Review Wisata Gunung Mutis, Keajaiban Dari Para Raja di NTT

Review Wisata Gunung Mutis, Keajaiban Dari Para Raja di NTT post thumbnail image

Gunung Mutis merupakan salah satu tempat wisata alam terindah di Nusa Tenggara Timur. Gunung dengan ketinggian 2.427 mdpl ini dikenal mistis namun memiliki keajaiban alam yang luar biasa, membuat siapa saja yang berhasil mencapai puncaknya betah berlama-lama di sana.

Gunung ini juga memiliki legendanya sendiri. Dikatakan bahwa di puncak gunung inilah para raja Timor bermusyarawah dalam pembagian wilayah kekuasaan. Saat semua raja mendapatkan bagiannya, maka untuk mengingat momen tersebut, gunung ini diberi nama “Mutis” yang berarti “Lengkap”.

Ada tiga puncak yang dimiliki oleh Gunung Mutis, mulai dari Nuaf Nupala, Nuaf Nefomasi dan Nuaf Muna. Gunung ini juga dihuni oleh banyak flora, mulai dari Bonsai, Cendana hingga Ampupu. Selain itu, topografi Gunung ini juga memililki relief pegunungan yang membentuk tapal kuda.

Daya Tarik Gunung Mutis

Cagar Alam Mutis

Gunung Mutis memiliki suhu udara yang dingin menusuk, jadi sebelum kamu memutuskan untuk liburan ke sini, pastikan mengenakan set pakaian yang tebal.

Jalur pendakian gunung ini sendiri tergolong mudah hingga sedang dan memakan waktu 4-5 jam, jadi asalkan kamu datang dengan kondisi yang fit maka puncak gunung akan dengan mudah kamu capai.

Di jalur pendakian sebelum mencapai puncak, kamu akan melalui dataran lapang dengan padang hijau luas, yang disebut Leol Fui. Di sini kamu bisa beristirahat sejenak, atau mendirikan tenda sembari menikmati pemandangan puncak Gunung Mutis yang menawan.

Pendakian Gunung Mutis Yang Berkesan

Meskipun pendakianmu memakan waktu beberapa jam, namun dengan pemandangan eksotis yang tersedia sepanjang perjalanan akan membuat pendakianmu tidak terasa melelahkan. Kamu bisa melihat banyak perkebunan jeruk serta persawahan penduduk yang membentuk pola menakjubkan.

Keajaiban Gunung Mutis dapat kamu temukan di pagi hari, dimana biasanya para pendaki dapat melihat hamparan awan-awan tebal yang spektakuler, yang seolah-olah membuatmu sedang berdiri di atasnya.

Kamu juga bisa melihat keindahan Oekusi Timor Leste dan Pulau Alor saat berada di puncak. Selain itu, jangan lewatkan momen istimewa saat marahari mulai terbit dan menyinari Gunung Mutis sehingga membuat ilusi piramida yang menakjubkan.

Keindahan Gunung Mutis NTT

Namun jika kamu hanya ingin berburu foto matahari terbit yang indah tetapi malas melakukan pendakian, maka kamu bisa menyewa mobil 4WD untuk sampai ke kaki gunung yang dikenal dengan Padang 1 yang berada di ketinggian 1.750 mdpl.

Hutan Bonsai di Gunung Mutis

Hutan Bonsai Gunung Mutis

Daya tarik Gunung Mutis tidak hanya bisa didapatkan di puncaknya. Di hutan sekitar gunung, kamu juga bisa menemukan Hutan Bonsai yang cukup populer. Banyak yang mengatakan bahwa Hutan Bonsai yang eksotis ini memiliki aura mistisnya sendiri.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah melewati Hutan Bonsai jika mereka berangkat saat hari masih gelap untuk menuju puncak gunung. Biasanya mereka baru sadar akan keberadaan hutan ini ketika perjalanan kembali.

Hutan Bonsai juga menjadi salah satu spot foto favorit di Gunung Mutis, terlebih lagi jika hari sedang berkabut sehingga menambah nuansa mistis hutan ini. Jika beruntung kamu juga bisa bertemu dengan kawanan sapi dan kuda yang sedang merumput.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Mutis

Gunung Mutis berada di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute menuju Fatumnasi memang sedikiti sulit. Jika dari Jakarta, kamu bisa menggunakan pesawat ke Bandara Eltari Kupang. Dari sana kamu harus berkendara ke Kota Soe, atau ibukota Kabutpaten TTS.

Dalam perjalanan tersebut, kamu bisa berhenti sebentar dibeberapa spot menarik untuk berfoto-foto, seperti Jembatan Noelmina dan Puncak Siso. Kamu juga bisa memilih untuk bermalam terlebih dahulu di Soe atau langsung melanjutkan perjalanan, karena jarak Kota Soe ke Fatumnasi kurang lebih memakan waktu sekitar 3 jam.

Jam Buka Gunung Mutis

Untuk kamu yang ingin berwisata alam di Gunung Mutis, maka kamu bisa tenang karena kawasan ini buka selama 24 jam. Selain itu, para pengunjung juga tidak dikenai biaya untuk memasuki area gunung.

Jadi apakah kamu tertarik mengunjungi Gunung Mutis untuk melihat wilayah legenda para Raja beserta segala keindahan dan keajaiban yang tersedia secara gratis di sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post