Review Awang Awang Telomoyo Sky View Magelang

Review Awang Awang Telomoyo Sky View Magelang post thumbnail image

Apa yang muncul pertama kali dipikiranmu jika mendengar nama kota Magelang? Pasti objek wisata Candi Borobudur, kan? Padahal, Magelang juga terkenal dengan wisata alamnya yang tak kalah menawan, loh.

Kota ini menawarkan para wisatawan beragam pesona alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Awang Awang Sky View, yang berada di kawasan Gunung Telomoyo.

Awang Awang Telomoyo menawarkan tempat nongkrong yang instagramable karena berada di Gunung Telomoyo yang merupakan gunung berapi yang tercatat belum pernah meletus.

Dan sekarang gunung ini menyediakan beragam tempat wisata di Magelang yang kekinian dan banyak dikunjungi wisatawan.

Review Awang Awang Telomoyo Magelang

Awang Awang Sky View Telomoyo masih tergolong baru, karena dibuka pada tanggal 18 Mei 2021, tetapi dalam waktu singkat tempat wisata ini langsung Viral di berbagai media sosial.

Review Awang Awang Skyview Tolomoyo

Lokasinya berada di daerah Ngablak di kawasan Gunung Telomoyo Magelang dan berada di ketinggian 1.518 Mdpl.

Dengan area yang cukup luas, kamu bisa menikmati banyak spot foto keren dengan fasilitas memadai untuk bersantai sambil mengagumi pemandangan yang luar biasa.

 

Daya Tarik Awang Awang Sky View Telomoyo

Tidak perlu dijelaskan, kamu pasti sudah tahu bahwa daya tarik utama wisata Magelang ini adalah Skyview mempesona yang bisa kamu nikmati di ketinggian.

Awang Awang Telomoyo merupakan titik terbaik untuk melihat keindahan 4 gunung sekaligus, yaitu gunung Merbabu, Sumbing, Andong dan Sindoro.

Review Awang Awang Tolomoyo

Dan jika kamu mengunjungi wisata ini di pagi hari, kamu bisa menikmati panorama kabut tebal yang mengelilingi seluruh area. Pengalaman ini akan membuatmu seolah-olah berada di negeri atas awan.

Untuk ber swafoto, ada banyak tempat yang bisa kamu jadikan spot keren. Yang paling favorit adalah Spot dek kaca, yang memiliki lebar sekitar 3 x 8 m sehingga kamu bisa menikmati pemandangan di bawahnya.

Hati-hati untuk yang takut ketinggian, ya.

Pemandangan Awang Awang Skyview Tolomoyo

Awang Awang Telomoyo juga memiliki tempat nongkrong yang bernama Coffee Corner, di sini kamu bisa menikmati berbagai suguhan kopi sambil menikmati udara sejuk khas pegunungan, dan tentunya dengan harga terjangkau.

 

Tips Menuju Awang Awang Sky View Telomoyo

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Magelang dan ingin berkunjung ke wisata ini, maka kamu wajib mengetahui 5 tips berikut:

1. Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Terbaik

Awang Awang Sky View di Gunung Telomoyo sebenarnya cukup mudah untuk dikunjungi. Namun, kamu harus tetap memastikan kendaraan dalam kondisi terbaik karena jalan menuju puncak Telomoyo cukup menanjak, dan butuh tenaga lebih dari mesin kendaraan.

Tentunya akan sangat berbahaya jika kendaraanmu tidak kuat menanjak, atau mogok di tengah jalan, kan.

2. Cek Kondisi Rem

Saat mengunjungi Awang Awang Sky View Telomoyo, kamu memang harus menghadapi kondisi jalan menanjak yang menantang, namun jangan lupakan kondisi saat pulang.

Jalan yang menanjak ini akan menjadi turunan saat kamu pulang, sehingga kamu wajib memastikan rem kendaraan kamu dalam kondisi sempurna agar laju kendaraan tetap terkendali.

Ada juga beberapa turunan curam yang akan kamu jumpai di Gunung Telomoyo, terutama di jalur pintu masuk via Pagergedog.

Jadi jangan paksakan kendaraan jika memang sudah tidak kuat, terutama kendaraan matic yang sebaiknya beristirahat sejenak di beberapa titik agar rem tidak blong karena terlalu panas.

3. Berkunjung Saat Cuaca Cerah

Kawasan pegunungan sepertinya memang paling pas dikunjungi saat cuaca cerah, salah satunya adalah karena pemandangan indah yang disajikan akan terlihat jelas sepanjang perjalanan.

Selain itu, tentu akan lebih berbahaya jika kamu berkunjung di musim penghujan karena jalan licin dan sudut pandang yang terbatas.

Selain itu, faktor keamanan juga menjadi salah satu hal yang dipengaruhi cuaca. Saat hujan, jalan menjadi licin, sehingga bisa jadi membahayakan.

4. Perhatikan Kecukupan Bahan Bakar

Meski terdengar sepele, tetapi nyatanya banyak orang yang direpotkan dengan urusan bahan bakar yang habis di tengah jalan. Jadi sebelum tancap gas, sebaiknya periksa terlebih dahulu penunjuk bahan bakar kendaraanmu.

Jangan sampai bahan bakar kamu habis saat menanjak atau menuruni jalur pulang dari Awang Awang Sky View Gunung Telomoyo.

5. Naik Jeep

Jika kamu tidak mau direpotkan dengan urusan kendaraan saat mengunjungi wisata Awang Awang Sky view Telomoyo, maka kamu bisa memilih untuk naik Jeep.

Dengan menggunakan jasa Jeep wisata ini kamu bisa pergi sampai ke puncak, Awang Awang Sky View dan beberapa destinasi lain di sekitarnya, seperti Air Terjun Sumuran, Embung Sikembang Pagergunung dan Merbabu Cafe & Park

Awang Awang Telomoyo Magelang Malam Hari

Fasilitas Awang Awang Telomoyo

Meski tergolong tempat wisata baru di Magelang, tetapi Awang Awang Sky View sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti:

  • Beraga, Spot Foto
  • Gazebo
  • Coffee Corner
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Fasilitas Protokol Kesehatan

 

Jam Buka Awang Awang Telomoyo

Setiap hari: 24 jam

*Dengan pembatasan jumlah pengunjung

 

Harga Tiket Awang Awang Sky View Magelang

Tiket masuk: Rp 15.000 (Termasuk sendal untuk dek kaca)

 

Rute dan Alamat Awang Awang Telomoyo

Hutan, Keditan, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56194, Indonesia

Untuk mencapai lokasinya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti jalan utama menuju Puncak Gunung Telomoyo, dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

Dari arah Kota Magelang, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Magelang-Salatiga hingga sampai di Terminal Bus Magelang. Teruslah ikuti jalan utama Magelang-Salatiga hingga tiba di kawasan Kopeng yang berada di sebelah utara Gunung Merbabu.

Setibanya di kawasan Kopeng, kamu bisa mengambil jalan Kopeng – Grabag hingga sampai di pertigaan, lalu belok kiri dan perjalanan akan sampai di area parkir wisata Gunung Telomoyo di kanan jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post