengan makan malam yang lezat.

The Kelong Seafood Restaurant adalah salah satu restoran terapung berkelas yang menawarkan menu lezat pilihan Indonesia dan China. Tepat di sampingnya ada restoran, Calypso Floating Bar menyajikan minuman menyegarkan dengan suasana Karibia yang santai.

Duduklah di teras puncak pohon di Banyan Tree Bintan untuk menikmati pemandangan pantai yang sangat indah. Selain itu, ada Patio Bar and Restaurant adalah bagian dari resor Treasure Bay yang terkenal dan menawarkan koktail yang menenangkan dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

5. Tanjung Pinang

Tanjung Pinang

Jelajahi keindahan Ibukota

Wisata ke Pulau Bintan belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi ibu kotanya, Tanjung Pinang. Tur ke kota kecil dan ramah ini merupakan latihan yang baik untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya pulau, penduduk dan gaya hidup di sini.

Banyak barang murah yang dapat ditemukan di sini, mulai dari kerajinan tangan lokal hingga barang antik yang tak ternilai harganya, dijual oleh pedagang kaki lima dan di ruko-ruko yang tersebar di seluruh jalan.

Restoran Padang juga berlimpah di sekitar kota, dengan konsep yang mirip dengan bar tapas; berbagai hidangan kecil diletakkan di atas meja untuk dipilih pelanggan, dan kamu hanya membayar untuk apa yang kamu makan saja.

Makanan yang paling terkenal di sini adalah otak-otak – daging ikan yang dimasak dengan santan dan berbagai bumbu khas Indonesia, yang kemudian dibungkus dengan daun kelapa dan dipanggang di atas kompor arang.

Lokasi: Tanjung Pinang, Riau Islands 29115, Indonesia

6. Pulau PenyengatPulau Penyengat Bintan

Pulau kecil yang kaya akan sejarah

Waktu sepertinya terhenti di Pulau Penyengat. Wisata pualu Bintan inidDulunya merupakan pusat kerajaan Melayu Riau-Lingga, pulau ini kaya akan sejarah dan penuh dengan monumen bersejarah serta peninggalan masa lalu yang menarik.

Kota ini juga dikenal sebagai ibu kota budaya komunitas Melayu pada abad ke-19, dengan banyak sarjana dan penulis mendirikan markas di sini.

Benteng batu yang mengesankan di barat berfungsi sebagai pengingat pertempuran Raja Haji (penguasa pulau saat itu) yang sedang berlangsung dengan Belanda. Selain itu. bertebaran di seluruh pulau ada kuburan kerajaan, istana tua, dan benteng tua di tengah yang memberikan pemandangan panorama pulau yang menakjubkan dan sekitarnya.

Lokasi: Penyengat, Tanjungpinang, Riau Islands 29133, Indonesia

7. Monumen Raja Haji Fisabilillah

Monumen Raja Haji Fisabilillah Bintan

Penghargaan untuk penguasa Malaka

Monumen Raja Haji Fisabilillah setinggi 28 meter didirikan untuk mengenang penguasa Malaka, yang merupakan salah satu pahlawan nasional. Beliau tewas dalam pertempuran melawan penjajah Belanda ketika pertempuran laut bersejarah terjadi lebih dari 2 abad yang lalu. Pertempuran itu terjadi pada 6 Januari 1784 dan diakhiri dengan kekalahan Belanda.

Lokasi: Jalan Hang Tuah, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Bintan, Riau Islands, Indonesia

8. Jembatan Sei Carang

Jembatan Sei Carang Bintan

Kagumi keindahan cahaya warna-warni di Malam Hari

Sei Carang adalah salah satu bangunan buatan manusia yang paling spektakuler di Pulau Bintan. Hanya 10 menit berkendara di luar ibu kota Tanjung Pinang yang luas, jembatan ini memberikan latar belakang yang luar biasa untuk berbagai acara budaya seperti Lomba Perahu Naga tahunan dan pesiar sungai.

