6 Tempat Wisata Gua di Indonesia yang Sangat Menantang, Kamu Siap?

6 Tempat Wisata Gua di Indonesia yang Sangat Menantang, Kamu Siap? post thumbnail image

Indonesia adalah negara yang sangat identik dengan pulau-pulau. Namun tentunya tidak hanya pantai indah saja yang dimiliki oleh Indonesia.

Ada lagi keindahan alam yang kamu lewatkan, salah satunya adalah wisata Gua Indonesia. Apa saja tempat wisata Gua di Indonesia yang kamu ketahui?

Mungkin kamu tidak akrab dengan destinasi wisata Indonesia yang satu ini, karena juga tidak banyak orang yang hobi mengunjunginya. Sebab beberapa orang menilai destinasi ini terlalu ekstrim dan menakutkan untuk dikunjungi, benarkan begitu?

6 Tempat Wisata Gua di Indonesia

Tentu saja kamu akan menyesal jika tidak pernah mengunjungi deretan tempat wisata Gua di Indonesia.

Sehingga untuk kamu yang memang ingin mencoba sesuatu yang langka dan masih baru, simaklah ulasan berikut ini.

1. Gua Pindul

Gua Pindul merupakan Gua yang terkenal di Indonesia dan tentu saja banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan.

Gua ini berlokasikan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini termasuk destinasi wisata Yogyang mudah untuk kamu kunjungi.

Gua Pindul

Pengunjung nantinya akan diberikan ban pelampung untuk mengarungi arus sungai di bawah tanah yang terdapat di dalam Gua. Kegiatan ini disebut sebagai Cave Tubing.

Adapun panjang tempat wisata Gua ini adalah 350 m dan bisa memakan waktu hingga 1 jam lamanya. Hal menantang yang wajib dicoba adalah jalur yang sangat sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu pelampung saja.

Sehingga nantinya kamu harus masuk satu per satu terlebih dahulu dan harus memiliki penerangan yang cukup. Kamu akan merasakan pengalaman liburan seperti sedang berpetualang.

 

2. Gua Jomblang

Gua Jomblang juga berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Apabila sebelumnya Gua Pindul terkenal dengan aliran sungai bawah tanahnya, maka Gua Jomblang ini terkenal akan cahayanya.

Gua Jomblang

Gua ini terbentuk karena turunnya tanah. Sehingga kamu tidak perlu heran jika track yang dilalui nantinya akan menurun ke bawah.

Untuk titik area cahaya di Gua ini disebut sebagai cahaya surga (tiang matahari). Cahaya ini terpancar dari cahaya matahari yang langsung masuk dari Luweng Grubug dengan ketinggian 90 m.

 

3. Gua Gong

Gua selanjutnya adalah Gua Gong yang berlokasikan di Pacitan, Jawa Timur. Destinasi ini punya asal usul nama yang sangat unik sekali karena saat stalaktitnya dipukul maka akan terdengar suara seperti gong.

Gua Gong

Kemudian panoramanya yang sangat indah serta dilengkapi dengan cahaya berwarna-warni membuatnya tampak cantik.

Jika kamu penasaran untuk melihat keindahan lain dari Gua ini, jangan lupa rencanakan libur akhir pekan kamu dan keluarga kesini.

 

4. Gua Petruk

Destinasi wisata Gua memang tak kalah menarik dari destinasi lainnya. Sama halnya dengan Gua Petruk yang terletak di daerah Kebumen. Ia mempunyai tiga tingkat yang cenderung lembab dan basah.

Kemudian bentuk dari stalaktit dan stalagmit dari Gua Petruk juga unik, ada yang berbentuk buaya, mayat, dan lumbung.

Gua Petruk

Jika kamu berkunjung kesini perhatikanlah baik-baik, apa saja bentuk dan rupa yang bisa kamu temukan. Lalu di dasarnya kamu bisa melihat berbagai jejak kehidupan kelelawar yang hidup disana.

Saat naik ke tingkat dua, maka akan menemukan batu terjal yang memiliki kemiringan 45 derajat dan juga terdapat air terjun kecil.

Kamu tidak perlu khawatir akan jalanan yang rusak saat pergi ke Gua satu ini karena kini sudah bisa dilalui mobil dan juga kendaraan lainnya.

 

5. Gua Maharani

Destinasi Gua terbaik selanjutnya adalah Gua Maharani yang berlokasikan di Lamongan, Jawa Timur.

Gua Maharani sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1992 dan telah diresmikan menjadi tempat wisata sejak tahun 1994.

Gua Maharani

Gua ini punya kedalaman 25 m dan tidak jauh dari Gua kamu sudah bisa menyaksikan indahnya kebun binatang maharani. Gua ini juga tidak gelap dan terlihat tidak menyeramkan karena sudah lama berdiri.

Sehingga saat kamu masuk ke dalam Gua, nantinya akan tampak beragam lampu yang mempunyai warna-warni dan diiringi musik yang menggema.

Musik ini terdengar sangat indah sekali menghiasi Gua tersebut.

 

6. Gua Barat

Gua Barat berada di Kebumen, Jawa Tengah. Sampai saat ini, sudah 6,1 km area yang sudah dijajah dan ditetapkan sebagai area paling dalam dari Gua Barat.

Gua Barat

Jika kamu berkunjung ke dalam Gua Barat ini, nanti akan ada pemandu yang menemani dan menunjukkan jalan. Kamu pun juga bisa mendengarkan sejarah dari Gua Barat ini.

Meskipun destinasi satu ini belum sepenuhnya terjelajahi, namun kamu tidak perlu khawatir lagi akan keamanannya. Sebab nanti kamu akan diberikan perlengkapan keamanan ketika mulai masuk ke Gua.

Itulah beragam tempat wisata Gua di Indonesia untuk kamu yang suka tantangan. Bagaimana menurut pendapatmu? Apakah salah satu dari destinasi Gua tersebut ingin masuk sebagai salah satu daftar liburan akhir pekan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post