Mendaki Bukit Pergasingan Yang Spektakuler di Lombok

Mendaki Bukit Pergasingan Yang Spektakuler di Lombok post thumbnail image

Bukit Pergasingan adalah tempat wisata paling populer di Lombok dengan pemandangan epik untuk kamu yang menyukai pendakian dan berkemah. Bukit ini terletak di desa kecil Sembalun, dan sudah menjadi salah satu destinasi utama para wistawan.

Jalur pendakiannya memang sedikit curam, namun kamu tetap bisa melakukan pendakian mandiri tanpa pemandu jika memang kamu percaya diri dengan kemampuanmu. Dan untuk kamu yang masih pemula dalam pendakian, ada banyak jasa yang menawarkan pemandu untuk mencapai puncak Bukit Pergasingan.

Letaknya yang berdekatan dengan gunung Rinjani, Bukit ini  sering disebut sebagai wisata untuk pemanasan sebelum mendaki gunung Rinjani, atau sebagai alternatif wisata lombok jika gunung Rinjani sedang ditutup.

Wisata Alam Bukit Pergasingan

Oleh karena itu, untuk kamu yang memutuskan untuk berwisata di Bukit ini, kamu bisa mendapatkan pemandangan spektakuler tambahan, yaitu kemegahan gunung Rinjani, yang juga sering dijadikan sebagai latar belakang foto-foto keren di bukit ini.

Bukit dengan ketinggian 1700 mdpl ini dapat kamu tempuh dengan mudah dari Kota Mataram, yang akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 2-3 jam. Ketika kamu melihat tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”, maka petualanganmu yang tak terlupakan akan segera di mulai.

Pendakian Bukit Pergasingan

Jalur pendakian di Bukit Pergasingan terbilang tcukup mudah, karena kamu akan dibantu oleh keberadaan ratusan anak tangga yang siap membimbingmu mencapai setengah perjalanan ke puncak.

Setelah selesai menaiki anak-anak tangga tersebut, kamu akan dihadapkan dengan jalur tanah berbatu, meskipun cukup curam karena tingkat kemiringannya mencapai 60-70 derajat, tetapi dengan perlalatan yang memadai, jalur ini tidak terlalu sulit untuk dilalui.

Bukit Pergasingan Lombok

Kamu tidak perlu buru-buru ketika melakukan pendakian, cukup berjalan santai dan menikmati semua pemandangan menakjubkan yang ditawarkan oleh Bukit Pergasingan, mulai dari persawahan hijau yang luas dengan pola permadani yang indah, kemegahan Gunung Rinjani, hingga pedesaan Sembalun yang terlihat menenangkan.

Pendakianmu hingga ke puncak dijamin tidak akan terasa jika kamu menikmati semua keindahan tersebut sepanjang perjalanan. Selain itu, kamu juga hanya perlu menempuh pendakian sejauh 600 meter saja, karena meskipun Bukit Pergasingan berada di ketinggian 1700 mdpl, tetapi desa Sembalun sendiri sudah berada di ketinggian 1100 mdpl.

Keindahan Bukit Pergasingan Lombok

Banyak orang yang mengatakan cukup kesulitan untuk menemukan puncaknya. Namun, jika kamu mengikuti jalur yang sudah disediakan dan menemukan area perkamahan, itu berarti kamu sudah mencapai puncaknya.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menemukan beberapa ekor sapi yang hidup dengan sehat di bukit ini. Namun tidak diketahui siapa pemiliki sapi tersebut dan bagaimana mereka bisa sampai ke area pendakian.

Wisata Bukit Pergasingan Lombok

Dan sama seperti tujuan pendakian lainnya, setelah kamu sampai di puncak, semua rasa lelah dan pegalmu pasti akan terbayarkan. Pemandangan alam yang spektakuler dapat kamu nikmat sepuasnya, ditambah dengan udara sejuk yang menyegarkan.

Jika kamu memiliki waktu lebih, kamu bisa mencoba untuk berkemah di puncak Bukit Pergasingan untuk menikmat keindahan malam penuh bintang dan menyambut matahari terbit yang indah dan menghangatkan keesokan harinya.

 

Tips Mendaki Bukit Pergasingan

Jalur pendakian Bukit Pergasingan memang tidak terlalu panjang dan sulit, namun peralatan pendakian yang memadai tetap wajib kamu perhatikan. Karena puncaknya yang cenderung dingin, kamu sebaiknya menggunakan jaket tebal. Selain itu, karena setengah pendakian harus melewati jalanan tanah bebatuan, pastikan kamu mengenakan sepatu hiking yang kuat.

Bukit Pergasingan

Berkemah di puncak Bukit Pergasingan juga menjadi salah satu tujuan para pendaki, jika kamu memiliki niat yang sama, maka sebaiknya kamu membawa perlengkapan berkemah sendiri. Kamu juga tidak perlu takut kesulitan membawanya, karena ada banyak jasa poter yang siap membantumu.

Bawa kantung plastik kosong yang dapat kamu jadikan sebagai tempat sampah saat ingin menuruni bukit. Bawa sampahmu sendiri, dan pungut sampah lain jika kamu menemukannya sepanjang perjalanan turun. Semoga keindahan Gunung Pergasingan dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

 

Tiket Masuk Bukit Pergasingan

Untuk memulai pendakian, kamu harus membayar tiket masuk kepada pengelola Bukit Pergasingan, dan biaya ini nantinya akan digunakan untuk merawat dan menjaga kelestarian Bukit Pergasingan.

Tiket Masuk: Rp 15,000/Orang

Tiket Parkir: Rp 10,000/Motor | Rp 25,000/Mobil

 

Lokasi dan Rute ke Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan dapat kamu tuju melalui beberapa rute. Salah satu yang paling umum adalah melalui rute Desar Senaru dan Kecamatan Sembalun. Rute ini menjadi yang paling populer karena sudah difasilitasi dengan jalan beraspal, sehingga akan lebih memudahkanmu untuk mencapai lokasi.

Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post