Menyaksikan balapan perahu merupakan salah satu tontonan paling seru di Pulau Bintan. Tim dari seluruh dunia bersaing dan biasanya hasil foto yang mendebarkan.

Jembatannya sendiri adalah pemandangan yang fenomenal di siang hari, dan ketika malam hari jembatan ini akan benar-benar bersinar dan menarik semua orang yang melewati daerah ini. Warna-warna cerah berkilau dari jembatan dan menerangi langit sepanjang malam.

Lokasi: Jalan Raya Tanjung Uban-Tanjung Pinang, Tanjung Uban, Bintan, Riau Islands 29152, Indonesia

9. Danau Biru Kijang

Danau Biru Kijang Bintan

Nikmati air biru di Laguna yang masih asli

Danau Biru Kijang adalah salah satu tempat paling indah untuk wisata Pulau Bintan. Laguna yang berkilauan ini dikelilingi bukit pasir berwarna putih dan merah, pepohonan yang indah dan semburat warna biru cerah di bawah sinar matahari. Anehnya, tempat suci surgawi ini bukanlah lokasi alam melainkan buatan manusia oleh aktivitas pertambangan.

Anda dapat menemukan laguna di dekat pantai timur pulau, sekitar 35 menit berkendara ke selatan dari Pantai Trikora yang populer. Karena tidak dibuat khusus untuk pariwisata, sebagian besar wisatawan tidak ada di daerah tersebut. Kemasi makan siang dan piknik santai untuk berjemur di lingkungan yang tenang.

Lokasi: Gunung Kijang, Bintan, Riau Islands 29151, Indonesia

10. Tanjung Uban

Kota Tanjung Uban

Kota terpenting kedua di Riau

Tanjung Uban di Bintan Utara berfungsi sebagai titik lepas landas untuk pulau terdekat, Batam. Di sepanjang pantai terdapat sistem pelantar yang unik, di mana rumah, toko, dan restoran dibangun di atas panggung di atas laut, semuanya dihubungkan oleh jalan setapak.

Ada juga berbagai toko yang menjual seni dan kerajinan lokal, serta pasar lokal yang menjual semua jenis barang yang dapat dimakan, mulai dari buah-buahan tropis hingga udang kering

Lokasi: Tanjung Uban, North Bintan, Bintan, Riau Islands 29115, Indonesia

11. Gurun Pasir Bintan

Gurun Pasir Bintan

Naiki bukit pasir yang mempesona

Dengan sebagian besar pulau menjadi hutan hujan tropis yang rimbun, menemukan gurun Gurun Pasir Busung (Gurun Busung) tentunya menjadi penemuan yang benar-benar menakjubkan.

Wisata Pulau Bintan ini terletak tak jauh dari Jalan Raya Busung, hanya 5 menit berkendara dari Jembatan Busung. Tidak ada transportasi umum untuk mencapai padang pasir ini, sehingga tempat ini menjadi hidden gem di pulau Bintan selama bertahun-tahun.

Daerah ini dulunya adalah rumah tambang, tetapi tambang tersebut berubah menjadi pemandangan yang mempesona setelah pembuangan pasirnya dilarang. Nuansa kontras putih, kuning, dan merah menonjolkan formasi terjal dan menawarkan banyak kesempatan untuk kamu yang ingin mendapatkan foto instagramable.

Lokasi: Jalan Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan, Kepulauan Riau 29152, Indonesia

12. Kampung Nelayan Cina Senggarang

Kampung Nelayan Cina Senggarang

Rumah pertama imigran Tionghoa Riau

Senggarang adalah salah satu desa Tionghoa paling menonjol di Kepulauan Riau, menawarkan suasana pedesaan dengan deretan rumah panggung nelayan yang berjejer di pesisirnya.

Di luar pemukiman pesisir ini, kamu juga akan menemukan koleksi kuil China kuno, yang akan memberikan tamasya menyenangkan sepanjang hari dengan sekilas sejarah penuh warna dan warisan China yang kaya di Kepulauan Riau.

Beberapa landmark di Senggarang sangat unik dan tidak boleh dilewatkan, seperti candi berusia seabad yang terletak di bawah pohon beringin besar, benama Kuil Tian Shang Miao.

