Ngarai Sianok Bukittinggi, Wisata Alam Yang Populer di Sumatera Barat

Ngarai Sianok Bukittinggi, Wisata Alam Yang Populer di Sumatera Barat post thumbnail image

Terletak di pinggiran kota Bukittinggi di perbukitan Minangkabau, ada sebuah ngarai menakjubkan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Ngarai Sianok. Ngarai yang indah ini adalah sebuah lembah (tebing) terjal yang berada di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan Koto IV, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kata “Sianok” diambil dari dua suku kata yaitu  “Si” dan “Anok” yang berarti Si Pendiam. Ngarai ini dulunya terbentuk secara ajaib oleh alam, dimana kala itu diakibatkan oleh letusan Gunung Tinjau dan selama berabad-abad mengalami pergeseran dan menyebabkan patahan yang disebut patahan Semangka.

Ngarai Sianok memiliki pemandangan alami yang spektakuler dan telah menjadi salah satu pesona potensial di provinsi Sumatera. Ngarai ini juga memiiliki dua dinding terjal yang hampir vertikal dan berhadapan satu sama lain.

Di bawah Ngarai ini kamu dapat melihat sungai yang berliku-liku di antara persawahan hijau para penduduk. Tebing Sianok memisahkan kota Bukittingi dan Kota Gadang yang berada diseberangnya dengan tinggi 100 – 120m dan panjang ngarai sejauh 15 km.

Daya tarik utama Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Sumatera Barat

Ngarai Sianok dapat dinikmati keindahannya dari Taman Panorama yang berada di Bukittinggi, dan jangan lupa untuk menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 10,000 / orang untuk memasuki taman ini.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang dapat kamu saksikan di Ngarai ini juga menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan, karena pemandangan ini adalah salah satu dari yang terbaik yang ada di Sumatera Barat.

Taman Panorama Ngarai Sianok

Taman Panorama sendiri menyediakan fasilitas Gazebo untuk para wisatawan agar dapat menikmati berbagai kuliner yang disediakan sambil melihat keindahan pemandangan dari Ngarai Sianok, kamu juga bisa melihat kawanan monyet lucu yang bermain di taman.

Spot Foto di Taman Panorama

Di taman ini kamu akan menemukan banyak fotografer dan pelukis yang ingin mengabadikan keindahan Ngarai, lalu jangan lupa mengunjungi teater mini yang ada di taman ini untuk melihat seni pertunjukan lokal Sumatera Barat.

Taman Panorama juga memiliki menara setinggi 20 meter yang menjadi area sudut pandang untuk melihat keajaiban Ngarai inilebih jelas lagi. Menara ini berada di dekat toko suvenir.

Tempat Wisata di Ngarai Sianok

Ada alternatif lain untuk menikmati keindahan Ngarai Sianok, yaitu dengan menempuh perjalanan sejauh 2 km menggunakan kendaraan menuju pemukiman dan persawahan di kaki ngarai ini.

Gua Jepang

Lubang Jepang Bukittingi

Di dasar Ngarai kamu dapat menikmati keindahannya yang menajubkan dengan lebih dekat, selain itu kamu juga bisa berkunjung ke lubang Jepang yang dulu dibangun pada masa Perang Dunia II.

Gua ini merupakan saksi bisu dan sisa dari penjajajah Jepang di Indonesia. Lubang ini merupakan bunker pertahanan tentara Jepang di Bukit Tinggi sekitar tahun 1942-1945.

Ada dua pintu akses untuk memasuki Gua Jepang ini, salah satu adalah di samping istana Bung Hatta di arah jalan Ngarai Sianok yang kini sudah ditutup. Dan akses kedua yang masih terbuka sampai detik ini adalh melalui pintu masuk Taman Panorama.

Janjang Saribu

Jajang Saribu di Ngarai Sianok

Selain itu, ada Janjang Seribu atau Janjang Koto Gadang yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati wisata yang ada di Ngarai Sianok. Janjang seribu adalah jalan tangga yang dapat kamu lewati untuk mendaki ke Kota Gadang.

Jajang Koto Gadang di Ngarai Sianok

Jalan tangga ini memiliki lebar 2 meter dan membentang layaknya tembok china dengan panjang hingga 780 meter. Di tengah perjalanan nanti, kamu juga bisa menemukan sebuah jembatan gantung yang dikenal dengan nama Jembatan Merah.

Alamat dan Rute Menuju Ngarai Sianok

Ngarai Sianok berada di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan Koto IV, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk menuju lokasinya, kamu bisa memulai rute ini dari Bandara Internasional Minangkabau.

Dari bandara kamu bisa menaiki minibus atau mobil sewaan ke Bukit Tinggi dengan rute (Padang – Bukit Tinggi) yang akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sesampainya di Bukit Tinggi, kamu dengan mudah menaiki angkutan umum langsung menuju Ngarai Sianok.

Tapi sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi atau agen travel agar liburan di Ngarai Sianok terasa lebih leluasa dan nyaman.

Jam Buka Ngarai Sianok

Untuk Ngarai Sianok sendiri tidak memiliki jam operasional karena adanya perdesaan penduduk di dasarnya. Tetapi untuk kamu yang ingin mengunjungi Taman Panorama, kamu bisa datang di pukul 09.30 – 17.30.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post