Review Lembah Tengkorak, Wisata Hidden Gem Bandung Timur!

Review Lembah Tengkorak, Wisata Hidden Gem Bandung Timur! post thumbnail image

Tempat wisata di Bandung memang tidak ada habis-habisnya. Kamu bahkan bisa menikmati sejuta wisata menarik dan beragam nuansa hanya dengan berada di kota Bandung.

Dan kali ini, raxa akan memberikan review mengenai salah satu wisata Hidden Gem yang ada di Bandung Timur, yaitu Lembah Tengkorak.

Tapi tunggu, meskipun namanya terdengar menyeramkan, tetapi pemandangan yang disuguhkan sangatlah bertolak belakang. Wisata Lembah Tengkorak juga dikenal dengan nama Situ Urug atau Situ Putri / Telaga Putri.

Review Lembah Tengkorak Bandung

Berbeda dengan namanya yang terdengar mistis, Lembah Tengkorak menawarkan pemandangan indah mulai dari jajaran kebun-kebun hijau yang menyegarkan mata, tanaman Edelweis yang indah serta panorama danau yang mempesona.

Wisata Bandung Timur

Udara sejuk khas dataran tinggi juga akan menyambut kamu saat sampai di area lembah. Dengan suasana yang menenangkan, wisata Lembah Tengkorak sangat cocok untuk wisatawan yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

Penasaran bagaimana wisata alam di Bandung Timur ini terbentuk hingga diberi nama Lembah Tengkorak?

Hidden Gem Bandung

Awalnya, lokasi lembah ini berada diantara dua gunung, yaitu Gunung Sanggara dan Gunung Pangparang. Kemudian pada suatu hari terjadi longsor di tebing Gunung Pangparang, sehingga lembah ini terbentuk, dan menyisakan batu-batuan berwarna putih.

Setelah itu, pada akhir tahun 2017 terjadi longsor yang kedua dan menyebabkan terbentuknya danau kecil yang disebut warga dengan nama Danau Urugan.

 

Cara Menuju Lembah Tengkorak Bandung

Lembah Tengkorak adalah wisata hidden gem di Bandung Timur, itu berarti kamu membutuhkan sedikit usaha untuk menemukannya.

Pemandangan Indah Lembah Tengkorak

 

Lokasinya berada tersembunyi di tengah hutan sehingga dibutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam untuk mencapainya dengan berjalan kaki dari rumah warga, dimana kamu bisa menitipkan motor.

Cara alternatif untuk mencapai lokasi Lembah Tengkorak adalah menggunakan motorcross yang hanya memakan waktu 1 -2 jam saja dengan dua rute yang bisa kamu pilih.

Yang pertama adalah jalur Kampung Pasir Kaliki, Sukasari, Kabupaten Sumedang, dan yang kedua melalui jalur kawasan Agro Wisata Kebun Kina, Palintang, Kabupaten Bandung.

 

Fasilitas Lembah Tengkorak Bandung

Tidak ada fasilitas apa-apa yang tersedia di kawasan Lembah Tengkorak selain warung-warung kecil diantara rumah warga tempat kamu menitipkan kendaraan.

 

Harga Tiket Lembah Tengkorak Bandung

  • Tiket Masuk: Rp 10.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

 

Tips Menuju Lembah Tengkorak Bandung

Dengan perjalanan yang bisa dibilang tidak mudah, maka kamu diharapkan berada dalam kondisi terbaik secara stamina dan mental.

Review Lembah Tengkorak

Kamu juga bisa membawa perbekalan karena tidak ada pedagang atau warung kecil di sepanjang perjalanan ini, jangan lupa menggunakan lotion anti nyamuk atau pakaian tertutup untuk menghindari sengatan serangga lainnya seperti lebah.

Karena kondisi hutan yang lebat, ada kemungkinan kamu akan bertemu dengan ular, tetapi tidak perlu panik. Kebanyakan ular ini biasanya akan pergi menjauhi manusia, selama kamu tidak melakukan gerakan yang mengejutkan mereka.

Tips Menuju Lembah Tengkorak

Di beberapa titik, kamu harus melewati jalur yang sangat curam, sehingga harus sedikit memanjat naik dengan merangkak di beberapa tumpuan batu. Perhatikan alas kaki yang kamu kenakan, jangan sampai terpeleset!

Wisata Lembah Tengkorak Bandung Timur memang sangat mempesona, tapi sebenarnya tidak disarankan untuk pendaki pemula ataupun yang baru pertama kali.

Namun jika kamu merasa mampu dan memiliki fisik yang sehat, tidak ada salahnya mencoba wisata Hidden gem yang menantang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post