Kuil ini juga disebut sebagai ‘Kuil Pohon Beringin’, yang ditumbuhi oleh akar beringin, menghasilkan pemandangan menakjubkan yang sangat mirip dengan Kuil Ta Prohm yang terkenal di Angkor, Kamboja.

Lokasi: Tanjung pinang, Riau Islands 29151, Indonesia

13. Kuil Pohon Beringin

Kuil Tian Shang Miao

Temukan situs sakral di Bintan

Sesuai dengan namanya, Kuil Pohon Beringin mudah dikenali dari pohon Beringin besar di atasnya yang seiring waktu telah menjadi bagian dari strukturnya.

Berusia lebih dari 2 abad, candi ini membawa banyak cerita yang menarik, di mana keinginan seorang lelaki tua untuk mati dan dimakamkan di rumahnya sendiri menyebabkan akar pohon beringin tumbuh di sekitar rumah seolah-olah membungkusnya dalam pelukan pelindung.

Selama bertahun-tahun, rumah tersebut telah menjadi kuil suci, dengan banyak umat dari Thailand jauh datang untuk ziarah tahunan. Konon pura tersebut dapat mengabulkan permohonan dan membawa keberuntungan bagi mereka yang mengunjunginya.

Lokasi: Senggarang, Tanjungpinang, Riau Islands 29133, Indonesia

14. Pasar Tradisional Bintan Center

Pasar Tradisional Bintan Center

Rasakan detak jantung ibukota yang otentik

Uang tunai mengatur hari di Pasar Tradisional Bintan Center yang energik. Sekitar 10 km sebelah timur terminal penyeberangan Tanjung Pinang, disinilah warga menawar segala kebutuhan sehari-hari.

Wisata belanja Pulau Binatan ini menawarkan berbagai makanan laut, buah-buahan, sayuran, elektronik, kerajinan tangan, dan suvenir otentik. Ini adalah tempat yang tepat untuk jajanan lokal yang lezat seperti fish maw dan kerupuk laut.

Kios-kios disini akan menjadi cukup ramai di siang hari, tetapi lingkungan pasar ini akan terasa lebih otentik daripada pasar mewah yang berada  dekat dengan resor. Kamu akan menemukan banyak sekali penawaran menarik dan mendukung perekonomian lokal dengan berbelanja di pasar ini.

Namun, Berhati-hatilah saat menjelajahi sekitar pasar, karena tanah sering kali basah dan licin.

Lokasi: Air Raja, East Tanjungpinang, Tanjung Pinang, Riau Islands 29125, Indonesia

Jam Buka: Setiap hari (06.00 – 16.00)

15. Teluk Lagoi

Teluk Lagoi di Pulau Bintan

Cicipi makanan laut yang lezat dengan pemandangan pantai yang indah

Lagoi Bay adalah salah satu tempat paling populer di Pulau Bintan dan merupakan tempat favorit untuk mencicipi banyak suguhan pantainya.

Cobalah camilan seafood lokal seperti ikan, lobster, kepiting, dan remis lokal yang paling segar. Jika kamu lebih menyukai hidangan internasional, ada beragam restoran yang tersebar di area seluas 1.300 hektar ini/

Setelah perutmu kenyang, kamu bisa menjelajahi Plaza Lagoi yang ramai untuk beberapa terapi ritel atau berjalan-jalan santai di sekitar Danau Lagoi yang indah. Setelah lelah berjalan-jalan, berbelanja dan wisata kuliner di Pulau Bintan, kamu bisa duduk santa dan menyaksikan matahari terbenam di salah satu kafe atau barnya yang nyaman.

Lokasi: Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Bintan, Kepulauan Riau 29125, Indonesia

16. Kampung Panglong

Kampung Panglong Bintan

Kagumi rumah panggung kayu milik para suku laut setempat

Desa Panglong, di bagian timur laut Pulau Bintan, akan membawamu kembali ke zaman yang lebih sederhana. Penduduk desa nelayan pedesaan ini pertama kali pindah ke pulau ratusan tahun yang lalu dan telah melestarikan tradisi mereka hingga saat ini.

