Review Wisata Situ Patenggang, Danau Terbaik Di Ciwidey Bandung

Review Wisata Situ Patenggang, Danau Terbaik Di Ciwidey Bandung post thumbnail image

Situ Patenggang Bandung, atau Situ Patengan adalah salah satu danau terbaik di Bandung. Terletak 1.600 meter di atas permukaan laut dengan iklim yang sejuk. Oleh karena itu, Situ Patenggang menjadi tempat yang ideal untuk perkebunan teh, dan untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata di Bandung.

Perkebunan teh yang tampak seperti hamparan hijau menutupi perbukitan yang mengelilingi danau ini. Bersama dengan hutan pinus dan danau yang kehijauan membentuk pemandangan yang luar biasa indah dan menenangkan.

Perkebunan Teh Situ Patenggang

Legenda Situ Patenggang Bandung

Situ dalam bahasa Sunda berarti ‘danau’. Patengan atau Patenggang berasal dari kata Sunda pateang-teang. Artinya saling mencari. Hal ini didasarkan pada legenda Sunda yang terkenal tentang kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Menurut legenda, Ki Santang dan Dewi Rengganis saling jatuh cinta, tetapi mereka berpisah. Bertahun-tahun telah berlalu hingga akhirnya mereka bertemu kembali di Batu Cinta di Situ Patenggang Bandung.

Batu Cinta di Situ Patenggang

Untuk merayakan pertemuan itu, Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membangun sebuah danau dan perahu di daerah itu. Danau tersebut adalah Situ Patenggang Bandung.

Menurut legenda, perahu yang dibuat oleh Ki Santang telah menjadi pulau kecil di Situ Patenggang, yang disebut Pulau Asmara (Pulau Amour). Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Sasaka.

Legenda Danau Patenggang kemudian diakhiri dengan kepercayaan bahwa sepasang kekasih akan memiliki cinta abadi jika mereka mengunjungi Batu Cinta dan berjalan-jalan di sekitar pulau.

 

Review Wisata Situ Patenggang Bandung

Selain pesona legendanya, bagian terbaik dari Danau Patenggang adalah pemandangannya yang indah dan cuacanya yang sejuk. Berikut beberapa daya tarik dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan sambil menikmati keindahan danau ini:

  • Cara paling sederhana untuk menikmati danau adalah dengan piknik di tepi pantai, atau membeli jajanan dari penjual sekitar.
  • Untuk memuaskan jiwa petualangan kamu, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau atau menuju Pulau Asmara yang berada di tengah danau.
  • Jika kamu ingin sedikit beraktivitas fisik, kamu bisa menyewa perahu pedal berkeliling danau.
  • Bagaimana dengan berkemah? Perkemahan Situ Patenggang Bandung sangat populer di kalangan para pecinta alam.

Kamu bisa bermalam di sini dengan mendirikan tenda di camping ground. Lokasinya berada di seberang danau. Pemandangannya indah, dengan suhu udara cenderung dingin, terutama saat malam hari. Jadi, jangan lupa membawa jaket, ya.

Wisata Alam Situ Patenggang

Situ Patenggang Bandung merupakan tempat wisata keluarga favorit di Bandung, karena pemandangannya yang indah dan dekat dengan kota Bandung. Yang perlu diingat, pada hari Minggu dan hari libur nasional wisata alam Ciwidey ini bisa sangat ramai.

Banyak wisatawan yang datang dengan bus besar, mobil pribadi, dan sepeda motor sehingga kemacetan tak dapat terhindarkan karena jalan provinsi yang cukup sempit dan lahan parkir terbatas.

 

Fasilitas Situ Patenggang Ciwidey

Situ Patenggang merupakan tempat wisata di Bandung yang selalu ramai dikunjungi, sehingga pihak pengelola sudah menyiapkan beragam fasilitas yang memadai, seperti:

Pinisi Resto

Pinisi Resto di Situ Patenggang

Sebuah Resto & Cafe di Bandung selatan dengan konsep menarik, yaitu penggabungan tempat makan dan tempat nongkrong yang unik berbentuk Bahtera Nuh. Pinisi Resto sangat populer di kalangan wisatawan yang ingin berwisata kuliner di Bandung sembari menikmati pemandangan instagramable yang indah.

Glamping Lakeside

Glamping Lakeside Rancabali

Sebuah penginapan yang juga berkonsep unik dan hits di Ciwidey. Glamping Lakeside Rancabali menerapkan konsep kemah dengan fasilitas setara hotel, jadi kamu bisa menikmati tidur di tempat terbuka tetapi tetap aman dan nyaman. Glamping Lakeside adalah penginapan terbaik di Bandung.

Harga Sewa Tenda Glamping Lakeside sangat terjangkau dan cocok untuk kamu yang sedang liburan di Bandung bersama teman-teman dan keluarga. Baca Selengkapnya di Review Glamping LakeSide Rancabali

Fasilitas Lainnya

Kamu bisa menikmati beberapa fasilitas menarik lainnya yang ada di Danau Patenggang, mulai dari Gazebo, Toko Souvenir, Toko Buah, Tempat Parkir, Penyewaan perahu, Sepeda air. dan lain-lain.

 

Harga Tiket Situ Patenggang Ciwidey

  • Tiket Masuk Domestik: Rp 20.000
  • Tiket Masuk WNA: Rp 135.000

 

Jam Buka Situ Patenggang Ciwidey

Setiap Hari: 08.00 – 20.00 WIB

 

Alamat dan Rute Situ Patenggang Ciwidey

Jl. Ciwidey, Desa Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, 40973.

Situ Patenggang (Situ Patengan) terletak di Ciwidey Bandung. Sejak dibukanya Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja), waktu tempuh Bandung – Ciwidey menjadi lebih singkat.

Pertama, kamu bisa masuk tol Purbaleunyi (Purwakarta – Cileunyi), dan melewati Pintu keluar tol Soroja berada di km. 132, lalu kamu hanya perlu berkendara sampai ujung tol Soroja. Kemudian, ikuti rambu jalan menuju Ciwidey dan lanjutkan ke Situ Patengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post