Masyarakat setempat mencari nafkah di laut, dan penduduk desa tidak lagi terhubung dengan masyarakat modern. Kamu bisa menyaksikan nelayan lokal membangun perahu mereka sendiri dan melihat rumah panggung yang menawan tempat mereka tinggal.

Tidak jarang melihat penduduk desa meluncur ke rumah dengan tangkapan besar ikan segar di dalam perahu mereka. Menghabiskan waktu dengan penduduk yang ramah juga akan memberimu gambaran sekilas tentang cara hidup mereka dan menenangkan pikiranmu.

Lokasi: Berakit, Teluk Sebong, Bintan, Kepulauan Riau 29151, Indonesia

17. The 500 Lohan Temple

500 Lohan Temple Bintan

Pelajari ekspresi wajah unik dari setiap patung

Wisata Pulau Bintan selanjutnya adalah The 500 Lohan Temple (juga dikenal sebagai Thousand Face Temple) yang akan memukau pengunjung dengan ekspresi wajah dan ciri fisik masing-masing patung yang khas, menjadikannya salah satu tempat paling menarik untuk dikunjungi di Pulau Bintan.

Pura ini hanya berjarak 20 menit berkendara dari Tanjung Pinang dan menawarkan perjalanan sehari yang luar biasa.

Saat kamu berjalan-jalan di sekitar kuil Buddha, perhatikan taman patung seukuran manusia dan kagumi fitur unik dari masing-masing patung tersebut. Di dalam koleksi patung batu, cobalah temukan karakter legendaris dari cerita rakyat Tiongkok atau cukup kagumi arsitektur kuil yang mempesona.

Kuil ini terbuka untuk mereka yang ingin sembahyang, dan patung batu yang ada membuat kuil ini lebih menonjol di antara yang lain karena kesempatan berfoto yang ditawarkan.

Lokasi: Batu 13, East Tanjungpinang, Tanjung Pinang City, Riau Islands 29125, Indonesia

Jam Buka: Selasa – Minggu (07.00 – 17.00)

18. Gunung Bintan

Gunung Bintan

Jelajahi hutan tropis dan temukan satwa liar

Meski puncak Gunung Bintan hanya setinggi 400 meter, perjalanan ini merupakan petualangan yang menggembirakan melalui lingkungan tropis pulau itu. Gunung yang menjulang di atas Desa Bekapur Bintan Buyu dan lingkungannya yang subur memainkan peran penting dalam mendukung ekosistem.

Flora asli, margasatwa yang luar biasa, dan hutan hujan yang semarak menyoroti jalur pendakian untuk mencapai gunung. Perjalanan untuk mencapai Gunung Bintan jauh dari jalan setapak dan sangat cocok untuk mereka yang mencari wisata Pulau Bintan yang jauh dari keramaian.

Hanya dibutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai puncak dan kamu akan disambut dengan pemandangan pulau yang luar biasa indah. Kamu juga bisa mengagumi pepohonan hijau, air terjun bertingkat, dan pemandangan indah lainnya di sekitar gunung.

Lokasi: Gunung Bintan Besar, Bintan, Riau Islands 29133, Indonesia

Jam Buka: Setiap hari (08.00 – 17.00)

19. Kuil Sungai Ular

Kuil Sun Te Kong di Bintan

Pura misterius di seberang pelabuhan Tanjung Pinang

Sun Te Kong (Kuil Sungai Ular) yang berusia 300 tahun ini terletak di muara Sungai Ular di Tanjung Pinang. Kuil ini berdiri di antah berantah, terisolasi dan misterius, dan hanya dapat diakses melalui sungai. Ini adalah salah satu Hidden Gem Pulau Bintan lainnya.

Dinding kuil Sun Te Kong dihiasi dengan lukisan menarik yang menggambarkan pemandangan dari neraka Tiongkok, termasuk kengerian yang tak terkatakan serta  berbagai metode penyiksaan.

Lokasi: Senggarang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29115, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post